Jadi Karyawan atau Pengusaha ? Itu Pilihan ! | HRD Forum
Home | Article | Jadi Karyawan atau Pengusaha ? Itu Pilihan !

Jadi Karyawan atau Pengusaha ? Itu Pilihan !

HRODP-hr-officer-developmenJADI KARYAWAN ATAU PENGUSAHA

Pencari kerja di Indonesia kini semakin melimpah. Apakah Anda sudah memikirkan akan menjadi karyawan atau berwirausaha? Seorang pengusaha cenderung senang dengan ketidakpastian, suka dengan hal-hal baru yakni suka bereksperimen serta senang untuk bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru.

Sedangkan tipe yang cocok untuk menjadi karyawan adalah mereka yang senang dengan kepastian, lebih senang ketika menerima perintah dan taat untuk mengikuti peraturan-peraturan perusahaan. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui lebih lanjutnya akan kami kupas satu per satu:

1.      Sebagai Karyawan

Yang terpikirkan pertama kali ketika akan menjadi karyawan adalah kenyamanan hidup. Menjadi seorang karyawan akan memiliki upah kerja yang tetap. Ditambah lagi dengan bonus, tunjangan, dan  fasilitas-fasilitas lain yang memberikan kemudahan hidup. Sehingga tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena sudah dapat terprediksi pemasukan per bulannya. Tidak heran ketika hal tersebut menjadi dambaan hampir semua orang.

Namun di sisi lain menjadi seorang karyawan harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada di perusahaan. Karyawan pun wajib menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan batas waktu yang ditentukan.

Perusahaan memiliki pemimpin di mana para karyawan harus loyal padanya. Pemimpin akan menilai kinerja para karyawan, yang nantinya akan menentukan besar kecilnya gaji ataupun bonus yang akan diterima. Perusahaan akan terus memantau tingkat produktivitas karyawannya karena itu akan mempengaruhi peroduktivitas perusahaan. Dan hal terpenting ketika menjadi seorang karyawan adalah dapat diberhentikan (PHK) sewaktu-waktu. Sehingga para karyawan akan berusaha dalam menunjukkan prestasi kerja yang baik.

2.      Sebagai Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah. Bayangan mengenai seorang pengusaha biasanya kaya raya dan hidup dengan enak. Hilangkan pemikiran seperti itu. Untuk menjadi pengusaha dibutuhkan ide-ide yang cemerlang. Tentu saja dengan tetap memikirkan sasaran konsumen dan peluang pasarnya. Pengusaha harus memikirkan keunikan dari barang atau jasa yang akan dibawanya ke dunia usaha. Apa saja yang menjadi keunikan dan keunggulan dari produknya akan membawa daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Selain pintar dalam menentukan produk unggulan, pengusaha harus memiliki kemampuan manajemen yang baik dan tanggung jawab  besar terhadap para karyawannya. Para karyawab harus mendapatkan hak atas beban kerja yang telah diterimanya.

Dalam proses berwirausaha akan mengalami jatuh bangun untuk membuat usaha. Sehingga pengusaha harus memiliki jiwa pantang menyerah untuk terus memutar otak dan memiliki orientasi tindakan agar usaha yang dijalaninya tetap berjalan dan mengalami peningkatan. Karena untuk menjadi seorang pengusaha tidak hanya berhenti ditahap berfikir, tetapi juga harus berani bertindak untuk memulai usaha. Oleh karena itu, menjadi pengusaha harus siap menghadari resiko-resiko yang tidak dapat diprediksi dan mampu untuk bangkit kembali.

Menjadi seorang karyawan atau pengusaha sama-sama baik. Yang terpenting adalah bagaimana Anda memilih sesuai dengan kemampuan  Anda. Jadi, berdasarkan uraian di atas manakah yang sesuai dengan diri Anda?

Artikel HRD dari HRD Forum akan terus hadir di hadapan Anda, pastikan terus mengikuti website www.HRD-Forum.com. Dapatkan juga agenda training HRD Forum sebagai alternatif pilihan kegiatan training perusahaan Anda. HRD Forum sebagai Komunitas HRD terbesar di Indonesia ingin mengajak seluruh praktisi HRD untuk ikut serta membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sebagai Konsultan HRD, HRD Forum memberikan jasa terkait pelatihan dan konsultasi di bidang HRD. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*