Manfaat Job Description Bagi Perusahaan | HRD Forum
Home | Article | Manfaat Job Description Bagi Perusahaan

Manfaat Job Description Bagi Perusahaan

Apa sebenarnya manfaat job description bagi perusahaan, mungkin itu fikiran sebagian dari kita saat kita membaca, mempelajari dan mungkin mengikuti pelatihan bagaimana membuat job description.

Rekan dan sahabat HRD Indonesia, banyak sekali manfaat dari job description. Job description yang disusun dengan baik, benar, lengkap dan memenuhi kaidah penyusunan job description mempunyai banyak manfaat yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mengelola dan membangun sumber daya manusianya.

Apa sajakah manfaat Job Description bagi perusahaan ?

HR Planning

Job description mempunyai manfaat dalam salah satu proses bisnis HR yaitu saat HR Planning. Pada proses HR Planning, keberadaan job description sangat dibutuhkan. Job description yang baik, lengkap dan benar dapat membantu para pimpinan perusahaan, pimpinan departemen, pimpinan divisi, para manager, para supervisor dalam penentuan berapa jumlah SDM yang dibutuhkan, spesifikasi SDM seperti apa yang dibutuhkan dan informasi lainnya dalam perencanaan Sumber Daya Manusia dalam perusahaan.

Recruitment & Selection

Dalam proses recruitment & selection, peran Job Description sangat besar dan memegang peranan sangat penting. Job Description dapat dimanfaatkan sebagai senjata atau tools dalam proses pembuatan iklan lowongan kerja, proses interview, proses selection, proses pembuatan soal atau pertanyaan test, dan sebagainya.

Training & Development

Dalam proses training & development peranan job description juga sangat besar. Dalam job description tercantum sederetan kompetensi yang harus dimiliki oleh pemegang jabatan, juga tertulis tugas dan tanggung jawabnya, dari sanalah dapat dibuat training-training apa sajakah yang dapat diprogramkan.

Performance Appraisal

Job Description tentu menjadi dasar bagi program penilaian kinerja karyawan. Lingkup pekerjaan, tugas dan tanggung jawab akan menjadi area dimana penilaian dapat dilakukan.

Compensation & Benefit

Dalam proses atau area compensation & benefit, peran job description juga sangat besar. Dalam proses job evaluasi yang dilakukan adalah menganalisis job description sebagai dasar untuk mengukur bobot pekerjaan, dari proses job evaluasi ini akan didapatkan bobot masing-masing pekerjaan, lalu bobot-bobot pekerjaan ini disusun sedemikian rupa, dan menjadi grading system guna pembuatan struktur gaji.

Rekan dan sahabat HRD Indonesia, masih banyak manfaat job description lainnya, misalnya manfaat dalam hal safety & health, employee and labor relation, legal considerations dan feedback & Analysis for team.

Terima kasih atas kunjungan Anda di website HRD Forum. Anda diperbolehkan menyebarkan tulisan-tulisan ini kemanapun, tentunya dengan mencantumkan nara sumber dan link-nya. Terima kasih.

Salam HR !

Bahari Antono

  • Owner & Founder HRD Forum
  • Follow me on twitter @BahariAntono

Artikel Job Description lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*