Kecelakaan Karyawan Borongan ditanggung Perusahaan? | HRD Forum
Home | Konsultasi | Kecelakaan Karyawan Borongan ditanggung Perusahaan?

Kecelakaan Karyawan Borongan ditanggung Perusahaan?

Rekan HRD Indonesia, berikut ini mari kita simak diskusi yang tengah terjadi di milis [email protected] dengan judul diskusi ; Kecelakaan Karyawan Borongan ditanggung Perusahaan?

Semoga dari diskusi ini kita dapat mengambil sebuah bahan pelajaran buat kebaikan kita semuanya. Silakan disimak.

  • Pertanyaan :

Dear para praktisi HR,

Salah satu karyawan borongan kami mengalami kecelakaan tabrak lari di luar jam kerja dan di luar lingkungan kerja.

Seberapa jauh tanggung jawab perusahaan terhadap biaya pengobatan dan santunan yang dapat dibayarkan perusahaan?

Sebagai informasi, korban tidak didaftarkan ke BPJS karena sifat pekerjaan yang tidak tetap (borongan pekerjaan waktu tidak tertentu).

Mohon info dasar hukum atau UU yang mengatur hal tersebut.

Saat ini santunan biaya pengobatan rumah sakit yang sudah diberikan perusahaan lebih dari 20 juta.

Pihak keluarga korban maupun pelaku tidak mampu membayar dana pengobatan rumah sakit tsb dan pengobatan selanjutnya yang masih berjalan.

Perusahaan saat ini dituntut oleh pihak keluarga dan LSM untuk membiayai seluruh biaya pengobatan sampai sembuh. Walaupun kondisinya masih belum membaik kondisi korban saat ini masih belum sadar.

Kebetulan pada saat kejadian keluarga korban masih di luar pulau sehingga mau tidak mau pihak perusahaan menjadi pihak yang menandatangani surat-surat di RS.

Mohon bantuan masukan rekan-rekan segera jika pernah ada yang mengalami hal serupa.

Terima kasih

xxxxx

  • Tanggapan :

Dear,

Semua Pekerja Sebaiknya didaftarkan di BPJS TK,

Dalam hal ini meskipun pekerjaan itu Borongan di BPJS TK jg punya program utk Pekerja Borongan, Kalo tidak salah namanya JASA KONSTRUKSI.

Mengenai Kecelakaan kerja juga di cover di program tsb.

Salam,

RR

Bu,

Silahkan dikaji dalam Permenakertrans No.150 tahun 1999 tentang penyelenggaraan jaminan sosial tenaga kerja harian lepas, borongan dan pkwt

Walaupun sifatnya pekerjaan adalah borongan atau waktu tertentu tetap wajib bagi perusahaan untuk mendaftarkan jaminan sosial dan/atau jaminan kesehatan (sesuai dengan syarat2 tertentu)

Jika tidak didaftarkan dan kemudian terjadi kecelakaan, sudah sewajarnya ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan

Salam

M.Rifai

Mohon ijin nimbrung, tetapi saya tidak berkomentar berdasarkan UU atau peraturan yang berlaku di Indonesia.

Saya hanya ingin menyampaikan referensi dari prinsip yang berlaku secara universal tentang kecelakaan kerja.

Batasan tentang kecelakaan kerja bukan hanya di dalam lingkungan perusahaan dan bukan hanya didalam jam kerja, akan tetapi bilamana kecelakaan menimpa karyawan saat dia mulai berangkat dari rumah menuju tempat kerja, sampai tiba dirumah setelah selesai kerja, selama dia menempuh rute yang seharusnya atau selayaknya dia tempuh dalam perjalanan pulang pergi ketempat kerja, maka itu harus dianggap sebagai kecelakaan kerja

Logika yang disetujui adalah, bahwa sejak karyawan berangkat dari rumah sampai tiba kembali ke rumah, adalah untuk memenuhi kewajibannya kepada perusahaan

Demikian referensi yang bisa sampaikan

Salam

Simon J. Sibarani

Dear All,

Catatan tambahan atas masukan dari Pak Simon..harus di garis bawahi untuk jalur yang di lalui bahwa jalur yang biasanya di lalui baik itu ketika berangkat kerja dan pulang kerja.

Takutnya mampir dulu ke mana sehingga bukan termasuk kecelakaan kerja. sebagai contoh mungkin mampir ke cafe untuk nongkrong bersama teman atau ke mall.

demikian dari saya.

salam,

Baskoro

Bonek Keblinger

Dear rekan-rekan,

yang harus dicermati dari pertanyaan Ibu, adalah karyawan tersebut Tidak Di Daftarkan Sebagai Peserta BPJS, itu yang jadi kendala Ibu.

bukan perkara dari kesalahan karena tidak didaftarkan saja tapi Mari kita sama-sama carikan solusi atas hal itu.

Mungkin dari rekan-rekan Hukum bisa memberi pandangan versi Perdata nya. monggo..

Best regards,

Kasim Ibrahim

Rekan,

Mungkin sebelumnya ibu perlu menjelaskan apakah yg dimaksud dengan karyawan Borongan? Apakah sudah sesuai dengan kepmen 19/2012?

Salam,

Riyan

Tertarik untuk ikut serta dalam diskusi HRD ? silakan bergabung di [email protected] caranya sangat mudah, cukup kirimkan email kosong ke [email protected] ; selanjutnya anda akan menerima email konfirmasi dari yahoogroups.com, anda cukup mereply email tsb tanpa harus mengubahnya sedikitpun, klik reply lalu send. Mari berkumpul dan selalu terhubung dengan HRD Forum. Milis diskusi HRD adalah media komunikasi dan diskusi yang dibentuk dan dikelola secara profesional oleh HRD Forum.

Terima Kasih & Silakan baca artikel HRD Lainnnya. Salam HRD !

One comment

  1. baru masuk 1 minggu, masih training, terkena musibah terjepit lift. apakah berhak meminta ganti rugi/pertangung jawaban? di rumah sakit pake bpjs kesehatan di tolak dan biaya di tanggung korban dng alasan harus pake jamsostek/bpjs ketenaga kerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*