Ini dia tips untuk mempersiapkan pelatihan HRD | HRD Forum
Home | Article | Ini dia tips untuk mempersiapkan pelatihan HR

Ini dia tips untuk mempersiapkan pelatihan HR

Ini dia tips untuk mempersiapkan pelatihan HR

Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis akhir-akhir ini, maka dibutuhkan beberapa inovasi untuk mengalahkan kompetitor. Demi meningkatkan daya saing perusahaan, maka kemampuan para pegawai harus ditingkatkan.

Dalam dunia kerja, ada banyak cara dalam meningkatkan kemampuan bekerja. Salah satunya adalah pelatihan HR yang diberikan oleh bagian personalia. Kualitas bekerja tidak hanya  ditentukan dari kemampuan satu bidang pekerjaan saja, diperlukan juga soft compentency bagi para karyawan dalam meningkatkan kualitas bekerja.

Agar SDM semakin berkualitas dibutuhkan pelatihan dan pendidikan yang berkesinambungan. Pelatihan ini bisa dilakukan perusahaan secara internal (in house training), maupun mengirimkan pekerja secara bergiliran ke training provider di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pelatihan ini secara umum digunakan untuk meningkatkan kualitas pekerja baik dari sisi kompetensi, manajerial, dan perilaku. Sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi perusahaan.

Pelatihan ini juga bertujuan menyiapkan pekerja – pekerja baru yang akan ditempatkan untuk posisi – posisi baru yang akan dikembangkan perusahaan di masa depan, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk mengisi jabatan tersebut.

Maka inilah yang menjadi dasar dari berbagai pelatihan HRD atau pelatihan HR dan berbagai workshop bagi karyawan sebuah perusahaan. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menyukseskan pelaksanaan pelatihan ini.

Berikut ini beberapa tips singkat pelatihan HR yang bisa digunakan.

Pahami Tujuan Pelatihan

Sebelum ikut dalam pelatihan atau workshop yang diadakan, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan dari pelatihan yang akan diikuti. Dalam sebuah pelatihan tentu memiliki tujuan berbeda-beda dan memiliki target untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta yang mengikuti.

Kemampuan-kemampuan tersebut bisa berupa kemampuan dalam bidang khusus atau soft skill dan kemampuan di bidang lainnya yang dapat digunakan dalam dunia kerja sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas bekerja.

Adapun pelatihan yang bertujuan untuk memunculkan kemampuan pada satu bidang yang khusus yang hanya beberapa orang saja yang membutuhkannya. Maka tujuan inilah yang harus Anda kenali terlebih dahulu sebelum mengikuti sebuah pelatihan personalia atau HR sehingga dapat menyelesaikannya dengan sukses.

Mengerti Pentingnya Melakukan Pelatihan

Maka hal ini yang harus Anda sadari bahwa pelatihan HR sangatlah penting dan sangatlah bermanfaat untuk Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja dan menambah kemampuan yang Anda miliki saat ini.

Pelatihan akan sangat efektif dan berguna dalam meningkatkan potensi kemampuan Anda, ketika seluruh tujuan dan proses pelatihan HR ini Anda pahami dengan sangat baik dan maksimal. Dengan pelatihan ini pun Anda bisa menentukan potensi yang lebih besar bagi Anda serta meningkatkan kemampuan.

Setelah mengikuti pelatihan, perusahaan diwajibkan melakukan evaluasi akan efektifitas dari pelatihan tersebut. Apakah pelatihan ini efektif membantu perusahaan dalam mencapai cita – citanya.

Terima kasih sudah menjadi sahabat HRD Forum, terus simak artikel-artikel keren HRD Forum !

@HRDForum2016

@HRDForum
#HRDForum
HRD Forum 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*