HR Business Partner : Arti, tugas dan tanggung jawab |
Home | Article | HR Business Partner : Arti, tugas dan tanggung jawab

HR Business Partner : Arti, tugas dan tanggung jawab

Rekan-rekan HRD Forum di seluruh dunia, apakabar?

Semoga rekan-rekan semua selalu dalam kondisi yang baik dan sehat-sehat ya.

Dalam artikel kali ini HRD Forum akan menguraikan tentang apa itu HRBPHR Busisness Partner.

Rekan-rekan HRD Forum, di tahun 2022, memang sudah selayaknya para HR naik kelas menjadi HRBP. Yuuk Kita simak bersama.

Apa sih sebenarnya HRBP itu?

Yuuk kita simak uraian tulisan di bawah ini, mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan semua terkait pemahaman tentang HRBP. Selamat menikmati.

Rekan-rekan, Kami akan mulai dengan apa sih sebenarnya tugas dan tanggung jawab praktisi HRBP? Apa Job descriptionnya?

Job Description dari HR Business Partner (mitra bisnis SDM) bervariasi di seluruh perusahaan.
Namun, ada beberapa tanggung jawab dan kompetensi yang khas, dan persyaratan kualifikasi yang akan kami uraikan untuk membantu Anda memahami seperti apa peran HRBP.

Ikhtisar pekerjaan

  • Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, HRBP adalah Mitra Bisnis SDM.
  • HR Business partner (atau disingkat HRBP) membantu menyelaraskan people strategy perusahaan (strategi SDM) dengan strategi bisnisnya.
  • HRBP tidak hanya berperan sebagai administrative expert dan a people champion, tetapi juga berperan sebagai agen perubahan dan mitra strategis bisnis bagi perusahaan.
  • Bersama dengan manajer lini, HRBP bekerja untuk menetapkan prioritas, mendorong dan menciptakan value perusahaan, dan memberikan hasil bisnis.
  • Bergantung pada ukuran perusahaan atau organisasi, HRBP dapat bertanggung jawab atas ratusan hingga ribuan karyawan.
  • HRBP adalah bagian dari HR Depertament (departemen SDM).
  • Posisi HR Business Partner (HRBP) bertanggung jawab untuk menyelaraskan tujuan bisnis dengan karyawan dan manajemen di unit bisnis yang ditunjuk.
  • Posisi tersebut merumuskan kemitraan di seluruh fungsi SDM untuk memberikan layanan bernilai tambah kepada manajemen dan karyawan yang mencerminkan tujuan bisnis organisasi.
  • HRBP mempertahankan tingkat literasi bisnis yang efektif tentang posisi keuangan unit bisnis, rencana jangka menengahnya, budayanya, dan persaingannya.

Tanggung jawab HRBP – HR Business Partner

Tanggung jawab yang tepat dari HRBP sangat bervariasi tergantung pada industri, ukuran perusahaan, tujuan strategis, kematangan organisasi HR mereka, dan sebagainya.
Namun, ada beberapa tanggung jawab yang tetap sama untuk semua Mitra Bisnis SDM (HRBP).

1. Perencanaan strategis

HRBP yang baik harus dapat membantu perusahaan atau organisasi mereka menjadi siap di masa depan dengan berfokus pada tenaga kerja yang ada dalam perusahaan atau organisasi dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik.

Area yang perlu mereka kerjakan meliputi:

Reskilling dan upskilling:
mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan membantu fungsi L&D dalam menyelaraskan program pelatihan dengan tujuan bisnis

Perencanaan tenaga kerja strategis:
memastikan tenaga kerja perusahaan memiliki ukuran, bentuk, biaya, dan kelincahan yang tepat untuk masa depan

Perencanaan suksesi:
pilih dan kembangkan talenta kunci untuk memastikan ada talenta untuk mengisi peran penting di setiap posisi jabatan di perusahaan.

2. Coaching and consulting leadership about HR matters

Mitra Bisnis SDM – HRBP harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tantangan saat ini dan masa depan yang dapat memengaruhi karyawan atau orang-orang di perusahaan atau organisasi mereka. Ini adalah bagaimana HRBP dapat memberikan saran dan pembinaan yang efektif kepada semua stakeholders.

Namun, HRBP seharusnya hanya menjadi penasihat (advisor) dan konsultan (consultant) saja dan tidak atau bukan mengurus semua hal. Tugas mereka adalah memberdayakan kepemimpinan untuk menangani masalah karyawan atau orang di dalam perusahaan atau organisasi.

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab yang dapat kita lihat dalam Job description seorang HRBP:

  • Melakukan pertemuan mingguan atau dua mingguan dengan para pemimpin bisnis dan berikan saran SDM jika diperlukan.
  • Mendapatkan informasi terbaru tentang undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan, serta persyaratan hukum lainnya terkait manajemen sumber daya, untuk membantu para pemimpin memastikan kepatuhan.
  • Memberikan panduan tentang pembuatan dan implementasi proses dan kebijakan SDM

3. Membangun organisasi yang kompetitif

HRBP membantu organisasi mereka mendapatkan dan mempertahankan klien atau customer dan memperoleh serta mempertahankan talenta terbaik.
Oleh karena itu, untuk membantu perusahaan tetap berada di top market, pekerjaan HRBP secara garis besar ada dua yaitu :

Pertama; HRBP memainkan peran penting dalam bisnis perusahaan , dimana HRBP harus atau dapat menyusun strategi, melatih, dan beradaptasi untuk mengembangkan produk terbaik. Tanggung jawab yang termasuk dalam deskripsi pekerjaan HRBP dapat mencakup:

  • Melakukan bimbingan Performance Management (manajemen kinerja) sehari-hari kepada manajer lini (misalnya pendampingan, perencanaan karir, pembinaan, dll.)
  • Membantu manajer lini menangani masalah organisasi, karyawan atau orang, dan hal-hal yang terkait dengan perubahan.
  • Mengoptimalkan desain organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kinerja bisnis

Kedua; Para profesional SDM ini juga penting dalam memastikan bahwa bisnis dapat menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Mereka mungkin perlu mengerjakan:

  • Berkolaborasi dengan anggota tim SDM lainnya dalam menerapkan strategi rekrutmen yang inovatif dan inklusif.
  • Mengembangkan atau membantu dalam mengembangkan strategi kompensasi dan manfaat masa depan.
  • Menerapkan intervensi penghargaan dan pengakuan untuk meningkatkan hasil akhir dan keterlibatan karyawan

4. Being a company culture and employee experience champion

Membantu membangun dan memelihara budaya organisasi yang kuat, serta terus meningkatkan pengalaman karyawan, merupakan tanggung jawab inti HRBP untuk selalu siap menghadapi masa depan.

Perusahaan akan sering meminta HRBP untuk:

  • Memberikan saran inisiatif terkait budaya, seperti transformasi budaya.
  • Menerapkan intervensi HRM pada kesehatan karyawan, keragaman dan inklusi, atau Talent Management (manajemen bakat).
  • Bekerja sama dengan manajemen dan personel untuk menyelesaikan konflik dan membantu memfasilitasi hubungan karyawan yang positif, memelihara lingkungan kerja yang baik, membangun moral, dan mengurangi Turnover (pergantian) yang tidak diinginkan.

Ingatlah bahwa tanggung jawab HRBP tidaklah selalu sama disetiap level atau tingkatan. HRBP senior (yang dapat menjadi VP SDM atau manajer SDM senior) biasanya akan memiliki peran strategis yang lebih tinggi dan akan menjadi orang yang memimpin pembahasan dan diskusi bisnis. Dengan demikian, ia akan lebih fokus pada perencanaan strategis, atau kepemimpinan pembinaan dan konsultasi tentang masalah SDM.

Sementara itu, HRBP tingkat menengah (juga disebut manajer SDM junior) adalah orang yang berkontribusi dalam percakapan bisnis. Ini berarti bahwa sebagian besar tanggung jawab mereka akan terkait dengan membantu HRBP senior dalam tugas pembinaan mereka, membantu manajer lini menangani masalah yang berhubungan dengan orang, atau berpartisipasi dalam proses pengembangan strategi SDM.

Demikian artikel terkait HR Business Process, artikel ini akan Kami lanjutkan dengan uraian apa kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang praktisi HRBP, silakan simak di artikel-artikel HRD Forum selanjutnya.

– Source : dari beberapa sumber

:: Catatan :

Ingin memiliki Jadwal Training HRD Forum yang terbaru? Silakan KLIK di sini. Agenda Training HRD Forum Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!