Tips Untuk Sukses Berelasi dengan Orang Baru. | HRD Forum
Home | Article | Ikuti Tips Berikut Untuk Sukses Berelasi dengan Orang Baru

Ikuti Tips Berikut Untuk Sukses Berelasi dengan Orang Baru

training-hrd-indonesiaBaru Diterima Bekerja? Ikuti Tips Berikut Untuk Sukses Berelasi dengan Orang Baru.

Kehidupan sebagai seorang pekerja bisa dikatakan sangat berbeda dengan kehidupan semasa Anda masih menyelesaikan studi. Selain rutinitas yang berbeda, Anda berhubungan dengan orang yang berbeda pula. Semasa studi Anda berhubungan dan berkomunikasi dengan orang yang memiliki latar pendidikan sama sehingga komunikasi bukanlah sebuah hal yang sulit mengingat pola pikir, pandangan, dan kebiasaan Anda dengan lawan bicara relatif sama.

Sayangnya, kegagalan komunikasi kerap menjadi permasalahan bagi sebagian orang yang baru mulai bekerja. Padahal seperti yang kita ketahui, komunikasi merupakan kunci untuk membangun hubungan relasi hingga pekerjaan profesional yang baik. Kemampuan ini merupakan tameng depan Anda untuk sukses berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya.

Bagi Anda yang merasa kesulitan membangun komunikasi hingga relasi yang baik dengan rekan kerja, terutama apabila Anda adalah seorang lulusan fresh graduate dan belum pernah memiliki pengalaman kerja, kami akan menyajikan beberapa tips sukses bergaul di kantor yang kami harapkan bisa membantu Anda menyelesaikan permasalahan komunikasi yang Anda hadapi. Berikut ulasannya.

Biasakan untuk murah senyum dan menyapa rekan kerja.

Senyum merupakan senjata yang cukup ampuh untuk mencairkan suasana. Menunjukkan ekspresi ramah, bahagia, apalagi dengan mengucapkan salam meskipun Anda mungkin belum mengenal orang yang Anda temui bisa menjadi salah satu cara untuk mempermudah Anda menjalin komunikasi dengan orang baru. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan karena senyum bisa mengundang orang untuk lebih dulu memperkenalkan diri dan hal ini sangat berguna bagi Anda yang termasuk dalam kategori pribadi introvert.

Jadilah orang yang mudah memaafkan.

Tidak ada orang yang sempurna dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Entah disengaja atau tidak, Anda pasti akan menemui beberapa kesalahan yang sama terulang kembali dan mungkin orang yang sama pulalah yang melakukannya. Setiap orang melakukan sesuatu pasti ada alasannya. Jangan menghakimi orang yang berbuat salah karena dia tidak bisa bekerja atau tidak tahan terhadap aturan yang ada. Mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi tingkah lakunya. Anda pun juga berpotensi melakukan kesalahan yang sama juga. Memberi tanggapan negatif seperti mengeluh dan memarahi tidak akan memperbaiki keadaan, pekerjaan, hingga relasi Anda. Jadilah orang yang mudah memberikan maaf terhadap kesalahan orang sembari menyemangati rekan Anda bila Anda tahu alasan atau perkara yang mungkin sedang dihadapinya.

Berbuat baik menjadi kunci Anda bisa diterima oleh lingkungan kerja Anda.

Bekerja memang bukan sebuah perkara yang mudah. Hal ini diperparah bila Anda tidak menyukai pekerjaan Anda hanya karena masalah kecil seperti hubungan relasi dengan rekan kerja. Apapun yang terjadi, tetaplah menjadi pribadi yang baik dalam lingkungan kerja dan lingkungan sosial lainnya. Anda tidak akan rugi apapun dengan kebiasaan ini, justru Anda melatih kesabaran Anda sehingga Anda bisa lebih tenang ketika menghadapi masalah yang lebih besar dan menguji ketahanan mental Anda.

Itulah ulasan singkat dari beberapa tips sukses bergaul di kantor yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi lingkungan kerja Anda. Hal yang terpenting, Anda harus tetap menjadi diri Anda sendiri dan kenalkan pada dunia bahwa tidak Anda kedua. Hal inilah yang akan membuat Anda lebih dikenal orang lain dan lebih mudah membangun komunikasi serta relasi yang baik.

**

HRD Forum akan selalu menampilkan Artikel HRD yang menarik dan menambah knowledge bagi pembacanya. HRD Forum sebagai Komunitas HRD terbesar di Indonesia akan selalu berusaha untuk berkonstribusi positif bagi kemajuan industri bisnis di Indonesia.

HRD Forum secara konsisten mengadakan training HRD dan konsultasi HRD guna mendukung peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*