Human Resources : What is HRD? | HRD Forum
Home | Article | Human Resources : What is HR?

Human Resources : What is HR?

Human Resource dalam kamus bahas inggris – indonesia diartikan sebagai Sumber Daya Manusia dan biasa disingkat menjadi SDM. Dalam perusahaan, unit kerja atau departemen yang mengurusi banyak hal terkait urusan karyawan, peraturan, kedisiplinan, hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan yang biasa kita kenal dengan istilah industrial Relation atau hubungan industrial, perekrutan, training & development, performance management, coaching, penilaian kinerja, dll umumnya dipegang dan dikendalikan oleh Human Resource departement (HR Department) atau bagian SDM. Melihat dari banyaknya hal-hal penting yang diurusi, kita dapat menilai bahwa fungsi HR sangat penting, sangat sentral, bukan begitu?

Pada kenyataaanya memang demikian, HR atau Human Resources departemen sangat memegang peranan penting terhadap maju mundurnya perusahaan, mengapa ? karena HR mengurusi, mengelola, menyiapkan, mengembangkan, orang-orang / karyawan yang ada dalam perusahaan. Terlihat bahwa fungsi HR di perusahaan sangat penting bukan? Tetapi mengapa dalam praktek di banyak perusahaan, peran HR seperti dikecilkan, bahkan kadang tidak dianggap keberadaannya.

Ironis memang, peran HR, peran Human resource dianggap penting sekaligus dianggap tidak penting, mengapa? semua jawaban yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda, mungkin dapat mewakili kenyataan, mengapa HR sering dianggap penting tidak penting.

Kalau HR penting, mengapa dalam prakteknya justru dianggap tidak penting, sesungguhnya apa yang terjadi dengan HR kita? What is HR sebenarnya? apakah ada perbedaan mendasar antara konsep, antara teori dengan kenyataan di lapangan?

What is HR ? apakah definisi yang kita berikan sudah benar?

Inilah Pekerjaan rumah kita, PR kita bersama sebagai praktisi HR. Apakah yang harus kita lakukan sebagai praktisi HR agar HR Departemen dapat dianggap penting dalam praktek bisnis di perusahaan?

HR di Perusahaan saya PENTING !

Mungkin itu reaksi Anda saat membaca artikel yang berjudul Human Resources : What is HR ? ; “hmmm…HR di perusahaan saya penting banget kok” ; jika itu reaksi Anda, BAGUS ! itulah yang diharapkan bersama.

HR di Perusahaan Saya Gak Penting !!

Nah, mungkin sebagian dari pembaca mengatakan, “HR di tempat Saya belum penting”, “Kerjaannya hanya nambah-nambahin kerjaan depertemen lain yang sudah sangat sibuk”, “HR datang, kita repot deh”, atau suara-suara sumbang lainnya. Jika masih terdengar suara-suara miring seperti ini, maka langkah yang tepat adalah, bekali para manager dan supervisor dari semua departemen dengan pelatihan “HR for Non HR” ; apa manfaatnya? pertama membuka mata hati para supervisor dan manager bahwa fungsi HR sangat penting demi kelangsungan bisnis perusahaan. Kedua sebagai upaya membentuk sebuah super team yang terdiri dari para supervisor manager yang akan membawa perusahaan menuju kejayaan.

HR di Perusahaan Kelas Dunia !

Rekan kami yang berasal dari sebuah perusahaan kelas dunia memberikan testimoni, bahwa peran dan fungsi HR departement di perusahaannya sangat penting, HR dapat duduk sejajar dengan dewan direksi saat rapat-rapat penting bisnis perusahaan, HR dilibatkan secara aktif dalam penentuan strategi bisnis perusahaan. HR dilibatkan secara penuh dalam pembuatan program kerja perusahaan. Intinya HR punya peranan penting disana !

Bagaimana dengan HR di perusahaan Anda ?

Tertarik dengan pelatihan HR Management for HR? atau pelatihan HR for Non HR? HRD Forum siap memberikan inhouse training di perusahaan Anda ! silakan diskusikan dengan HRD Forum tanggal dan lokasi pelaksanaannya hanya di email : [email protected] atau Hotline HRD Forum di 08788-1000-100.

Terima Kasih telah memilih HRD Forum

HRD Forum on Twitter @HRDForum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*