kpi | HRD Forum
Home | Article | Membuat KPI untuk hal-hal yang masuk dalam area attitude

Membuat KPI untuk hal-hal yang masuk dalam area attitude

Bagaimana membuat KPI – Key Performance Indicators masih menjadi bagian penting dari kompetensi standar seorang praktisi HRD. Dalam menggerakkan karyawan agar mampu secara terukur mencapai Targetnya, KPI sangat disarankan bahkan sebagian perusahaan mewajibkannya.

Dalam era saat ini, kemampuan membuat KPI menjadi sangat penting dan dituntut MAMPU oleh hampir semua perusahaan di Indonesia, HRD Perusahaan manakala tidak mampu membuat KPI dapat menjadi titik lemahnya dalam berkarir dan dapat menjadi batu sandungan bagi proses people management, competency management dan GOAL Management di perusahaannya.

Dalam Diskusi di Mailing-list [email protected] yang dikelola oleh HRD Forum, ada pertanyaan dari rekan Budi tentang bagaimana membuat KPI dalam area attitude, sebagaimana kami tuliskan secara lengkap berikut tanggapan dari pak Pungki dan pak Jaswin.

Pertanyaan :
——————————————-
Pagi Rekan sejawat,

Mohon dibantu bagaimana membuat KPI untuk hal-hal yang masuk dalam area attitude, seperti :
1. Inisiatif
2. Kreatifitas
3. Kejujuran
4. Loyalitas
5. Penampilan & Kebersihan tubuh
6. D L L

Mohon bantuannya,

salam,
Budi
——————————————-

Jawaban 1 : 
——————————————-

 


Pak Budi,

Dalam performance appraisal biasanya ada dua aspek yang dinilai yaitu :

1. KPI yang Mengambarkan aspek hasil kerja (results) karyawan. Pengukuran hasil kerja dilakukan melalui penyusunan key performance indicators karyawan.
2. Aspek kompetensi yang Mengambarkan aspek kompetensi (kecakapan) dan perilaku yang perlu dimiliki oleh karyawan agar mampu menghasilkan kinerja (results) yang optimal.

Saran saya untuk beberapa area attitude yang bapak maksud sebaiknya dimasukan dalam aspek kompetensi perilaku dan diberi skala penilaian seperti 1-5 , setiap tingkatan dalam skala penilaian akan lebih baik jika dilengkapi dengan indikator perilaku.

Demikian dari saya, lebih lengkap nunggu penjelasan para expert

Thanks,

Jaswin
——————————————-

Jawaban 2 :
——————————————-
Sekedar menambahkan dari rekan Jaswin.

Apabila ingin mendapatkan KPI atau Key Performance Indikator dari area attitude atau behavior maka tentukan terlebih dahulu output yang diinginkan sebagai Key Result Area (KRA) nya.

Sebagai contoh apabila INISIATIF sebagai output maka untuk menghasilkan inisiatif tsb apa yang menjadi proses kerja nya dan apa yang menjadi input kerja nya. Setelah mendapatkan proses kerjanya, maka carilah proses kerja yang dapat menjadi indikator keberhasilan menghasilan inisiatif tsb. Dari situ barulah disebut sebagai KPI.

Sebagai tambahan lagi, bahwa KPI tsb berupa hanya satuan saja bukan numerik dan bukan juga target pencapaian melainkan proses pencapaian.

Salam sukses,
Pungki

Jawaban 3 :
——————————————-
Dear rekan Budi,

Berhubung lagi demam sepakbola Eropa, mungkin saya kasih contoh tim sepakbola yang analogi dengan organisasi perusahaan, dimana di tim sepakbola ada banyak posisi yang setara dengan jabatan yang ada dalam organisasi perusahaan.

Misalnya kita punya posisi penyerang tengah seperti yang diduduki oleh Fernando Torres di tim Spanyol, maka kita tentukan output yang diharapkan, yaitu menciptakan gol ke gawang lawan. Secara otomatis output tsb bisa dikonversikan menjadi Key Result Area (KRA) yang harus dicapai oleh posisi atau jabatan penyerang tengah.

Sekarang untuk mencapai output tsb dibutuhkan proses nya yang bisa saja berupa perilaku yang harus ditunjukan dalam tim. Hal ini bisa disebut secara sederhana adalah Indikator Keberhasilan untuk mencapai output yaitu Key Performance Indicator (KPI). Nah KPI untuk output menciptakan gol ke gawang lawan adalah jumlah tendangan ke gawang lawan. Karena dengan tendangan ke gawang lawan kemungkinan tercipta gol bisa terjadi.

Demikian sedikit penjelasan contoh dan ilustrasinya. Mudah-mudahan cukup jelas.

Salam sukses,
Pungki

sumber : Milist HRD Forum ; [email protected]

—–

Bagi rekan-rekan HRD di seluruh Indonesia yang ingin mempelajari bagaimana membuat KPI dengan baik dan benar, silakan bergabung dalam training KPI yang kami selenggarakan, informasi lengkap silakan hubungi kami via email[email protected] atau KLIK INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*