Home | Article | Konsultan HR Sebuah Profesi yang Menjanjikan

Konsultan HR Sebuah Profesi yang Menjanjikan

BD Cafe terlihat ramai, suasana cafe yang tenang dengan alunan musik jazz membuat semua pengunjung tenggelam dalam alam fikirannya masing-masing. Orang sering menyebutnya dengan sebutan bidi kafe, ya Anda pasti tahu, bacanya bidi kafe, tulisannya tentu BD Cafe, saya tidak tahu apa kepanjangan dari dua huruf di depan kata cafe itu, BD, setiap kali saya bertanya kepada karyawannya, mereka selalu menggelengkan kepala, “Nanti tanya saja langsung ke ownernya”, begitu selalu karyawan bidi kafe menjawab.
Sudahlah, disini kita tidak sedang membicarakan cafe, disini kita akan membicarakan tentang profesi Konsultan HR. Ya ! profesi konsultan HR adalah profesi yang oleh sebagian orang dilihat dengan sebelah mata, tetapi anehnya, oleh sebagian orang lainnya, profesi konsultan HR dianggap sebagai sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Kalau menurut Anda sendiri, bagaimana?
Saya duduk berhadap-hadapan dengan seorang partner di sudut ruangan BD cafe, tepatnya di lantai dua. partner saya ini adalah seorang konsultan HR, sudah banyak perusahaan yang dia tangani, mulai dari HR Planning, Recruitment, Compensation, Performance Management, Training & Development, Organization Development, Desain Kompetensi, sampai tentang hubungan industrial atau industrial relation.
Sangat menarik sekali celotehan partner saya ini, celotehan yang berkaitan dengan pengalamannya sebagai konsultan HR, sebuah profesi, yang menurut dia itu adalah sebuah profesi yang dilihat engan sebelah mata oleh orang lain, oleh profesi lain, tetapi sesungguhnya, profesi konsultan HR menyimpan begitu banyak harapan dan kepuasan dari sisi materi yang didapat dan sisi waktu kerja yang dilakoninya. Ya, bagi orang-orang yang sudah mengerti, profesi konsultan HR, dari sisi finansial, sangat menjanjikan dan menggiurkan. Coba bayangkan, saat seorang HR Konsultan dipercaya untuk membuat struktur gaji sebuah perusahaan, uang puluhan juta sampai ratusan juta akan didapatkannya. Saat seorang konsultan HR mendapatkan job mengenai desain kompetensi, sama juga seperti contoh di atas, uang puluhan juta sampai ratusan juta akan dia dapatkan, dengan mudah. Anda tertarik? tertarik untuk menjadi HR Konsultan? tentu, untuk menjadi seorang konsultan HR tidak semudah membalik telapak tangan, perlu kerja keras pada awalnya, perlu perjuangan dan pengorbanan.
Apa saja sih syaratnya jika Anda ingin terjun bebas menjadi seorang HR konsultan? nah baca informasi berikutnya secara hati-hati.
Apa yang harus diketahui jika ingin menjadi HRD Konsultan?
  1. Ilmu yang mumpuni ; ya seorang HR konsultan harus menguasai ilmu HR secara baik, dalam dan menyeluruh. Ilmu HR yang harus dikuasai lumayan banyak, mulai dari organization development, job management, HR basic tools, HR Planning, Receruitment & Selection, Performance Management, Desain kompetensi, key performance indicators (KPI), job analysis, job description, job specification, compensation & benefit, training & development sampai industrial relation. Jika anda menguasai semuanya itu, niscaya anda akan menjadi konsultan HR yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Apakah semua ilmu itu harus dikuasai agar bisa menjadi seorang HR konsultan? nah jika anda bertanya seperti itu, maka saya bisa menjawab, “tidak” memang, sebaiknya anda kuasai semuanya. Tetapi jika tidak pun, anda masih bisa menjadi seorang HR konsultan, misalkan, anda hanya menguasai ilmu compensation & benefit, anda sangat ahli dibidang itu, misalkan ‘bagaimana cara melakukan job evaluation, bagaimana membuat grading system, bagaimana mendesain struktur gaji, dan semua yang terkait dengan compensation & benefit anda sangat kuasai, maka anda bisa menjadi HR konsultan, khusus di bidang compensation & benefit. Sehingga anda bisa mengambil project-project dibidang compensation & benefit. Begitu juga dengan sub bidang lainnya di HR, misalnya ; konsultan HR khusus dibidang Training & Development, konsultan HR khusus dibidang recruitment & selection, konsultan HR khusus dibidang kompetensi dan Pengembangannya, dan sebagainya. jadi pointnya, yang pertama, anda harus kompeten dalam bidang HR jika ingin menjadi HR Konsultan.
  2. Keseimbangan antara ilmu buku dan ilmu praktek ; agak mengkhawatirkan jika anda begitu lulus kuliah langsung menjadi konsultan HR, mengapa? ya tentu, karena ilmu yang anda kuasai, masih sebatas ilmu buku, ilmu bangku kuliah, ilmu dalam kelas. Dalam banyak kenyataan, ilmu di bangku kuliah masih dalam tataran teori, namanya teori, masih bicara hal-hal dalam level ideal. Jika anda coba bandingkan antara teori dan kenyataan, sangat sering posisinya seperti langit dan bumi, sehingga seorang konsultan HR harus juga memiliki pengalaman di dunia praktis, sehingga tahu dengan pasti kejadian-kejadian di alam nyata, di lapangan, di perusahaan, sehingga dari pengalaman tersebut anda sebagai seorang konsultan HR mampu mengambil sebuah tindakan dan analisa yang lebih tepat. Melihat kenyataan bahwa ada perbedaan antara teori dan kenyataan, hal ini memaksa seorang konsultan HR (sebaiknya) memiliki pengalaman praktis di dunia bisnis. Kombinasi yang sangat ideal, jika seorang HR konsultan memiliki ilmu secara teori dan ilmu secara praktis.
  3. Memiliki jaringan, networking, jaringan pemasaran dan sejenisnya. Intinya, keahlian yang anda miliki sebagai seorang HR konsultan, harus diketahui oleh banyak orang, oleh banyak perusahaan, sehingga profesi HR konsultan yang ada dalam tulisan di kartu nama anda dapat diketahui oleh sebanyak-banyaknya orang dan perusahaan. Point dalam nomor ini adalah bahwa, ayoo pasarkan kemampuan anda di bidang HR kepada para calon pelanggan anda. Oleh karenanya, tugas anda adalah membangun networking seluas-luasnya. Jika anda ingin membangun networking yang kuat, HRD Forum adalah tempat yang sangat tepat ! sejak tahun 2004, HRD Forum telah memberikan pelatihan, konsultasi, pendampingan kepada ribuan perusahaan di Indonesia. Sehingga sudah sangat tepat jika anda bergantengan tangan bersama kami, HRD Forum.
  4. Terus belajar dan belajar ; ini adalah syarat berikutnya, tidak boleh ada dalam hati anda, bahwa anda sudah pintar, sehingga anda memutuskan untuk berhenti belajar. Teruslah belajar, belajar dan belajar, sehingga anda akan sukses menjadi konsultan HR, sekarang dan dimasa yang akan datang, amiin.Rekan dan sahabat HR Indonesia, profesi konsultan HR sangat menjanjikan, anda berminat untuk menjadi HR Konsultan di HRD Forum? menjadi associate HR Consultan di HRD Forum ? pintu kami selalu terbuka kok, silakan merapat.
Nah bagi rekan-rekan yang belum PeDe untuk menjadi HR konsultan, tetapi punya keinginan yang kuat untuk menjadi konsultan HR, tentu anda harus terus belajar, kalau perlu anda ikut kelas privat “Bagaimana cara menjadi HR Consultant” di HRD Forum. Atau anda dapat pula mengajukan diri untuk katakanlah magang dulu sebagai Associate HR Consultan di HRD Forum.
Suasana BD Cafe masih tetap ramai, banyak anak-anak muda, kaum profesional yang masih tetap tenggelam dalam keasyikannya masing-masing, termasuk saya dan partner saya ini. BD Cafe memang tempat yang sangat layak untuk anda singgahi.
Jasa Konsultan HR memang memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan buat semua orang. Anda tertarik?
Sekian dulu, semoga anda semua selalu sukses dan akan semakin sukses, amiin.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*