Jasa Konsultan HRD Membantu Memberikan Solusi | HRD Forum
Home | Article | Jasa Konsultan HR Membantu Memberikan Solusi

Jasa Konsultan HR Membantu Memberikan Solusi

analisa-beban-kerja-workload-analysis-1Kemarin, beberapa hari yang lalu, HRD Forum mendapatkan permintaan untuk memberikan jasa konsultan HR di sebuah perusahaan besar di Indonesia. Jasa Konsultan HR yang diminta adalah melakukan pendampingan pembuatan Analisa Beban Kerja atau workload analysis.

Apa itu Workload Analysis ?

Workload Analysis atau Analisa Beban Kerja adalah suatu proses untuk menghitung beban kerja suatu job position atau Jabatan dan juga untuk mengetahui kebutuhan jumlah tenaga kerja atau orang untuk mengisi posisi atau jabatan tersebut.

Menurut Komaruddin (1996:235), yang dimaksud dengan Analisa Beban Kerja atau Workload Analysis adalah proses untuk menetapkan jumlah jam kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu, atau suatu proses Analisis Beban Kerja yang bertujuan untuk menentukan berapa jumlah tenaga kerja dan berapa jumlah tanggung jawab atau beban kerja yang tepat dibebankan kepada seorang tenaga kerja.

Pendampingan Pembuatan Analisa Beban Kerja

Mungkin sebagian perusahaan pernah melakukan analisa beban kerja, dan sebagian perusahaan lainnya belum pernah melakukan workload analysis atau analisa beban kerja. Bagi yang pernah melakukan analisa beban kerja pastinya sudah menyadari bahwa menghitung kebutuhan tenaga kerja yang tepat itu sangat penting.

Cost yang dikeluarkan perusahaan sangat tergantung dari berapa jumlah karyawan yang digunakan. Semakin banyak karyawan yang digunakan, maka semakin besar cost yang dikeluarkan.

Masalahnya, apakah jumlah karyawan di suatu bagian di perusahaan Anda itu sudah pas, kelebihan atau kekurangan ? anda sudah pernah menghitung ? Jika jumlah tenaga kerja di sutau bagian di perusahaan anda sudah pas, sesuai, itu artinya anda benar-benar beruntung, karena sangat efisien dalam kaitan cost yang anda gunakan untuk membayar tenaga kerja, di samping anda juga secara optimal menggunakan sejumlah tenaga kerja yang sesuai dengan beban kerja di bagian tersebut.

Bagaimana jika jumlah tenaga kerja di suatu bagian di perusahaan anda kelebihan orang ? tentu jadinya tidak efisien dan tidak efektif. Pemborosan uang dan waktu akan terjadi. Bagaimana jika ternyata jumlah tenaga kerjanya ternyata kurang ? artinya ada overload, kelebihan beban kerja yang cepat atau lambat akan membuat orang-orang akan kelelahan, demotivasi atau kondisi terburuk adalah akan terjadi banyak kesalahan atau reject yang akibatnya cost menjadi meningkat.

Proses analisa beban kerja yang dilakukan sebuah perusahaan menjadi sangat penting karena terkait dengan efisiensi dan efektifitas proses yang ujung-ujungnya akan sangat berpengaruh kepada profit dan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Jasa Konsultan HR – Analisa Beban Kerja

Dalam proses pendampingan analisa beban kerja, HRD Forum akan memulai dengan memberikan workshop dua hari mengenai analisa beban kerja. Diharapkan yang hadir adalah para supervisor dan manager dari semua bagian dalam perusahaan. Dalam workshop ini seleuruh peserta akan dibekali dengan ilmu untuk bagaimana melakukan analisa beban kerja dengan baik dan benar.

Setelah selesai melakukan workshop dua hari analisa beban kerja atau workload analisis, selanjutnya seluruh peserta harus menghitung beban kerja di bagian masing-masing dan HRD Forum akan melakukan pendampingan serta review apakah perhitungan dan analisa yang dilakukan sudah benar atau belum.

Output akhir dari program pendampingan ini adalah akan diketahui beban kerja suatu posisi dan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Jika perusahaan anda tertarik untuk menggunakan jasa konsultan HR dari HRD Forum, baik untuk jasa inhouse training atau pun pendampingan pembuatan analisa beban kerja, silakan hubungi HRD Forum di email ; [email protected] atau hotline 08788-1000-100

Salam HRD Forum ! Konsultan HR dan Komunitas HR Indonesia

One comment

  1. Siang…
    Cuti saya dipotong karena terlambat masuk kerja.
    Apa ada peraturan seperti itu di Depnaker?
    Mohon infonya. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*