Langkah-langkah Membuat Desain Kompetensi | HRD Forum
Home | Inspirasi | Langkah-langkah Membuat Desain Kompetensi

Langkah-langkah Membuat Desain Kompetensi

Pernahkah anda membuat kompetensi model di perusahaan anda? Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat desain kompetensi dan kamus kompetensi ? yuuk kita lanjutkan membaca artikel ini yaaa.

Bagi HRD, kemampuan membuat kompetensi model wajib dimiliki, wajib dikuasai. Ya ada trainingnya yang diadakan oleh HRD Forum check tanggalnya di link Competency Design ini. Dalam artikel ini akan HRD Forum uraikan sekilas langkah-langkah membuat design competency agar anda mempunyai bayangan bagaimana sebenarnya langkah-langkah membuat desain kompetensi. Mari kita mulai.

  • Bentuk Team pembuat Competency Design

Langkah pertama adalah Bentuklah team, team yang terdiri dari HRD dan perwakilan dari setiap departemen atau unit atau bagian. Mengingat membuat desain kompetensi membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka keberadaan team menjadi sangat penting. Pastikan semua anggota team mengetahui tata cara pembuatan desain kompetensi.

  • Data-data yang harus disiapkan

Sebagai langkah kedua siapkan data-data yang dibutuhkan, yaitu : Job description, Key Performance Indicators, SOP, Stuktur Organisasi, Working Instruction, Catatan-catatan, dan lain-lain. Semua data-data itu sangat membantu dalam proses pembuatan kompetensi model.

  • Analisa Data

Langkah ketiga ; Lakukan analisa data, dimulai dari mempelajari main job, SOP, Working instruction, catatan-catatan, struktur organisasi dan KPI untuk masing-masing job position. Mudah-mudahan dengan mempelajari semua data-data tersebut anda dan team akan mendapatkan gambaran lebih detil untuk setiap job position yang akan dibuatkan desain kompetensinya.

  • Mulai membuat desain kompetensi per Job Position

Mulailah membuat desain kompetensi per job position, dimulai dengan menuliskan apa saja main jobnya, setelah seluruh main job dituliskan, langkah berikutnya adalah mendetilkan semua main job tersebut menjadi aktifitas-aktifitas yang lebih detil lagi, setelah semua main job didetilkan dengan menuliskan aktifitas-aktifitas rinci yang dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah untuk setiap aktifitas-aktifitas yang dituliskan tetapkan kompetensi apakah yang harus dimiliki. ya jadi setiap aktifitas harus ditetapkan kompetensi apakah yang harus dimiliki. Setelah semua aktifitas kita tentukan kompetensinya, selanjutnya kita akan mendapatkan sederetan kompetensi. Dalam membuat desain kompetensi pada tahap ini, harus dibantu dengan wawancara dengan job holder menggunakan metoda Behavioral Event Interview (BEI).

  • Rating berdasarkan tingkat kepentingannya

Sederetan kompetensi yang sudah didapatkan dilangkah sebelumnya harus anda rating berdasarkan tingkat kepentingannya. Lalu tentukan mana kompetensi yang akan menjadi standar kompetensi maupun mana kompetensi yang tidak masuk dalam standar kompetensi.

  • Standar Kompetensi

Setelah kita rating berdasarkan tingkat kepentingannya, maka kita akan mendapatkan sederetan kompetensi yang akan menjadi standar kompetensi dari job position yang sedang kita analisa. Sementara kompetensi yang tidak kita masukkan ke dalam standr kompetensi bisa kita singkirkan. Jadi sampai tahap ini, kita sudah mendapatkan kompetensi-kompetensi yang wajib dimiliki oleh sebuah job position.

  • Desain Kompetensi

Langkah selanjutnya, untuk setiap kompetensi yang didapatkan, buatkan definisi dari kompetensi tersebut, buatkan level kompetensinya dan buatkan key behavior atau indikator kunci untuk setiap level kompetensi.

  • Lakukan untuk semua job Position

Lakukan langkah diatas untuk semua job position yang ada di perusahaan anda.

  • Kamus Kompetensi

Setelah langkah diatas semuanya sudah dilakukan, maka langkah berikutnya mengumpulkan semua kompetensi yang ada, disatukan menjadi satu bagian, inilah yang disebut kamus kompetensi. Dimana dalam kamus kompetensi terkumpul semua kompetensi lengkap dengan definisi, level kompetensi dan key behaviornya.

Demikianlah sekilas tahapan membuat desain kompetensi, mudah bukan? Jika Anda ingin ikut trainingnya, silakan lihat jadwal training desain kompetensi disini.

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected] Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*