Manfaat Sosial Media Dalam Keseharian | HRD Forum
Home | Article | Manfaat Sosial Media Dalam Keseharian

Manfaat Sosial Media Dalam Keseharian

sosial-media-hrd-forumMeta desc: Manfaat sosial media sangat bisa dirasakan oleh berbagai kalangan. Terlebih dengan sangat banyaknya pilihan sarana untuk mengakses dan murahnya biaya internet

Memahami Manfaat Sosial Media Dalam Keseharian

Manfaat sosial media sangat bisa dirasakan oleh berbagai kalangan. Terlebih dengan sangat banyaknya pilihan sarana untuk mengakses dan murahnya biaya internet membuat setiap orang bisa terhubung melalui sosial media. Dengan begitu, menjalin hubungan antara satu orang dengan orang lain tentu akan sangat mudah.

Belakangan ini sosial media bukan hanya digunakan untuk sarana mencari teman lama atau berhubung dengan saudara jauh saja. Namun sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aspek dalam menjalani kehidupan setiap hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sosial media yang bisa kita rasakan.

Manfaat sosial media dalam komunikasi

Hal utama yang paling bisa dirasakan dari kehadiran sosial media adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Hubungan antar saudara atau bahkan teman masa lalu bisa terjalin dengan mudah karena adanya sosial media.

Manfaat ini bukan hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga. Contohnya ketika anak pulang sekolah lebih awal dan ternyata orangtua belum tahu informasi tersebut, anak-anak bisa dengan cepat dan mudah memberikan kabar pada orangtua mereka agar segera bisa dijemput di sekolah.

Manfaat sosial media dalam perdagangan

Jika dahulu televisi dan koran dijadikan sebagai media unggulan untuk melakukan promosi, sekarang era tersebut tampaknya sudah bergeser. Kehadiran sosial media dan pertumbuhannya yang begitu pesat sangat membantu banyak orang di dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Bagi para pedagang yang mengandalkan media online tentunya keberadaan dari sosial media sangat menolong. Tidak jarang ketika kita sedang asik mengakses instagram atau twitter muncul sebuah postingan yang isinya mengenai produk yang dijual oleh seseorang. Selain gratis, melakukan promosi melalui sosial media juga bisa menyasar banyak segmen sekaligus dengan begitu mudahnya.

Manfaat sosial media dalam pembelajaran

Mungkin satu dekade yang lalu setiap ingin belajar suatu hal kita diharuskan untuk menghadiri sebuah kelas kursus. Tapi dengan pesatnya pertumbuhan sosial media saat ini kita dimudahkan untuk terhubung dengan banyak komunitas sekaligus tanpa perlu melangkah keluar rumah.

Manfaat lainnya dalam dunia pembelajaran tentunya sebagai sarana untuk berbagi materi antar siswa dengan sangat mudah. Bila berbagi materi dahulu harus meminjam buku catatan dari seorang teman, sekarang berkat sosial media yang mendukung banyaknya pilihan transfer tipe data bisa memudahkan hal tersebut.

Manfaat sosial media dalam penyebaran informasi

Televisi, radio, dan koran adalah tiga media yang bisa digunakan untuk penyebaran informasi. Tapi itu dulu sebelum era internet berkembang. Saat ini sosial media dirasa memegang andil lebih besar daripada ketiga media sebelumnya.

Apabila di televisi, radio dan koran kita hanya  bisa mendapatkan informasi yang diberikan oleh penyedianya, berbeda halnya dengan informasi di sosial media. Kita bisa mencari segala berita informasi di sosial media sesuai tema apa yang kita inginkan.

Manfaat sosial media dalam bidang pariwisata

Pernahkan anda merasa kecewa ketika liburan karena tempat tersebut tidak sesuai dengan harapan anda? Biasanya hal seperti itu terjadi karena kurangnya pengetahuan kita mengenai tempat wisata tersebut.

Kehadiran sosial media dirasa bisa menjadi salah satu solusi dalam bidang pariwisata. Bukan hanya info mengenai jam operasional, atau info terkait tiket saja yang bisa dapatkan. Tetapi hal-hal seperti foto atau bahkan video lokasi wisata tersebut bisa kita lihat melalui sosial media. Selain itu informasi lain seperti event apa yang sedang berlangsung disuatu tempat juga bisa dengan mudah dibagikan melalui sarana sosial media.

Note:
Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

Service HRD Forum : Training HRD, Training HR, Training Soft Skill, Training Technical Skill, Pelatihan HRD, Pelatihan HR, Head Hunter & Coaching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*