Dasar-Dasar Ilmu HRD #1 | HRD Forum
Home | Konsultasi | Dasar-Dasar Ilmu HRD #1

Dasar-Dasar Ilmu HRD #1

Dasar-dasar Ilmu HRD : Ini cerita terjadi dua minggu lalu saat penulis sedang asyik duduk di salah satu pojokan mall di Jakarta Selatan. Duduk sambil ngopi ditemani buku tentang Human Resources Management alias buku HRD. Ha ha ha hari gini ngopi di cafe sebuah mall sambil baca buku HRD? ha ha ha memangnya kenapa? aneh ? gpp la yaaa… he he he namanya juga trainer dan konsultan HRD, bacanya ya gak jauh-jauh dari HRD juga. (Sering juga sih baca buku non HR, seperti politik, kesegatan, investasi, hobi, dan lain-lain).

Sedang asyik membaca bab tentang Performance Management, tiba-tiba dikagetkan oleh suara lembut yang menyapa, suara abg-abg, ada cewek ada cowok, duduk persis di sebelah saya.

“Om ini tas siapa ya, maaf boleh kita duduk sini?”. Suara renyah dari seorang abg cewek, rupanya dia bergerombol, sekitar enam orang abg, empat cewek, dua cowok, tas ransel dan tas jinjing ikut menemani mereka. Gaya Mahasiswa !

Refleks tangan saya mengambil tas yang tadi saya letakkan di bangku sebelah.

“Ohh silakan, maaf”. sambil memindahkan tas, saya melihat ke sekeliling, pastas saja, ruangan sudah penuh, semua kursi sudah terisi penuh. Setelah memindahkan tas, saya kembali tenggelam dalam bab performance management. Sementara saya menyelam dalam sederetan kalimat, abg-abg di sebelah saya sibuk chit-chat sangat ramai, dan bukannya niat untuk nguping apa pembicaraan abg-abg ini, tetapi ada topik menarik yang sedang didebatkan yang membuat saya terpaksa nguping isi pembicaraannya. Tentang apa hayoo tebak? ha ha ha…. ternyata mereka sedang mendebatkan sebuah topik yang ada dalam buku yang sedang saya baca ! ya mereka sedang mendebatkan mungkin lebih tepatnya mendiskusikan, berdiskusi dengan gaya abg-abg itu jadi terkesan sedang berdebat. Ya mereka sedang berdiskusi, kira-kira kalau saya tuliskan dengan Bahasa sederhana begini ; “Untuk menjadi HRD yang sukses, Dasar-Dasar Ilmu HRD apa saja yang harus dikuasai”. “Dasar-Dasar Ilmu HRD apa saja yang harus dikuasai, agar seorang HRD dapat sukses dalam karirnya”. Kurang lebih begitu.

Kalau saya coba menebak, mungkin abg-abg ini mahasiswa semester awal dari fakultas tertentu. Sambil nguping, saya pura-pura terus membaca. Tetapi aktifitas nguping saya terpaksa saya hentikan karena secara tiba-tiba pula, salah seorang dari mereka, yang duduk persis di sebelah saya setengah berbisik, “Ooopss di sebelah kita kayaknya dosen neeeh”. Bisiknya sambil nunjuk buku yang sedang saya pegang. Ahaaa saya kikuk juga, tetapi pura-pura tidak mendengar dan pura-pura terus membaca.

“Om, maaf…. Dosen ya?”

“Iya, Dosen SDM ya?” Tanya seorang rekannya lagi

Walaupun agak kurang siap, tetapi harus tetap tampil wibawa dong ya.. ha ha…

“Oww buka, saya bukan dosen….”. jawab saya penuh wibawa

“Oww kirain dosen Om, abisnya baca buku HRD,… atau Om ini HRD?”.

“Oww buku ini… yaa saya bukan dosen, dan sekarang sudah bukan HRD lagi, dulu pernah jadi HRD, sekarang saya trainer dan konsultan HRD”.

“Waaah kebetulan dong Om, kita-kita ini mahasiswa om, sedang ada tugas kelompok, bikin paper Om, tentang kompetensi standar yang harus dimiliki oleh seorang HRD perusahaan”.

“Oww begitu, apa yang bisa saya bantu, silakan jika perlu bantuan saya……”.

Mereka nyengir, ada yang tertawa, ada yang tampak semangat dan ada yang histeris….

“Asyiiiiiik, beres deh tugas kelompok kita…..”.

Akhirnya, saya yang mereka panggil dengan panggilan “OM” kini tenggelam dalam obrolan mendalam bersama para mahasiswi dan mahasiswa yang masih terlihat seperti abg-abg ini.

#Bersambung … nantikan tulisan Dasar-Dasar Ilmu HRD #2

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected] Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*