
Job Description HR Manager
Rekan dan sahabat HRD Forum di manapun berada, berbicara tentang Job Description seorang HR Manager, maka kita mau tidak mau harus melihat apa pekerjaan rutin dari seorang HR Manager.
Definisi Job Description
Job description adalah dokumen yang merinci tugas, tanggung jawab, kualifikasi, dan persyaratan pekerjaan yang harus dipenuhi oleh seseorang yang memegang posisi tertentu dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuan dari job description adalah memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari seorang karyawan dalam peran tertentu.
Dengan memiliki job description yang baik, perusahaan dapat mengelola sumber daya manusia dengan lebih efisien dan memastikan bahwa semua anggota tim memahami peran dan tanggung jawab mereka dengan jelas.
Job Description belum tentu sama 100% walaupun Job Titlenya sama
Kita semua pasti setuju, HR Manager di perusahaan A, HR Manager di perusahaan B, Manager HR di perusahaan C, walaupun job titlenya sama-sama HR Manager, belum tentu pekerjaannya sama. Setuju?
OK mari kita ambil contoh nyata saja, misalkan : HR Manager sebuah perusahaan Kimia, HR Manager perusahaan Manufaktur, HR Manager perusahaan Oil, HR Manager perusahaan perhotelan, HR Manager perusahaan perbankan kemungkinan akan mempunyai Job Description yang berbeda.
Apakah benar berbeda?
100% berbeda (semua berbeda) atau 50% berbeda atau bagaimana? Ok sekarang coba simak dari sebuah contoh Job Description seorang HR Manager, lalu bandingkan dengan Job Description HR Manager di perusahaan Anda, apakah Job descriptionnya sama ataukah berbeda. Mari coba anda bandingkan.
Ini Hanya sebuah contoh Job Decsription seorang HR Manager, Ingat ini hanya sebagai contoh ya agar supaya Anda bisa membandingkannya.
Uraian Pekerjaan HR Manager
- Mengelola dan mengontrol aktifitas administrasi kantor dan kepersonaliaan serta sistem informasi HR untuk memastikan tersedianya dukungan yang optimal bagi kelancaran operasional perusahaan.
- Merencanakan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan perkembangan perusahaan serta mengoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi untuk memastikan tersedianya tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan dan kualifikasi yang diinginkan dalam jangka waktu yang telah disepakati.
- Mengoordinasikan dan mengontrol anggaran departemen HR agar digunakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan rencana kerja.
- Menyusun strategi dan kebijakan pengelolaan SDM di perusahaan berdasarkan strategi jangka panjang dan jangka pendek yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku agar diperoleh SDM dengan kinerja, kapabilitas dan kompetensi yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.
- Mengarahkan, menganalisis dan mengelola praktik dan prosedur remunerasi untuk memastikan paket remunerasi yang ditetapkan perusahaan kompetitif, sejalan dengan praktek industri, sesuai kemampuan finansial perusahaan dan adil secara internal.
- Menyusun sistem manajemen kinerja, serta mengoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan siklus manajemen kinerja, mulai dari perencanaan, pembimbingan, sampai dengan penilaian kinerja, untuk memastikan tercapainya target kinerja individu, unit, maupun perusahaan.
- Mengoordinasikan dan mengontrol penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan, termasuk identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi pelatihan, untuk memastikan tercapainya target tingkat kemampuan dan kompetensi setiap karyawan.
- Mengoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan fungsi SDM di seluruh perusahaan untuk memastikan semuanya sesuai dengan strategi, kebijakan, sistem dan rencana kerja yang telah disusun.
- Menyusun rencana kerja dan anggaran departemen HR sesuai dengan strategi, kebijakan dan sistem HR yang telah ditetapkan untuk memastikan tercapainya sasaran Departemen HR.
Indikator Kinerja HR Manager
Untuk indikator kinerja kita dapat memasukkan beberapa indikator yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan kerja HR Manager seperti ; Rencana kerja, strategi kebijakan HR, Compliance, Budget, Compensation & Benefit, Program pelatihan dan pengembangan, Jumlah jam pelatihan per karyawan, proses recruitment & Selection, HR Planning, Performance Management System, dan lain-lain.
Dimensi HR Manager
Sementara dari dimensi, kita dapat menuliskan Dimensi keuangan seperti biaya tenaga kerja dan biaya operational, dan dari dimensi non keuangan dapat dituliskan jumlah karyawan dan jumlah bawahan langsung dan tidak langsung.
Job Specification HR Manager
Selanjutnya diuraikan Job Specificationnya, dimulai dari jenjang pendidikan, pengalaman, kompetensi, past employmentnnya, yang intinya menuliskan pengalaman, kompetensi dan pencapaiannya.
Sudah dibandingkan?
Dari contoh Job Description HR Manager tersebut, setelah anda bandingkan dengan job description HR Manager di perusahaan anda, apakah sama dengan job description HR Manager di perusahaan anda? jika sama 100% itu sebuah kebetulan yang baik, jika berbeda, dimana bedanya dan apa yang menyebabkannya berbeda?
Penutup
Rekan dan sahabat HR dimanapun berada, berawal dari visi misi perusahaan, yang akan melahirkan traget apa yang harus dicapai, dan kemudian untuk mewujudkan target tersebut harus dibuat sebuah strategi pencapaiannya, berikutnya untuk mengeksekusi strategi tersebut dibuatlah job description-job description, nah itulah job description yang anda pegang saat ini. Artinya Job description anda itu diturunkan dari visi misi perusahaan anda, bukan dari hasil copy paste dari perusahaan lain.
Catatan :
Ingin mengundang HRD Forum dalam Inhouse Training Job Analysis & Job Description? silakan kirimkan pesan whatsapp ke 0818715595 atau via email Event@HRD-Forum.com
—
HRD Forum adalah Penyelenggara Training HR, Penyelenggara Seminar HR dan Konsultan HR yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HR kepada ribuan praktisi HR se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HR silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; Event@HRD-Forum.com. Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih