Manfaat Sosial Media Bagi Pertumbuhan Bisnis | HRD Forum
Home | Article | Manfaat Sosial Media Bagi Pertumbuhan Bisnis

Manfaat Sosial Media Bagi Pertumbuhan Bisnis

sosial-media-hrd-forumMeta desc: Tidak hanya sebagai jembatan komunikasi saja, namun manfaat sosial media juga dapat dirasakan sebagai alat bantu promosi dalam bisnis

Manfaat Sosial Media Bagi Pertumbuhan Bisnis

Perkembangan sosial media yang begitu pesat saat ini dirasa memberikan dampak yang sangat signifikan dalam jalannya banyak hal, salah satunya dalam pertumbuhan bisnis. Tidak hanya sebagai jembatan komunikasi saja, namun manfaat sosial media juga dapat dirasakan sebagai alat bantu promosi dalam bisnis. Kehadirannya membuat banyak orang menjadi lebih mudah terhubung ke jaringan bisnis yang kita jalankan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang lainnya dari sosial media untuk pertumbuhan sebuah bisnis.

Sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness

Berdasarkan sebuah riset yang pernah dilakukan, hampir 80% konsumen akan cenderung melakukan pembelian berulang apabila melihat sebuah merek di sosial media. Apabila anda sedang menjalankan sebuah bisnis, anda harus mencoba langsung manfaat sosial media sebagai alat bantu penyebaran informasi terkait bisnis anda.

Sosial media sebagai sarana untuk mendekatkan konsumen

Dalam menjalankan sebuah bisnis, salah satu faktor yang membuat produk bisnis tersebut laku adalah kedekatan dengan konsumen. Apabila dahulu sarana mendekati konsumen hanya bisa dilakukan lewat door-to-door, sekarang sudah berganti. Melalui sosial media, kita bisa memanfaatkannya untuk mengetahui lebih jauh karakteristik para konsumen produk kita dengan mudah.

Dengan mengetahui karakteristik seperti jenis kelamin, usia, gaya bahasa yang digunakan tentunya akan memudahkan pemilik bisnis untuk merancang strategi branding dan pemasaran.

Sosial media sebagai sarana untuk memperluas target pasar

Jika anda cukup jeli dalam memperhatikan fitur dari setiap sosial media dan mau memanfaatkannya, tentu memperluas target pasar akan menjadi lebih mudah.

Beberapa sosial media memberikan fitur find people nearby yang memungkinkan kita untuk mencari orang-orang disekitar kita. Memanfaatkan fitur seperti itu tentunya kita akan lebih mudah dalam melakukan sarana promosi langsung pada calon konsumen.

Fitur lain seperti twitter ads juga layak untuk dicoba. Fitur ini dapat memunculkan iklan kepada para pemakai sosial media tersebut sesuai dengan karakteristiknya.

Sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan trafik blog atau website

Manfaat sosial media yang juga bisa dirasakan adalah sebagai sarana untuk meningkatkan pengunjung dari sebuah blog atau website. Anda bisa menyebarkan berbagai tautan mengenai blog atau website bisnis anda di setiap sosial media. Bukan hanya itu saja, apabila konten dari blog atau website anda sangat menarik, tidak menutup kemungkinan para pengunjung akan membagikan tautan di sosial media mereka sendiri.

Sosial media sebagai sarana untuk mencari informasi terkait kompetitor bisnis

Sudah merupakan hal yang pasti jika dalam menjalankan bisnis kita akan menghadapi persaingan dengan banyak kompetitor. Tentunya untuk bisa lebih unggul dari mereka diperlukan kreativitas. Salah satu manfaat sosial media yang bisa anda gunakan adalah untuk melakukan observasi pesaing bisnis lainnya.

Mungkin dulu untuk mengetahui keunggulan dari pesaing bisnis kita harus melakukan studi banding langsung ke lokasi. Namun untuk saat ini dengan memanfaatkan sosial media kita bisa melakukan observasi melalui dunia maya. Dengan mengetahui keunggulan produk pesaing, tentunya kita akan lebih mudah untuk merumuskan akan membuat strategi apa agar bisa mengungguli mereka.

Note:
Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

Service HRD Forum : Training HRD, Training HR, Training Soft Skill, Training Technical Skill, Pelatihan HRD, Pelatihan HR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*