Larangan Sarapan di Kantor | HRD Forum
Home | Article | Diskusi HRD : Larangan Sarapan di Kantor

Diskusi HRD : Larangan Sarapan di Kantor

Dikutip dari milis [email protected] yang dikelola oleh HRD Forum. Diskusi tentang larangan sarapan di area kantor cukup menarik dan mendapat tanggapan yang beragam dari peserta diskusi HRD. Diskusi dimulai dari pertanyaan dari salah satu member [email protected] yang meminta pendapat dari rekan-rekan HRD tentang pelarangan sarapan di area kantor. Agar lebih lengkapnya silakan ikuti diskusi ini.

TANYA :

Dear Colleagues,

Saya ingin sharing tentang peraturan baru kantor saya yang melarang karyawan untuk sarapan di area kantor. Menurut saya selama diluar jam kerja (pagi: sebelum jam setengah 9 dan sore: setelah jam setengah enam). Menurut atasan kami, hal tersebut (re: sarapan) dapat dilakukan di rumah masing-masing, di kantor adalah untuk kerja.

FYI, selama ini karyawan tidak pernah makan selama jam kerja berlangsung, aktifitas makan selalu dilakukan sebelum jam kerja dimulai ataupun sore hari diluar jam kerja, hal ini namun tetap dilarang oleh atasan kami. Adakah pembenaran mengenai hal ini, sementara banyak karyawan kami yang lokasi rumah ke kantor cukup jauh, sengaja tiba dikantor sangat pagi sekali untuk melakukan aktifitas sarapan pagi karena mereka tidak sempat melakukan di kantor sebelum berangkat kerja.

Mohon bantuan pendapat kawan-kawan HRD..

Terimakasih,

JAWABAN / TANGGAPAN :

Rekan,

Saya tidak tahu ttg pembenaran atas hal ini, tapi setahu saya tidak dilarang.

Kalau memang tidak boleh sarapan dalam kantor, bisa dilakukan di luar kantor. Misal warung sekitar kantor. Jarak sebaiknya jangan dijadikan alasan karena pekerja yg profesional tahu dan bisa antisipasi semua risiko saat melamar ke perusahaan.

Salam / Riyan

Sahabat HRD Forum,

Saya pribadi selalu berpikiran positif saat perusahaan mengeluarkan sebuah peraturan, dimana peraturan tersebut dibuat demi kebaikan kita bersama.

Mengacu dari pikiran dan kesadaran saya tersebut, sudah selayaknya kita sebagai anggota organisasi atau anggota dari perusahaan mengikutinya.

Bagaimana dengan rekan-rekan yang belum sarapan ?? ada 1001 cara untuk sarapan diluar kantor, bukan begitu?

salam / Shinta

Mari kita bangun Indonesia menjadi lebih positif, dimulai dari diri kita sendiri.

Dear,

Sedikit masukan dari saya sebagai pertimbangan, karena di tempat saya dulu, kami juga pernah mengeluarkan peraturan demikian, melarang karyawan makan di dalam kantor

Penyebebanya adalah, walau pun pada umumnya yang suka makan di kantor kebanyakan wanita, namun setelah selesai makan, tidak mau membersihkan sendiri, mungkin karena kebiasaan di rumah ada pembantu. Akibatnya, bekas tempat makan yang ditinggalkan sering kotor, dan sisa makanan bertebaran. Hal itu mengundang banyak semut, pada hal di dalam ruangan tersebut banyak komputer yang sangat rentan terhadap kotoran seperti itu

Apakah bukan karena hal seperti itu maka muncul ada larangan di tempat Anda?

Simon J. Sibarani

Ikutan,

Mungkin larangan ini muncul agar kita tampil beda dengan PNS.

M.Ridwan

Kalo aktifitas makan tersebut dilakukan di pantry / kantin karyawan, menurut saya sah2 saja, sepanjang dilakukan diluar jam kerja…tapi kalo dilakukan di tempat kerja, saya mendukung larangan tersebut karena tempat kerja memang untuk bekerja, bukan untuk makan..

dicky

Sudah lah, sarapan aja menjadi masalah. Klo memang kebijakan dr perusahaan seperti itu ya laksanakan. Selama tidak mengurangi hak dari karyawan.

Idhan

dear mba

1 kata untuk management ” terla……luuuuuuuuuuuuuuuuu”

Elin

Dear mba,

Mungkin perlu ditanyakan alasan kenapa melarang karyawan makan di area kantor.

Kalau perusahaannya perusahaan logistik yang menyimpan makanan yang rentan akan serangga dsb, dan makanan yang berbau bisa menyebabkan datangnya semut, hama, dsb, jadi bisa jadi kebijakan manajemen itu tepat.

Pun demikian harusnya manajemen menyiapkan ruangan khusus (mgkn pantry, atau semacamnya) agar semua aktivitas sarapan terkonsentrasi di situ dan mengeliminir kemungkinan serangan hama, semut, dsb ke produk2 yang disimpan tersebut.

Thanks / vice.versaof

Salam ..

Mungkin yang ditakutkan perusahaan akibat sarapan dikantor

1. jam kerja jadi kurang efektif

2. Karyawan Bermalas malasan setelah makan

3. Sampah yang berserakan

Menurut saya dengan jika banyak karyawan yg rumahnya jauh Malah lebih baik jika sarapan dikantor

(Selama diluar jam kerja)

apalagi jika karyawan tersebut punya sakit maag atau gangguan pencernaan

Mungkin ibu bisa mencoba untuk merundingkan ke pimpinan dengan alasan kesehatan karyawan

sekedar opini

Warm Regards / Daryl Gumilar

Dear rekan,

Dari sudut pandang saya kemungkinan kok perusahaan mau membuat budaya baru bagi karyawannya heheh :

1. Dengan tidak sarapan di kantor atau area kantor maka kantor lambat laun menjadi bersih baik dari sampah maupun dari pedagang K – 5 yg kadang ga bisa di atur karena hanya mengejar kepentingan sendiri

2. Perusahaan mau membangun sebuah kebiasaan bagi karyawannya untuk hidup hemat. Dengan sarapan di rumah itu berarti karyawan bisa lebih bijak menggunakan uang, dan bisa menabung. Mengingat kebiasaan orang Indonesia punya uang dikit makan, punya uang dikit belanja, punya uang dikit jajan dan menjajakan sesuatu yg sebetulnya “tidak perlu”

3. Seperti yg di katakan di awal supaya fokus kerja, ini berarti memang mengejar produktifitas. Jika produktifitas naik maka kwantitas manusianya mau tidak mau harus upgreat. Dan ini menjadi linkaran kebutuhan yg baru di mana karyawan nantinya memiliki dinamika kinerja dan kehidupan termasuk juga dinamika ekonomi.

Mungkin ini bisa di jadikan bahan perenungan

Menyambung apa kata teh Shinta untuk selalu positif thinking

Best Regards / Efendi

Yth Netter,

Jika sarapan pk 06 pagi maka sekitar pukuel 10 gula darah sudah sangat menurun. Otak jadi kacau dan pekerjaan kurang berhasil. Jika diberikan minum themanis saya fungsi otak kembali normal. begitu siklusnya stiap empat jam. Jika diberikan snack juga lebih baik.

Udara ruangan kantor mempunyai kelembaban yang rendah. 85% tubuh adalah air, sehingga pekerja sering kekurangan air. Gejalanya mudah marah dan tekanan darah naik. Untuk itu dianjurkan minum. Minum sebanyak sampai air seni jernih (lihat lampiran)

Salam / Dr Sudjoko KUSWADJI MSc(OM) PKK SpOk

Dear Mbk,

Makan di ruang/tempat/area kerja mmg tidak sepantasnya dilakukan. Ada hal2 yg perlu dicermati misalnya : jika krywn makan dimeja kerja akan ada sisa makanan disekitarnya, jg bila ada klien/tamu masuk di area kerja melihat krywn sdg makan atau melihat piring di meja kerjanya, tentu menjadi pemandangan/image yg krg baik ya…utk perusahaan tsb.

Sebaiknya bila karyawan mau makan hrs disediakan ruang makan khusus (pantry). Sediakan tempat/meja makan yg proporsioanal dan kalau mau makan bisa secara bergantian. Pantry biasanya jg dilengkapi dispenser, microwave, lemari es dan peralatan makan dan minum secukupnya.

Silakan bila ada teman yg ingin menambahkan.

Salam / Siti

Dengan Hormat,

Rekan-rekan, beberapa perilaku yang saya amati mengenai sarapan di kantor ini adalah :

1. Karyawan meninggalkan sampah dan aroma (meskipun tidak berbau busuk) tetapi cukup mengganggu suasana ruangan kantor karena aroma tersebut fresh sesaat setelah sarapan sebelum dimulai pekerjaan. untuk ruangan yag kecil akan sangat terasa.

2. Perilaku karyawan yang pada akhirnya nyerempet atau malah melewati waktu dimulainya pekerjaan, seperti jika waktu kerja dimulai pukul 08.00, masih ada karyawan yang sarapan pukul 08.05 atau 08.10 atau lebih. Mereka bisa merasa santai melanjutkan sarapannya karena beranggapan mereka toh tidak terlambat masuk kantor.

Saya tidak menganggap pelarangan ini keliru, jika sudah menjadi aturan ya wajib diikuti, tetapi jika bisa ada cara lain seperti boleh sarapan di kantor asal tidak membuat sampah, meja kerja dan ruangan bersih dan tak ada aroma mengganggu dan pastinya aktivitas sarapan selesai 5-10 menit sebelum waktu kerja dimulai.

demikian pendapat saya, terima kasih.

Salam/Adek Susanto

Salam HR,

Sepertinya perlu ditanyakan lbh detil alasannya mengapa tdk boleh sarapan diluar kantor, jika tidak melanggar jam kerja sepertinya ada alasan lain, misalnya sampah akibat sisa makanan td yg menyebabkan para kucing juga datang berkunjung ke kantor Anda, akibatnya juga kurang baik bagi image perusahaan Anda.

Atau mungkin ada alasan lain yang kuat bagi atasan Andabshg mengeluarkan kebijakan tsb, coba didiskusikan lbh lanjut.

Gbu / Ferry

Dear All,

Mungkin bahasa peraturannya lebih diperhalus dan terkesan bukan suatu larangan melainkan suatu pemberitahuan dan menjadi kesadaran para karyawan untuk tidak sarapan pagi pada saat jam kerja diarea kantor. Pengalaman saya memang banyak karyawan datang ke kantor jam 8 terus sampe kantor sarapan dulu sambil ngobrol2 sama rekan kerja lalu nyalain komputer dan mulai kerja akhirnya jam 9 sehingga atas dasar itu dikantor saya dulu dibuat peraturan tidak boleh sarapan pada saat jam kerja dan diarea kantor.

Br / Ariv

Perlu diperjelas dulu, sarapan di kantor ini dimana tepatnya. Menurut saya, yg dilarang makan itu di area tempat bekerja, apakah di ruang kerja atau di kubikal tempat bekerja. Kalau di pantry atau ruang makan, tdk masalah.

Tidak setiap karyawan peduli dgn kebersihan area kerjanya setiap kali habis makan. Sisa-sisa makanan (paling sering cemilan) disekitar area tempat kerja bisa mengundang semut, kecoa, bahkan tikus (kalau yg ini sdh “parah”).

Di tempat sy juga diberlakukan aturan itu setelah inspeksi sanitasi dan higiene dari safety menemukan bnyk remah2 cemilan, keyboard yg berminyak, dll. Utk area2 yg agak pribadi, cleaning service biasanya tdk berani membersihkan. Di beberapa meja karyawan ditemukan gerombolan semut di bawah di sela2 tumpukan dokumen dimana disekitar situ ditemukan banyak remah2 cemilan bahkan sisa nasi.

Memang hanya beberapa karyawawn yg bgtu, tapi setitik nila merusak susu sebelanga. Maka keluarlah aturan tdk boleh makan di area kerja. Kalau mau makan silakan ke ruang makan yg sdh disediakan. Awalnya bnyk yg tdk setuju tapi setelah disampaikan hasil inspeksi + foto2nya akhirnya semua karyawan mengerti.

Salam / Rizal

Dear,

Menurut saya jika itu sudah menjadi kebijakan perusahaan, kita sebagai karyawan wajib mengikutinya.

salam / Sari

Tertarik untuk ikut dalam diskusi HRD bersama praktisi HRD se Indonesia? Bergabunglah sekarang juga ! dengan mengirimkan email kosong ke : [email protected] : atau KLIK Disini Untuk Bergabung : Terima Kasih telah memilih HRD Forum.

2 comments

  1. Dear

    kalau ruangan kantor sirkulasi udaranya tertutup, maka jika ada karyawan yang menggunakan kantor sebagai tempat sarapan aroma nya akan menggangu karyawan lainnya, sah sah saja jika dasar dari kebijkan perturannya seperti itu, kita harus ikuti aturan

  2. dear rekan

    Mengenai larangan makan dikantor menurut saya ada benarnya juga.. karena kantor bukan tempat makan. Biasanya ada kantor yang menyediakan kantin/cafetaria disana bisa dijadikan tempat untuk sarapan atau makan siang/sore. bagi kantor yang tidak menyediakan kantin/cafetaria ya seperti rekan-rekankatakan alternatif lain warung juga bisa dijadikan tempat.

    Demikian semoga bisa menjadi perhatian..
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*