Khawatir dengan hasil Wawancara Kerjamu? | HRD Forum
Home | Article | Khawatir dengan hasil Wawancara Kerjamu?

Khawatir dengan hasil Wawancara Kerjamu?

Jangan Khawatir, Meskipun Wawancara Kamu Berjalan Buruk, Kamu Tetap Bisa Diterima kok Dengan melakukan Hal ini Segera

Siapa sih yang tidak senang jika dirinya berhasil masuk ketahap wawancara kerja. Hal tersebutlah yang didambakan oleh setiap orang yang sedang mencari pekerjaan baru. Ketika akan mengikuti tes wawancara atau interview, segala persiapan dipersiapkan dengan sangat sempurna. Namun bukan berarti pada saat hari H-nya, wawancara yang kamu lakukan tersebut bisa berjalan lancar loh malah bisa jadi terkesan buruk. Hal tersebut mungkin karena perasaan deg-deg, gerogi dan kurang percaya diri yang bercampur aduk. Jika sudah begitu pasti kita akan merasa pesimis dengan hasilnya nanti.

Namun kamu tidak perlu khawatir, meskipun wawancara kerja yang kamu jalani berjalan buruk. Kamu masih tetap bisa memiliki kesempatan untuk diterima kok dengan melakukan hal berikut ini.

1.      Berkatalah Dengan Jujur

Pada saat interview berlangsung, kamu harus berkata dengan jujur jika memang kamu sedang mengalami kendala yang membuat interview kamu tidak bisa berjalan dengan baik. Seperti misalkan kamu mendapatkan kabar bahwa ada saudara atau keluarga kamu yang sakit. Tentu kabar seperti itu bisa membuat kita shock, sehingga pikiran kita tidak stabil. Jika memang hal tersebut terjadi pada kamu, maka kamu harus segera mengatakan dengan pihak perusahaan atau pewancara.

2.      Semakin perjelas kualifikasi dirimu

Salah satu topik yang akan dipertanyakan kepada kamu saat wawancara kerja adalah tentang kualifikasi dirimu. Kamu harus bisa menjelaskan secara baik kualifikasi yang kamu miliki, jelaskan sampai sedetails mungkin.

3.      Sikap yang harus kamu lakukan saat interview selesai

Pewawancara tidak hanya menilai saat proses interview berlangsung. Tapi juga hingga kamu keluar dari ruangan interview. Oleh sebab itu sikap yang baik sangat dibutuhkan ketika akan mengakhiri sebuah interview kerja, terlebih lagi jika kamu sadar bahwa interview yang kamu jalani tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan setelah wawancara kerja selesai.

  • Ucapkanlah terima kasih setelah wawancara selesai.
  • Jika kamu yakin bahwa interview yang kamu lakukan tidak lancar, maka mintalah untuk dilakukan interview lanjutan dengan catatan kamu memiliki alasan yang kuat

Hal yang penting saat wawancara kerja adalah persiapan yang matang. Jadi jika kamu memang sudah mempersiapkannya secara matang, maka yakin dan optimis saja bahwa interview yang kamu lakukan berjalan dengan sukses.

P.S. HRD Forum adalah HR Consultant, HR Training Provider dan HR Community yang ingin berkontibusi positif bagi bangsa dan negara ini. Ayooo dukung peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Ingin Melihat Apa saja Jasa yang bisa diberikan oleh HRD Forum, CEK di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*