Job Analysis adalah Analisa Jabatan | HRD Forum
Home | Public Training | Job Analysis (Analisa Jabatan)

Job Analysis (Analisa Jabatan)

Job analysis adalah proses mengumpulkan dan menganalisa informasi dan fakta tentang sebuah atau beberapa job position dimana hasil akhir job analysis ini adalah Job Description dan Job Specification.

Siapakah yang terlibat dalam proses job analysis? dalam proses analysis ini minimal melibatkan job analyst, supervisor dan job holder. Tetapi dalam beberapa metoda lainnya, job analysis dapat melihatkan banyak pihak seperti job analyst, atasan, rekan kerja, internal customer, bawahan dan job hoder itu sendiri ya mirip-mirip metoda 360 degree.

Dalam kelas-kelas training HRD Forum, saya sering mengatakan bahwa Job Analysis adalah pondasi HR business process. Pondasi adalah hal teramat penting yang pertama kali harus dibuat, karena itu HRD di semua perusahaan harus membuat dan melakukan proses job analysis. Sayangnya, banyak HRD yang melewati proses pembuatan pondasi yang bernama Job Analysis. Para HRD tersebut langsung masuk dalam proses pembuatan Job Description dan Job Specification.

Mengapa Job Analysis Penting?

Anda tahu apa yang dihasilkan dari proses Job Analysis? ya sebagian besar orang akan mengatakan bahwa job analysis akan menghasil Job description dan job specification, ya itu tidk salah. Tetapi jika Anda melakukan proses Job Analysis dengan lebih baik lagi, maka bukan hanya job description dan job specification yang Anda dapatkan, tetapi Anda juga akan mendapatkan standar kompetensi masing-masing job position, Key Performance Indicators (KPI) dan training needs dari job position tersebut. Ok sekarang kita sudah tahu bahwa ternyata jika kita melakukan proses Job Analysis dengan baik maka kita akan mendapatkan Standar Kompetensi, KPI, Training Needs, Job Description dan Job Specification, juga kita akan mendapatkan informasi-informasi lainnya yang tidak kalah pentingnya. Tertarik mengetahui cara membuat dan melakukan Job Analysis? baca disini Informasi Training Job Analysis.

Siapa Yang Terlibat dalam proses Job Analysis?

Pihak-pihak yang terlibat dalam proses job analysis adalah job analyst, supervisor/superior, job holder. Job Analyst mengumpulkan informasi dan fakta dari job holder dan superiornya dengan beberapa cara. Tidak jarang juga, yang melakukan proses job analysis adalah konsultan HRD, seperti HRD Forum yang sering diminta bantuannya oleh klien untuk membuatkan job analysis di beberapa perusahaan.

Metoda Job Analysis

Job analysis dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu ; Analisis Pekerjaan Fungsional, Wawancara, Kuesioner yang sering kita kenal dengan istilah PAQ dan catatan harian karyawan.

Kesuksesan Proses Job Analysis

Kesuksesan proses job analysis yang anda lakukan sangat tergantung dari : Komitmen top management, komitmen karyawan, kejelasan Komunikasi, pengalaman dan keahlian job analyst, Penggunaan staf ahli atau expert, metoda Pengumpulan data, persiapan penggunaan alat bantu dan adanya team pengawas.

Tertarik mengetahui proses job analysis dengan lebih jelas? ingin mampu melakukan job analysis? ikuti training job analysis di HRD Forum.

Terima Kasih telah memilih HRD Forum

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected]

  • Twitter : www.Twitter.com/hrdforum
  • Facebook : www.Facebook.com/hrdforum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*