Tips menciptakan karyawan teladan di perusahaan | HRD Forum
Home | Article | Lihat, berikut ini tips menciptakan karyawan teladan di perusahaan anda

Lihat, berikut ini tips menciptakan karyawan teladan di perusahaan anda

Lihat, berikut ini tips menciptakan karyawan teladan di perusahaan anda

Seorang karyawan memiliki kewajiban bekerja dengan baik dan dapat menyelesaikan target-target yang ditetapkan oleh perusahaan. Sebaliknya seorang pekerja memiliki hak untuk menerima gaji atau upah beserta tunjangannya.

Memiliki karyawan yang baik merupakan keinginan setiap perusahaan maupun perseorangan. Dengan memiliki karyawan yang baik, langkah perusahaan untuk mencapai targetpun menjadi lebih mudah dan lancar.

Karyawan teladan adalah seorang pekerja yang memiliki kemampuan dan kepribadian yang baik. Ia bisa menciptakan suasana positif karena ia menjadi teladan bagi rekan kerjanya. Mendapatkan karyawan teladan menjadi tantangan bagi setiap perusahaan.

Agar perusahaan menjadi lebih baik dan kompetitif maka memiliki karyawan teladan adalah sebuah keharusan. Berikut ini adalah tips untuk menjadikan karyawan anda menjadi karyawan teladan. yuk kita simak :

1. Komunikasi dua arah

Dengan diberlakukannya komunikasi dua arah dapat membentuk budaya yang positif yaitu komunikasi antara atasan dan pekerja terjalin dengan baik. Atasan tidak langsung memberi perintah, tapi diskusikan terlebih dahulu target dan pencapaian serta cara terbaik untuk mencapainya.

Dengan komunikasi seperti ini karyawan dapat lebih berani mengeluarkan ide-ide kreatifnya untuk menyelesaikan pekerjaan. Imbasnya hal ini dapat menguntungkan perusahaan dan membawanya semakin maju.

Komunikasi seperti ini juga dapat membuat informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas, sehingga dapat mengurangi error dikarenakan kesalahan informasi.

2. Ciptakan atmosfir kompetisi yang sehat

Kompetisi dalam sebuah perusahaan dapat membuahkan hasil kerja terbaik dari masing-masing karyawannya. Pemilik perusahaan dapat menciptakan atmosfir kompetisi yang sehat antar pegawai.

Berikan banyak reward kepada karyawan yang telah berkontribusi sangat baik bagi perusahaan. Buat kompetisi piala bergilir menjadi karyawan terbaik dalam 1 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

Buatlah kompetisi menjadi kompetisi yang menyenangkan untuk diikuti. Dengan strategi seperti ini kinerja pegawaipun akan lebih baik dikarenakan mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

3. Tegakkan peraturan

Disiplin kerja adalah sikap patuh dan taat karyawan terhadap peraturan yang berlaku di dalam perusahaan. Sikap disiplin karyawan dapat dibina dengan cara memberikan contoh keteladanan.

Maka ciptakanlah budaya malu untuk tidak disiplin dan taat pada peraturan, karena karyawan teladan adalah pekerja yang patuh dan taat pada peraturan perusahaan. Jangan ragu untuk menegur karyawan yang melanggar peraturan perusahaan saat itu juga, pada saat terjadi pelanggaran, karena jika dibiarkan akan terjadi pengulangan pelanggaran.

4. Bangun kedekatan antar pegawai

Membangun kedekatan antar pegawai merupakan salah satu faktor terciptanya suasana yang kondusif dalam perusahaan. Dikarenakan dunia kerja merupakan dunia teamwork sehingga suasana yang kondusif sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

Proses membangun keakraban antar pegawai bukanlah hal yang instan. Dibutuhkan proses yang berkesinambungan untuk semakin terciptanya keakraban.

Nantikan Artikel HRD Forum berikutnya. Terima Kasih dan salam HRD Forum.

@HRDForum – 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*