Cara Membuat Job Analysis & Job Description yang Powerful | HRD Forum
Home | Inspirasi | Membuat Job Analysis & Job Description yang Powerful

Membuat Job Analysis & Job Description yang Powerful

Training Bagaimana membuat job analysis dan job description berjalan serius, peserta yang hadir berasal dari perusahaan tambang batubara, perusahaan migas dan perusahaan kontraktor. Rata-rata tujuan kehadiran peserta training adalah untuk mengetahui bagaimana cara membuat job analysis dan membuat job description yang baik, benar, efektif dan powerful.

Training Bagaimana membuat job analysis dan job description berlangsung dua hari, kemarin dan hari ini. Hari pertama mengupas tuntas apa itu kompetensi, desain kompetensi, profile kompetensi dan kamus kompetensi. Selanjutnya mengupas tuntas tentang Key Performance Indicators (KPI), apa itu KPI, apa saja jenis KPI, Bagaimana membuat KPI, dan dijelaskan secara sederhana dan mudah dipahami, apa saja langkah demi langkah bagaimana kita membuat KPI. berikutnya baru masuk ke pokok bahasan inti yaitu menjabarkan dengan sederhana dan mudah, apa itu job analysis, manfaat job analysis, tahapan membuat job analisis, apa data yang dibutuhkan dalam membuat job analysis, metoda pembuatan job analysis, siapa saja yang terlibat dalam pembuatan job analysis dan terakhir bagaimana membuat PAQ – Position analysis questionnaire. PAQ adalah tool sangat penting dalam pembuatan dan pelaksanaan job analysis.

Di hari pertama, dijabarkan apa outcome yang didapatkan dari proses job analysis. Mungkin anda kaget, ternyata jika kita melakukan job analysis dengan baik, benar dan efektif, maka anda tidak hanya mendapatkan Job Description dan Job Specification, tetapi anda juga akan mendapatkan apa yang disebut design competency dan Key performance Indicators (KPI), tidak percaya? silakan ikut trainingnya diagenda berikutnya. Lihat disini jadwalnya.

Nah di hari ini, hari kedua akan dijelaskan apa itu job description, dan bagaimana cara membuatnya. Dari training job analysis hari pertama sudah diajarkan secara terang benderang apa dan bagaimana job analysis dilakukan, dan apa yang dihasilkan dari proses job analysis, dihari kedua ini diajarkan bagaimana membuat job description berdasarkan hasil PAQ yang sudah didapatkan.

PAQ – Position analysis questionnaire dibuat dan disiapkan oleh HRD atau team pembuat job analysis, lalu PAQ – Position analysis questionnaire disebarkan atau diberikan kepada job holder untuk diisi, setelah itu job analyst akan menganalisis dan mengorganize menjadi sebuah dokumen standart yang bernama job description.

Dalam proses pembuatan job description, banyak hal-hal penting yang harus diketahui oleh seorang HRD atau job analyst, diantaranya ; business process, tujuan dari jabatan tersebut, posisi dalam value chain porter, bagaimana bahasa baku job description, apa saja point-point penting yang harus ada dalam sebuah dokumen job description dan lain-lain.

Banyak HRD di Indonesia yang belum memahami bagaimana membuat job description yang benar, tepat dan efektif. Banyak HRD di Indonesia yang masih membuat job description layaknya sebuah shopping list, daftar belanjaan, job list, daftar pekerjaan, ya hanya itu. Padahal sebuah dokumen job description haruslah sebuah dokumen lengkap yang berisi semua informasi penting tentang sebuah job position. Dimana dalam job description harus berisi tentang informasi umum job position tersebut, tujuannya, tanggung jawabnya, tugas-tugasnya, posisi dalam struktur organisasi, apa kompetensi yang harus dimiliki, apa key performance indicators (KPI) nya, dimensi, wewenang dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya silakan ikuti training job analysis dan job description yanag secara rutin diadakan oleh HRD Forum. Cek jadwal trainingnya disini.

Rekan HRD Indonesia, Dunia semakin berkembang, berubah dengan cepat, pastikan perusahaan rekan-rekan terus mengupdate semua informasi HRD secara cepat pula. Tertarik mempelajari HRD secara lengkap? silakan simak training-training yang selalu dihadirkan oleh HRD Forum. terima kasih. Silakan baca disini agenda training HRD Forum secara lengkap.

Terima kasih telah memilih HRD Forum

  • Twitter : www.Twitter.com/hrdforum
  • Facebook : www.Facebook..com/hrdforum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*