Ini Strategi Menghadapi Bos Galak di Kantor | HRD Forum
Home | Article | Ini Strategi Menghadapi Bos Galak di Kantor yang Perlu Diketahui!

Ini Strategi Menghadapi Bos Galak di Kantor yang Perlu Diketahui!

angry-boss-2Ini Strategi Menghadapi Bos Galak di Kantor yang Perlu Diketahui!

Saat kita memiliki bos atau atasan yang galak karena terlalu tempramental, tentu akan membuat suasana kerja menjadi menyebalkan dan tidak nyaman. Memiliki bos galak di tempat kerja memang bagai mimpi buruk. Apapun yang Anda lakukan di tempat kerja mungkin sering terlihat salah. Bahkan kesalahan kecil saja bisa membuat si bos menjadi marah, hingga membentak maupun mencaci anak buahnya. Jika sudah seperti ini, sudah bisa dipastikan bahwa karyawan dari bos tersebut (mungkin) akan memutuskan untuk ke luar dari perusahaan alias resign.

Memang dalam lingkungan kerja atasan berperan sebagai orang yang paling dominan dalam perusahaan. Namun bukan berarti setiap atasan berhak menjadi arogan, kemudian merasa dirinya selalu benar. Membuat karyawan menjadi tertekan tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik, bahkan kondisi terburuknya karyawan malah bisa tidak betah, yang akan mengakibatkan performance menurun dan resign menjadi jalan keluar terbaik menurutnya.

Lalu bagaimana jika Anda memiliki bos seperti ini? Apa yang akan Anda lakukan? Sebaiknya Anda mengantisipasi hal seperti ini dengan beberapa cara.

1. Tetap bersikap tenang dan bijaksana
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bersikap tenang dan bijaksana saat berhadapan dengan bos yang galak seperti ini. Sikap seperti ini akan membuat emosi Anda menjadi stabil, sehingga tidak akan mudah terpancing. Selain itu, Anda bisa melakukan pendekatan secara terarah. Sebisa mungkin lakukan pendekatan secara terencana, namun tidak menyerang secara langsung. Jika sudah berhasil dilakukan, Anda pasti akan lebih mudah dalam menghadapi bos Anda.

2. Memberikan inisiatif dan proaktif
Bos yang galak biasanya menuntut pekerjaan yang sempurna. Agar Anda bisa terhindar dari kemarahan si bos, Anda harus bisa memberikan hasil yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Sebisa mungkin Anda menunjukkan performa serta kinerja terbaik, agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk memiliki inisiatif dan proaktif agar bisa menciptakan prestasi yang memuaskan. Dengan begitu bos Anda juga bisa memperhitungkan posisi atau jabatan Anda sekarang. Prestasi yang baik akan menjadi nilai plus bagi masa depan karir Anda.

3. Menciptakan hubungan komunikasi yang baik
Anda harus bisa menciptakan komunikasi yang baik di dalam lingkungan kerja. Tidak hanya pada karyawan lainnya saja, namun yang paling utama kepada bos Anda. Perhatikan setiap perkataan yang Anda keluarkan. Jangan melakukan intervensi kepada bos Anda. Kemudian Anda juga harus bisa mempertanggungjawabkan perkataan Anda ketika sedang berkomunikasi dengan bos Anda. Sebaiknya Anda juga tidak membicarakan hal yang bersifat pribadi di depan bos Anda, tetap lah bersikap profesional.

4. Menghindari terjadinya konflik internal
Sebaiknya Anda jangan pernah menciptakan konflik dengan bos Anda, baik konflik kecil maupun besar. Terlebih lagi jika dilakukan di depan publik. Hal ini akan membuat Anda bisa dianggap menentang dengan aturan perusahaan yang telah ditetapkan oleh bos Anda. Anda harus ingat bahwa saat ini Anda memang sedang bekerja untuknya. Selain itu, Anda juga jangan semakin membuat konflik dengan membicarakan kejelekan bos Anda bersama rekan kerja Anda.

Itu tadi beberapa tips menghadapi bos galak yang bisa dicoba. Sebisa mungkin Anda harus menghindari hal-hal yang bisa berpotensi menjadi konflik. Ketika Anda menghadapi bos seperti ini, sebaiknya Anda jangan menyerah begitu saja kemudian memutuskan untuk resign. Jadikan hal ini sebagai tantangan dalam berkarir yang bisa memacu Anda untuk bisa lebih maju lagi.

Artikel HRD yang HRD Forum tampilkan semoga mampu memberikan warna lain dalam pengembangan diri rekan-rekan semuanya. HRD Forum sebagai komunitas HRD dan Konsultan HRD selalu memberikan tawaran training HRD dan pelatihan HRD yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*