Dharmawan Elizeus Ochner, Bank BTPN Syariah | HRD Forum
Home | Wawancara | Dharmawan Elizeus Ochner, Bank BTPN Syariah

Dharmawan Elizeus Ochner, Bank BTPN Syariah

Halo sahabat HR Indonesia apakabar? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Sama seperti wawancara dengan praktisi HR sebelumnya, tujuan kami menampilkan profil HR Indonesia agar sesama praktisi HR Indonesia agar bisa saling mengenal. Yuuk langsung kita simak saja hasil wawancara HRD Forum dengan pak Dharmawan Elizeus Ochner seorang learning & talent management di Bank BTPN Syariah.

Halo apakabar Pak Dharmawan Elizeus Ochner? Bisa Anda Perkenalkan diri Anda kepada pembaca website www.HRD-Forum?

Hai nama saya Dharmawan Elizeus Ochner, teman saya memanggil saya dengan nama DEO (singkatan dari nama saya sebenarnya) karena nama saya ribet katanya. Saat ini saya bekerja di BTPN Syariah, dipercaya untuk memegang Learning and Talent Management. Oh ya BTPN Syariah ini adalah bank yang tugas utamanya memberdayakan masyarakat melalui pembiayaan. Saya berkantor di Mega Kuningan tepatnya di Menara BTPN.

Ngomong-ngomong, sudah berapa tahun pak Deo menjadi praktisi HR?

Saya menjadi praktisi HR sejak 2008, dimana saat itu kami memiliki project besar dimana harus menyiapkan berbagai kelengkapan organisasi hingga sumberdaya manusia. Jadi menjadi praktisi HR kalau dihitung ya sudah hampir 10 tahun.

Bisa diceritakan latar belakang apa yang menyebabkan pak Deo memutuskan menjadi praktisi HR?

Saya mulai masuk ke HR/HC sejak dipercaya menangani project-project dimana salah satunya adalah melengkapi organisasi beserta sumberdayanya. HR merupakan bidang yang sangat luas dan tidak kenal lelah dalam belajar. Selalu harus update dengan peraturan dan metode terkini.

Suka duka menjadi praktisi HR, tentu sudah pak Deo rasakan, bisa Anda ceritakan?

Sukanya adalah banyak bersinggungan dengan pengetahuan yang beragam yang tentunya sangat bermanfaat buat orang lain maupun diri sendiri. Setiap hari kita berpikir untuk mengembangkan karyawan yang unik dan memiliki talenta dan potensi berbeda. Setiap kali kita berusaha mengembangkan karyawan secara otomatis kita juga berkembang. Tantangannya adalah sebagai HR saya seringkali harus bisa menggambarkan keinginan pimpinan puncak yang harus diterjemahkan kedalam action plan sehingga dapat diimplementasikan secara luas di organisasi.

Siapa yang memiliki peran atas apa yang pak Deo capai saat ini?

Atasan saya, beliau selalu memberikan saya pengetahuan dan pengalamannya melalui sharing.Beliau juga yang memberikan saya banyak kesempatan untuk mencicipi berbagai macam departemen sehingga saya dapat wawasan yang menyeluruh mengenai setiap posisi dan pekerjaan yang terdapat di perusahaan ini.

Apa peran yang mereka berikan?

Mereka menjadi mentor saya dan banyak memberikan konsep-konsep serta pengalaman dan pengetahuan.

Apakah masih ingat cita-cita atau impian masa kecil Anda pak Deo?

Saya masih ingat cita-cita masa kecil, yaitu menjadi dokter. Namun karena saat SMA saya tidak menyukai pelajaran biologi yg pada waktu itu lebih banyak disuruh menggambarkan proses pencernaan manusia dan hewan saya jadi kurang tertarik. Mungkin lebih karena saya tidak terlalu suka menggambar hehehe.

Apa pengalaman unik, khusus menjadi titik balik bagi Anda ketika berproses menjadi seperti sekarang ini?

Hmm, pengalaman unik ya..agak sulit nih menjawabnya.. Saya rasa semua berjalan sebagaimana semestinya. Saya yakin tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua berjalan sesuai pilihan hidup dan campur tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Pengalaman unik di pekerjaan, bisa diceritakan?

Hmm, pengalaman unik yaa..saya rasa tidak ada.

Mengapa pak Deo menekuni bidang yang Anda geluti sampai sekarang?

Saya menyukai bidang ini, saya bisa belajar banyak, saya suka belajar dan melakukan hal-hal yang membutuhkan pemikiran mendalam. Bisa banyak mengeksplorasi banyak tipe dan ragam karyawan.

Dalam pekerjaan, apa permasalahan yang paling sering pak Deo hadapi? Bagaimana Anda menyikapinya?

Teori tentang HR semuanya bagus, namun tidak semua mudah dilakukan. Masih banyak praktek-praktek di perusahaan hanya berdasarkan subyektifitas. Sikap saya terhadap hal ini adalah tetap mendasarkan keputusan pada data dan metode-metode yang telah terbukti efektifitasnya. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan yang dapat saya sampaikan kepada pimpinan, walau keputusannya seringkali bukan semata berdasarkan data dan fakta.

Ke depannya, apa tantangan yang pak Deo akan hadapi? Bagaimana Anda menyikapinya?

Di era digital dan fintech, peran tenaga kerja di perusahaan akan mulai tergantikan. Saya harus menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan ini dengan memiliki skill and knowledge yang tidak tergantikan oleh teknologi.

Mengapa bidang yang pak Deo geluti ini penting dilakukan dan dibagikan kepada orang lain?

Didalam HR banyak ilmu yang bisa diterapkan dalam aspek kehidupan yang lain,misalnya..dengan mengetahui ke-HRD-an anda akan sangat menunjang ketika anda berniat membangun usaha sendiri. Mulai dari membuat visi misi, menciptakan kultur, memilih karyawan, mengembangkan karyawan, membuat anggaran, menghitung pajak, harus comply terhadap berbagai aturan dan undang-undang, mengolah data dan masih banyak lagi. Saya rasa dengan bekerja sbg HR paket komplit lah.

Apa habit khusus yang Anda bangun selama ini?

Habit “start early” and “finish early”

Bagaimana pak Deo mengembalikan mood Anda agar kembali bersemangat bekerja?

Cuti untuk beberapa saat dengan jalan-jalan mengunjungi lokasi wisata dalam dan luar negeri untuk menemukan ide segar. Seringkali dari tempat yang dikunjungi malah menemukan ide atau inspirasi yang bisa diaplikasikan pada pekerjaan.

Apa inspirasi yang ingin Anda tawarkan kepada orang lain yang membaca kisah Anda ini?

HR adalah ilmu yang dinamis, bisa banyak manfaatnya untuk organisasi dan karyawan. HR kontribusinya besar bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Apa saran Anda kepada orang yang ingin meraih kesuksesan seperti yang Anda capai saat ini?

Jangan berhenti belajar, tidak ada yg instan dan selalu terbuka akan pendapat dan ilmu-ilmu yang dapat kita serap dari berbagai sumber.

Siapakah tokoh yang Anda idolakan atau yang membuat Anda termotivasi, dan mengapa?

Tidak ada secara khusus, karena motivasi saya lahir dari dalam bukan dari luar.

Bagaimana lingkungan memengaruhi Anda hingga menjadi seperti sekarang?

Lingkungan pengaruhnya sangat besar. Harus pintar memilih lingkungan dan pergaulan.

Apa pencapaian yang paling membanggakan bagi Anda?

Telah punya keluarga, anak, rumah dan kehidupan yang layak.

Apakah ada penghargaan khusus yang Anda terima selama ini (baik di profesi, pendidikan atau hal lainnya)?

Best Employee Award

Apa rencana atau harapan Anda yang dalam waktu dekat ini ingin Anda lakukan?

Mengambil beberapa sertifikasi dalam bidang HR atau HC.

Apa impian terbesar Anda untuk ke depannya?

Memiliki perusahaan sendiri dimana saya bisa mengaplikasikan ilmu HR untuk mengelola perusahaan saya tersebut.

Apa hobi Anda, apakah memiliki pengaruh kepada kesuksesan yang dicapai saat ini?

Membaca dan mengkoleksi buku. Dengan rajin membaca kita bisa menambahkan wawasan dan menemukan cara-cara lain dalam melakukan pekerjaan. Dengan membaca kita selalu terhubung dengan ilmu baru.

HRD Forum didirikan dan memulai aktifitas sejak tahun 2004. Anda sendiri mengenal HRD Forum sejak tahun berapa? Masih ingat momen saat Anda baru pertama kali mengenal HRD Forum? Bisa Anda ceritakan?

Saya baru mengetahui HRD Forum tahun 2010, ketika melihat sebuah website. Namun baru tahu lebih banyak ketika HRD Forum posting-posting di Facebook.

Apa manfaat yang dirasakan atas kehadiran HRD Forum?

Bisa terhubung dengan rekan-rekan sesama HR, bisa saling sharing dan tukar informasi.

Apa QUOTE / MOTTO Anda yang bisa dibagikan kepada pembaca? Jelaskan mengapa memilih motto tersebut?

Moto saya adalah “start early” and “finish early” mulai sesuatu dengan segera dan pastikan cepat selesai. Kenapa saya memiliki moto tersebut ? Buat saya di dunia ini yang paling berharga adalah waktu. Waktu tidak bisa dibeli dan tidak bisa diputar kembali.

Demikian hasil wawancara HRD Forum dengan pak Dharmawan Elizeus Ochner. Semoga dengan mengenal salah seorang praktisi HR Indonesia bisa menambah jaringan profesional Anda.

Jangan lupa Bahagia!

Salam HR!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*