Ini dia 5 Tips Time Management yang Baik | HRD Forum
Home | Article | Ini dia 5 Tips Time Management yang Baik

Ini dia 5 Tips Time Management yang Baik

Bagaimana Supaya Bisa Punya Manajemen Waktu yang Baik?

time-management-do-it-2Semua perjalanan dan semua proses yang ada di bumi ini tak lepas dari waktu. Waktu memang tak terlihat tapi akan sangat merugi jika kita tak bisa mengelolanya dengan baik. Jika Anda tak pintar-pintar mengelola waktu maka akan ada resiko yang harus Anda dapatkan karena hal itu. Entah itu resiko yang menyebabkan tugas-tugas Anda menumpuk atau mungkin Anda akan mengalami stress karena banyak pekerjaan tidak tertangani dengan baik.

Maka dari itulah, Anda butuh yang namanya manajemen waktu. Apa itu manajemen waktu? Manajemen waktu adalah segenap upaya mengelola diri agar dapat mengalokasikan waktu dengan efektif dan tepat sasaran.

Ya, inti dari manajemen waktu adalah supaya Anda bisa mencapai target dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Target itu bisa bermacam-macam, mungkin saja hari ini target yang ingin Anda selesaikan adalah mengumpulkan arsip-arsip kantor, atau mungkin hari ini Anda juga harus menyerahkan berkas-berkas kepada pimpinan perusahaan. Semuanya itu bisa berbeda tiap masing-masing orang.

Apakah Anda saat ini merasa sudah punya manajemen waktu yang baik? Jika belum, sebaiknya simak ulasan mengenai manajemen waktu yang baik berikut ini:

1.        Hindari Pemborosan Waktu

Anda mungkin pernah tak sadar melewatkan waktu hanya dengan duduk melihat tumpukan-tumpukan pekerjaan tanpa menyentuhnya sekalipun. Atau mungkin saja pada suatu kesempatan Anda mencari-cari barang tapi susah sekali ditemukan karena Anda lupa menaruhnya dimana.

Contoh aktivitas di ataslah yang dinamakan dengan pemborosan waktu. Anda memang mungkin seringkali luput menyadarinya, sampai-sampai Anda telah menghabiskan banyak waktu tapi sama sekali tidak produktif.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Pertama sadarilah segala aktivitas Anda yang termasuk  dalam pemborosan waktu dan buatlah daftarnya. Selanjutnya Anda bisa sedikit demi sedikit merubah kebiasaan Anda dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membuang-membuang waktu Anda.

2.        Tetapkanlah Target

Ya, penting sekali untuk Anda menetapkan target-target apa yang ingin Anda capai. Dengan begitu, kegiatan Anda akan lebih terarah dan tentunya Anda bisa mengelola waktu dengan lebih baik serta terhindar dari pemborosan waktu seperti yang telah disebutkan di atas.

3.        Tentukan Prioritas

Selain menetapkan target, hal penting lainnya dalam mengelola waktu dengan baik adalah menentukan prioritas. Tentukankanlah mana yang penting dan segera Anda kerjakan, maupun yang bisa Anda kerjakan setelah yang penting dan segera itu telah Anda selesaikan. Prioritas yang Anda tentukan akan membawa Anda kepada hasil yang lebih baik.

4.        Lakukanlah Komunikasi Efektif

Dalam pekerjaan atau yang lainnya, komunikasi dengan orang lain juga tentu diperlukan. Usahakanlah berkomunikasi dengan orang lain lebih efektif. Berkomunikasilah secara singkat, padat, dan jelas sehingga Anda bisa terhindar dari pemborosan waktu.

5.        Hindari Penundaan

Ya, seringkali kita menunda-nunda apa yang seharusnya kita kerjakan sekarang. Akhirnya kita sendiri yang kesulitan dalam menyelesaikannya. Apa yang biasanya menyebabkan penundaan?

Penyebab terbesar penundaan biasanya karena ada hal-hal yang tidak menyenangkan saat kita akan memulai bekerja atau menyelesaikannya. Maka jika itu terjadi kepada Anda, usahakanlah untuk selalu bisa memotivasi diri Anda, agar hal yang tidak menyenangkan tersebut paling tidak bisa terlewati dengan baik.

Penundaan juga bisa terjadi karena merasa kesulitan dan ragu untuk mengerjakannya. Jika seperti itu, Anda bisa mengkomunikasikannya dengan teman ataupun kolega. Carilah informasi sebanyak mungkin sehingga Anda bisa mengerjakannya dengan tepat.

Itulah beberapa ulasan mengenai bagaimana supaya Anda bisa mempunyai manajemen waktu yang baik. Semoga dengan melakukan beberapa tips di atas, Anda akan punya manajemen waktu yang lebih baik lagi.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel HRD Forum, semoga kehadiran HRD Forum membawa manfaat untuk semua member.

Salam Komunitas HRD Forum

@HRDForum – 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*