Manfaat Penilaian Kinerja Performance Appraisal | HRD Forum
Home | Inspirasi | Manfaat Penilaian Kinerja atau Performance Appraisal

Manfaat Penilaian Kinerja atau Performance Appraisal

Kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang performance appraisal atau penilaian kinerja, berikut akan diuraikan apa manfaat dari penilaian kinerja atau performance appraisal.

Ketika banyak atau bahkan hampir semua perusahaan melakukan penilaian kinerja atau performance appraisal, maka manfaat yang dapat diambil dari kegiatan penilaian kinerja atau performance appraisal itu diantaranya :

1. Performnace Improvement – Meningkatkan prestasi kerja

Dengan adanya kegiatan penilaian kinerja atau performance appraisal, Para direktur, general manager, manager lini, manager hrd, supervisor lini, supervisor hrd, semua pimpinan juga termasuk karyawan, mendapatkan umpan balik atas hasil kinerja dalam suatu periode penilaian kinerja dan mereka dapat memperbaiki, meningkatkan kinerja dan prestasinya diperiode yang akan datang.

2. Compensation Adjusment – Penyesuaian kompensasi

Penilaian kinerja atau performance appraisal dapat juga dijadikan acuan untuk melakukan compensation adjustment melalui program lanjutan setelah penilaian kinerja atau performance appraisal selesai dilakukan. Program compensation adjustment adalah bagian dari program yang ada dalam compensation & benefit. Dalam tahap ini, pimpinan dapat mengambil keputusan dalam menentukan perbaikan pemberian kompensasi dan sebagainya.

3. Training & Development Needs – Kebutuhan pelatihan dan pengembangan

Dengan adanya penilaian kinerja atau performance appraisal, akan didapatkan sebuah peta yang mengambarkan apa kekuatan dan kelemahan dari karyawan yang ada dalam perusahaan, sepanjang penilaian kinerja atau performance appraisal yang dilakukan itu obyektif. Hasil dari penilaian kinerja atau performance appraisal dapat menjadi bahan dasar untuk memberikan program pelatihan dalam rangka untuk menghilangkan gap yang ada, sehingga setiap karyawan diharapkan memiliki kompetensi, setidaknya sesuai dengan kompetensi standar yang dipersyaratkan untuk setiap jabatan.

4. Staffing Process – Keputusan promosi dan demosi

Hasil dari proses penilaian kinerja atau performance appraisal dapat juga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk melakukan promosi atau demosi karyawan.

5. Job Design Error – Mendiagnosis kesalahan desain pekerjaan

Dari hasil penilaian kinerja atau performance appraisal kadang kala juga menjadi indikator untuk melihat apakah job design sudah benar atau belum. Kinerja yang selalu buruk di setiap periode penilaian mungkin saja menjadi salah satu indikator adanya kesalahan dalam desain pekerjaan. Penilaian kinerja dapat juga digunakan untuk mendiagnosis kesalahan tersebut.

6. Recruitment & Selection Process – Menilai proses rekrutmen dan seleksi

Hasil penilaian kinerja juga dapat menjadi indikator apakah proses rekrutmen dan seleksi berjalan dengan baik & benar atau justru sebaliknya. Hasil penilaian kinerja atau performance appraisal yang rendah dapat menjadi salah satu indikator buruknya proses rekrutmen dan seleksi, walaupun bukan selalu diartikan bahwa hasil penilaian kinerja yang buruk selalu disebabkan karena proses rekrutmen yang buruk.

7. Equal Employee Opportunity – Memberi kesempatan kerja yang adil

Penilaian kinerja yang obyektif dan akurat dapat menjamin karyawan memperoleh kesempatan yang sama dalam bekerja dan dengan adanya penilaian kinerja setidaknya menggambarkan adanya keadilan, artinya siapapun akan dinilai kinerjanya tanpa pandang bulu, asalkan dia karyawan, apapun jabatannya akan dilakukan penilaian kinerja terhadap apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan serta bagaimana hasil kerjanya.

Itu adalah sederetan manfaat penilaian kinerja, setelah menguraikan manfaat penilaian kinerja, sekarang Anda diharapkan lebih memahami penilaian kinerja lebih lengkap lagi. Setelah ini, mungkin akan lebih baik lagi jika HRD Forum menguraikan apa problem yang muncul dan menghalangi dalam pelaksanaan penilaian kinerja atau performance appraisal. Akan HRD Forum uraikan dalam judul tulisan penilaian kinerja yang berbeda. Silakan tunggu terus dengan selalu mengikuti website www.HRD-Forum.com.

Ada berita baik yang ingin HRD Forum sampaikan, bahwa HRD Forum mengadakan pelatihan mengenai Performance Appraisal atau Penilaian Kinerja secara rutin setiap bulannya. Jika perusahaan Anda membutuhkan pelatihan tersebut, silakan hubungi HRD Forum. Pelatihan bisa juga dilakukan di perusahaan Anda, dengan mengumpulkan semua supervisor, manager agar mereka semua mempunyai pemahaman yang sama tentang apa dan bagaimana penilaian kinerja atau performance appraisal itu.

Terima Kasih telah memilih HRD Forum.

Salam,

Bahari Antono

  • Owner & Founder HRD Forum
  • Follow me on Twitter @BahariAntono

P.S. Training Performance Appraisal with KPI dilaksanakan di Jakarta setiap bulannya. Untuk Jawal detilnya KLIK di SINI

One comment

  1. Saya mempunyai tugas kuliah tentang performance appraisal, tetapi saya kurang memahaminya. Menurut buku yang saya baca, tujuan umum performance appraisal yaitu sebagai keputusan evaluatif, informasi penilaian kinerja juga berguna untuk membuat seleksi dan penempatan keputusan
    dan tujuan yang kedua sebagai umpan balik & perkembangan. Maksudnya itu seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*