Home | Event | Konsultan HR : Profesi Idaman Ibu Mertua yang Menjanjikan

Konsultan HR : Profesi Idaman Ibu Mertua yang Menjanjikan

Jasa Konsultan HRDKonsultan HR : Profesi Idaman Ibu Mertua yang Menjanjikan

Selama ini ada beberapa pemikiran yang berbeda-beda mengenai profesi konsultan HR. Ada yang melihat profesi ini sebelah mata, namun ada juga yang menganggap bahwa profesi ini sangat menjanjikan. Biasanya konsultan HR menangani berbagai kebutuhan di perusahaan, seperti Recruitment, HR Planning, Compensation, Performance Management, Training & Development, Organization Development, Desain Kompetensi, hingga hubungan industrial atau industrial relation.

Dari segi finansial, sebenarnya profesi konsultan HR bisa menghasilkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Bayangkan saja apabila seorang konsultan HR dipercaya membuat struktur gaji sebuah perusahaan, maka uang puluhan juta sampai ratusan juta bisa didapatkannya. Ketika seorang konsultan HR mendapatkan pekerjaan mengenai desain kompetensi, maka ia berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar dengan mudah.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi seorang HR Konsultan? Pertama, Anda harus memiliki ilmu yang mumpuni. Seorang HR konsultan harus menguasai ilmu HR secara baik, mendalam, dan menyeluruh. Beberapa menu HR yang setidaknya Anda kuasai antara lain organization development, job management, HR Basic tools, HR Planning, receruitment & selection, performance management, desain kompetensi, Key Performance Indicators (KPI), job analysis, job description, job specification, compensation & benefit, training & development, hingga industrial relation. Apabila Anda menguasai materi tersebut, niscaya Anda akan menjadi konsultan HR yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Setelah menguasai ilmu, Anda juga diharapkan bisa menyeimbangkan antara ilmu buku dengan ilmu praktek. Ketika Anda baru lulus kuliah, maka Anda bisa dikatakan belum siap menjadi konsultan HR karena ilmu yang dimiliki masih sebatas ilmu buku. Seorang konsultan HR harus memiliki pengalaman di dunia praktis. Nantinya ia akan memahami mengenai kejadian-kejadian di alam nyata, lapangan, maupun perusahaan secara nyata. Sehingga Anda pun bisa mengambil sebuah tindakan dan analisa yang lebih tepat.

basic-hr-management-pelatihan-hrdIlmu saja tidak cukup, seorang konsultan HR juga harus memiliki jaringan dan koneksi yang banyak, misalnya jaringan pemasaran. Keahlian yang Anda miliki sebagai seorang HR konsultan memang harus diketahui oleh banyak orang maupun perusahaan, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan proyek atau pekerjaan dalam bidang ini bisa semakin besar.

Setelah mengetahui beberapa syarat menjadi konsultan HR di atas, sebaiknya Anda jangan pernah menyerah dan tetap belajar untuk menjadi seorang konsultan HR yang profesional. Memang profesi ini tidak bisa diraih dengan cukup mudah karena diperlukan ilmu yang memadai serta jaringan yang luas. Namun apabila sudah berhasil, profesi ini memang memiliki prospek yang cukup cerah dan menjanjikan bagi semua orang. Sehingga tidak salah jika ada joke yang mengatakan bahwa profesi Konsultan HR adalah Profesi Idaman Ibu Mertua yang Menjanjikan.

HRD Forum adalah lembaga konsultan HR yang juga memfasilitasi sebuah Komunitas HR terbesar di Indonesia. Sebagai konsultan HR, HRD Forum memberikan banyak pelayanan seperti inhouse training, publik training, konsultansi HR, pendampingan sampai pengerjaan project-project HR. HRD Forum juga memberikan layanan Coaching bagi perusahaan yang ingin didampingi oleh seorang HR Coach. Tertarik menggunakan layanan Jasa Konsultan HR dari HRD Forum? silakan hubungi email ; [email protected] ; Hotline ; 08788-1000-100 atau add PIN BB 5A24F771

Salam sukses dan salam HR !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*