Home | Article | Manfaat Training Service Excellent bagi Karyawan

Manfaat Training Service Excellent bagi Karyawan

HRD Forum sering diminta untuk memberikan pelatihan Service Excellence di beberapa perusahaan. Dua minggu yang lalu HRD Forum mendapat kepercayaan kembali untuk memberikan inhouse training dengan topik “Service Excellent” di sebuah perusahaan di Jakarta. Sebuah topik yang penting dan menarik ! ‘Service Excellent’ atau sebagian kita mengenalnya dengan istilah Pelayanan Prima atau Layanan Prima.

Dimulai dengan sebuah pertanyaan sederhana, apakah Anda pernah dilayani? kapan dan dimana? pertanyaan sederhana ini mencoba mengajak seluruh peserta langsung masuk dalam inti topik training Service Excellent atau Layanan Prima. Walaupun pertanyaan ini terdengar dan terlihat sangat sederhana, tetap saja sebagian peserta tampak berfikir keras untuk menjawabnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah anda pernah dilayani? kapan dan dimana anda dilayani? coba diingat-ingat? Saya anggap anda sudah dapat mengingat beberapa kejadian saat anda dilayani, anda ingat kapan dan dimana anda dilayani. OK pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kesan anda setelah anda dilayani? apakah anda puas dengan pelayanan itu? biasa saja? atau tidak puas?

Sebuah contoh sederhana, saat anda sudah duduk disebuah rumah makan, lalu memesan makanan, ternyata pesanan datang dengan cepat dan sesuai dengan pesanan anda, bagaimana perasaan anda? puas? atau biasa saja? bandingkan dengan yang ini, makanan pesanan anda datang dengan cepat, tetapi ternyata salah, makanan yang datang ke meja anda tidak sesuai dengan apa yang anda pesan, bagaimana dengan perasaan anda? bandingkan juga dengan yang ini, anda harus menunggu 30 menit, sebelum pesanan anda datang kemeja anda.

Contoh diatas ingin mengambarkan, salah satu point penting dalam Service Excellent adalah kecepatan dan Ketepatan. Agar karyawan diperusahaan dapat memberikan Service Excellent ke pelanggan, maka seluruh karyawan harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam bekerja. Selain kecepatan dan ketepatan, masih ada beberapa point penting dalam service excellent, diantaranya kuantitas, Kualitas, Biaya, kenyamanan, keamanan, proses dan Kepuasan.

Apa yang dimaksud Service Excellent?

Mungkin sebagian dari anda bertanya seperti itu, Service Excellent dapat difahami sebagai melayani lebih dari yang diharapkan, dengan memberi perhatian kepada Waktu, Ketepatan, keamanan, kenyamanan, kuantitas, Kualitas, Biaya, Proses & Kepuasan. .

Ketika anda berharap mendapatkan uang sebesar Rp 100.000,- tetapi ternyata anda mendapatkan Rp 200.000,- bagaimana perasaan anda? puas !!

Manfaat Training Service Excellent bagi karyawan

Kompetisi dalam dunia bisnis sangat ketat, tingkat persaingan bisnis dari hari kehari bukannya makin melemah, tetapi justru semakin menguat. Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaiklah yang akan memenangkan kompetisi itu, oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Ingat ! kompetitor anda tidak tidur ! kompetitor bisnis anda dari hari ke hari terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanannya. Bagaimana dengan anda? ya benar sekali, anda harus terus meningkatkan kualitas pelayanan sampai pada level “Service Excellent”. Untuk menerapkan service excellent, mau tidak mau anda harus memberikan bekal yang cukup pada semua karyawan anda, dari level terbawah sampai level teratas tentang apa dan bagaimana service excellent itu. Oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan pelatihan atau training service excellent pada seluruh karyawan anda.

Manfaat training service excellent bagi karyawan sangat banyak sekali diantaranya, karyawan akan mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan puas dan menjadikan pelanggan sebagai pelanggan loyal yang akan terus dan terus ingat kepada perusahaan kita.

Dalam melakukan service excellent faktor kompetensi, pengetahuan tentang pelanggan dan harapan pelanggan sangat memegang peranan penting serta yang tidak kalah pentingnya adalah, anda dan team harus sudah memiliki standar mutu kerja yang tinggi.

[Bahari Antono]

Rekan dan sahabat HRD Jakarta, HRD Bandung, HRD Surabaya, HRD Cikarang, HRD Karawang, HRD Bekasi, HRD Bali, HRD Balikpapan, HRD Medan, HRD Pekanbaru, HRD Palembang dan HRD Indonesia yang ada rencana untuk mengadakan inhouse training Service Excellent silakan hubungi Hotline 08788-1000-100 atau email : Event@HRD-Forum.com untuk penentuan tanggal pelaksanaan inhouse training Service Excellence nya.

  • HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; Event@HRD-Forum.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>