Lowongan Kerja & Lamaran Kerja : Menyingkap Kebingungan HRD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja | HRD Forum
Home | Article | Lowongan Kerja & Lamaran Kerja : Menyingkap Kebingungan HRD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja

Lowongan Kerja & Lamaran Kerja : Menyingkap Kebingungan HRD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja

Kebutuhan akan tenaga kerja berkualitas begitu besarnya, setiap perusahaan, apapun jenis industrinya saling berlomba untuk mendapatkan calon-calon tenaga kerja berkualitas. Iklan lowongan kerja bertebaran diberbagai media, apakah itu di media cetak (koran, majalah, flyer, poster,dll), media televisi, media radio, internet (website, mailinglist, social media, iklan baris) itu menandakan bahwa perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja, tetapi perusahaan merasa kesulitan dalam mencari tenaga-tenaga kerja yang berkualitas, walaupun pencari kerja jumlahnya jutaan di Indonesia.

Berapa juta pengangguran di Indonesia? jutaan, sekian juta pengangguran di Indonesia, tetapi mengapa HRD masih saja kebingungan mencari satu, dua, tiga karyawan? apa yang menyebabkan HRD kesulitan dalam mencari karyawan berkualitas?

Lowongan kerja banyak bertebaran diberbagai media dan akhirnya surat lamaran kerja banyak bertumpuk di meja bapak dan ibu HRD di berbagai perusahaan, tetapi dari banyaknya tumpukan surat lamaran kerja, HRD tetap belum bisa menemukan kandidat yang tepat. Kesulitan demi kesulitan mencari karyawan  tetap dirasakan oleh orang-orang HRD, mengapa?

Lowongan kerja, lowongan kerja terbaru, lowongan pekerjaan, loker apapun namanya, apapun sebutannya adalah sebuah indikasi yang seolah meneriakkan sebuah kalimat bahwa dunia industri masih banyak membutuhkan tenaga kerja berkualitas disatu sisi, sementara disisi lainnya, banyak tenaga kerja yang sampai saat ini belum menemukan pekerjaan yang cocok untuknya, sehingga sampai detik ini masih menganggur, sebuah ironi yang memaksa kita untuk berfikir, mengapa hal ini bisa terjadi.

Pasti anda sering membaca iklan lowongan kerja, pasti anda pernah membaca iklan lowongan kerja BUMN, info lowongan kerja bank, iklan lowongan kerja Pertamina, iklan lowongan kerja Bandung, semarang, kaltim, balikpapan, surabaya, Yogyakarta, Jakarta, iklan lowongan kerja Kalimantan, dan sebagainya itu menjadi salah satu bukti kuat bahwa dunia usaha masih banyak membutuhkan tenaga kerja yang cocok untuk duduk di posisi yang sedang mereka butuhkan.

HRD kesulitan mencari karyawan sementara pencari kerja kebingungan mencari pekerjaan, aneh bin ajaib. Mari kita coba untuk mengupas dari dua sisi, sisi pertama kita lihat dari Perusahaan, sisi kedua kita lihat dari sisi pencari kerja lalu kita lihat dari sisi pencari kerja.

Sisi Perusahaan / HRD

Perusahaan dalam hal ini diwakili oleh HRD, dalam proses mencari calon karyawan harus mempelajari apa dan bagaimana proses rekrutmen yang baik, benar dan tepat, apa saja yang harus diketahui oleh perusahaan atau HRD.

  1. Job description, Job Specification, Job Analysis : Hal pertama yang harus dilakukan dan dipelajari adalah apakah Job description, job specification dari posisi jabatan yang akan dicari, pelajari dengan baik, teliti dan cermat.
  2. Sumber Tenaga Kerja (sourcing) : HRD harus mempunyai ketajaman penglihatan, dimanakah mencari calon karyawan yang berkualitas dengan cepat, efektif dan murah. Banyak HRD yang tidak begitu peduli dengan sourcing ini. akibatnya cost untuk recruitment menjadi besar. Dengan mengetahui dimana tempat yang tepat untuk mencari calon karyawan berkualitas, maka cost recruitment dapat ditekan seminimal mungkin. Waktu dapat dipersingkat. Contohnya, jika kita akan mencari mekanik yang tugasnya adalah menservice kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat, maka tempat yang tepat adalah HRD harus berani datang berkunjung ke sekolah-sekolah kejuruan (STM / SMK), disanalah tempat yang tepat untuk mendapatkan calon karyawan berkualitas. Sehingga seperti yang sudah kita ketahui, banyak HRD yang menjemput bola, langsung datang kesekolah-sekolah unggulan, agar dapat mendapatkan calon-calon karyawan yang tepat. Biaya ringan, waktu cepat, kandidat karyawan dapat ditemukan.
  3. Format dan bentuk Iklan Lowongan Kerja : HRD harus mempelajari, bagaimana membuat format iklan yang sederhana tetapi menarik. Jika dalam perusahaan tidak memiliki orang yang menguasai desain grafis, buatlah iklan lowongan kerja sesuai dengan kreatifitas kita masing-masing, yang terpenting, iklan lowongan kerja harus mengadopsi prinsip AIDA. Adapun singkatan dari AIDA, A = attention ; I = Interest ; D = Desire ; A = Action. Sehingga iklan lowongan kerja yang dibuat harus mampu menarik perhatian, mampu menimbulkan minat, lalu hasrat dan yang terakhir mendorong kandidat untuk action mengirimkan CV ke perusahaan kita.
  4. Pemilihan Media : Media iklan harus kita pilih dengan cermat, apakah iklan lowongan kerja terbaru akan dipasang di media cetak (koran), apakah koran lokal ataukah koran nasional? apakah di majalah lokal, majalah nasional atau majalah profesi? apakah cukup disebarkan lewat email, mailing list, website, iklan baris online dan sebagainya. Pemilihan media iklan yang tepat akan memastikan bahwa iklan lowongan kerja terbaru kita dapat sampai ke orang-orang yang tepat. sehingga akan memperbesar peluang kita dalam mendapatkan kandidat berkualitas.
  5. Proses Recruitment & Selection yang cepat : Banyak HRD yang kecewa, saat sedang melakukan proses recruitment & selection, tiba-tiba kandidat-kandidat yang sudah menjalani proses seleksi sampai beberapa tahap, tiba-tiba tidak muncul lagi saat dipanggil atau diundang untuk mengikuti tahap berikutnya. Menghadapi kasus seperti ini, banyak HRD yang bingung, marah, kecewa, menganggap kandidat tidak serius, dsb. Padahal, dalam banyak kasus, kandidat tidak muncul lagi saat dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya dikarena kandidat sudah diterima bekerja diperusahaan lain. Nah dalam proses rekrutmen kecepatan dalam proses sangat dibutuhkan. Kita harus mewaspadai, jangan sampai kandidat berkualitas diambil oleh ‘ tetangga sebelah’ terlebih dahulu. Dalam proses rekrutmen dikenal prinsip ‘siapa cepat dia dapat’ karena itu, buatlah proses rekrutmen diperusahaan anda tidak terlalu birokratis, tidak terlalu panjang tahapannya.
  6. Disamping hal-hal diatas yang sudah dijelaskan, masih banyak lagi hal yang harus diketahui dalam proses rekrutmen agar perusahaan ( baca = HRD) mampu menyiapkan tenaga kerja berkualitas tepat waktu. Dalam training HRD Forum, semuanya dikupas tuntas, Jika anda dan team HRD perusahaan anda ingin mempelajari lebih dalam lagi, langkah yang tepat dan bijaksana adalah anda mengirimkan staf junior perusahaan anda untuk ikut dalam pelatihan ‘BASIC HR Management‘ atau CRSP (Certified Recruitment & Selection Professional).

Sisi Pencari Kerja

Dari sisi pencari kerja, apakah yang harus dipersiapkan, dipelajari dan dimengerti? agar calon karyawan dapat diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan.

  1. Pelajari profile perusahaan yang akan dilamar
  2. Pelajari contoh-contoh lamaran kerja
  3. Pelajari iklan lowongan yang anda minati, terutama syarat-syarat yang diminta, kondisi kerja, lokasi, karir, dsb
  4. Pelajari teknik menghadapi wawancara kerja
  5. Perkuat kompetensi dibidang yang ingin dilamar.
  6. dsb

Proses recruitment menjadi terasa sulit manakala, kebutuhan masing-masing pihak (Perusahaan dan pencari kerja) tidak menemukan kecocokan. Sehingga dalam berbagai kesempatan, HRD Forum sering mengatakan bahwa recruitment & selection menjadi sulit karena HRD harus mencocokkan dua NEEDS yang berbeda, dua kebutuhan yang berbeda. Perusahaan mempunyai kebutuhan, sementara calon karyawan juga mempunyai kebutuhan. Saat dua kebutuhan ini dapat saling mengisi alias cocok, match maka perusahaan mendapatkan karyawan dan karyawan mendapatkan pekerjaan. Sehingga recruitment dapat dikatakan sebuah proses untuk mencocokan ‘to match’ dua kebutuhan (needs) yang berbeda.

Demikian sedikit tulisan tentang Lowongan Kerja & Lamaran Kerja : Menyingkap Kebingungan HRD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja.

Tulisan ini dapat ditemukan dengan kata kunci : lowongan kerja, lowongan kerja terbaru, lowongan pekerjaan, loker, lowongan kerja bumn, info lowongan kerja, contoh lamaran kerja, lowongan, karir, lowongan bumn, kerja online, lowongan kerja pertamina, pos kerja, lowongan kerja semarang, loker terbaru, lowongan kerja bank, contoh surat lamaran kerja bahasa inggris, lowongan kerja bandung, lowongan kerja surabaya, lowongan kerja terbaru 2013, kerja sampingan, kerja part time, info kerja kaltim, lamaran pekerjaan, lowongan kerja part time, cari kerja, lowongan kerja medan, contoh cv lamaran kerja, lowongan kerja solo, lowongan kerja jogja, lamaran kerja.

Terima Kasih telah memilih HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*