Contoh Job Description HRD Manager | HRD Forum
Home | Kolom | Contoh Job Description HR Manager

Contoh Job Description HR Manager

Job Description HR Manager – www.HRD-Forum.com : Rekan dan sahabat HRD Forum di manapun berada, berbicara tentang Job Description seorang HR Manager, maka kita mau tidak mau harus melihat apa pekerjaan rutin dari seorang HR Manager. Kita semua pasti setuju, HR Manager di perusahaan A, HR Manager di perusahaan B, Manager HR di perusahaan C, walaupun job titlenya sama-sama HR Manager, belum tentu pekerjaannya sama. Setuju? OK mari kita ambil contoh nyata saja, misalkan : HR Manager sebuah perusahaan Kimia, HR Manager perusahaan Manfaktur, HR Manager perusahaan Oil, HR Manager perusahaan perhotelan, HR Manager perusahaan perbankan kemungkinan akan mempunyai Job Description yang berbeda.

Apakah benar berbeda? 100% berbeda atau semua berbeda atau 50% berbeda atau bagaimana? Ok sekarang coba simak contoh Job Description seorang HR Manager, lalu bandingkan dengan Job Description HR Manager di perusahaan Anda, apakah Job descriptionnya sama ataukah berbeda. Mari coba anda bandingkan.

Ini Hanya contoh Job Decsription HR Manager, sebagai contoh agar supaya anda bisa membandingkannya.

Uraian Pekerjaan HR Manager

  • Mengelola dan mengontrol aktifitas administrasi kantor dan kepersonaliaan serta sistem informasi HR untuk memastikan tersedianya dukungan yang optimal bagi kelancaran operasional perusahaan.
  • Merencanakan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan perkembangan perusahaan serta mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi untuk memastikan tersedianya tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan dan kualifikasi yang diinginkan dalam jangka waktu yang telah disepakati.
  • Mengkoordinasikan dan mengontrol anggaran departemen HR agar digunakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan rencana kerja.
  • Menyusun strategi dan kebijakan pengelolaan SDM di perusahaan berdasarkan strategi jangka panjang dan jangka pendek yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku agar diperoleh SDM dengan kinerja, kapabilitas dan kompetensi yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.
  • Mengarahkan, menganalisa dan mengelola praktek dan prosedur remunerasi untuk memastikan paket remunerasi yang ditetapkan perusahaan kompetitif, sejalan dengan praktek industri, sesuai kemampuan finansial perusahaan dan adil secara internal.
  • Menyusun sistem manajemen kinerja, serta mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan siklus manajemen kinerja, mulai dari perencanaan, pembimbingan, sampai dengan penilaian kinerja, untuk memastikan tercapainya target kinerja individu, unit, maupun perusahaan.
  • Mengkoordinasikan dan mengontrol penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan, termasuk identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi pelatihan, untuk memastikan tercapainya target tingkat kemampuan dan kompetensi setiap karyawan.
  • Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan fungsi SDM di seluruh perusahaan untuk memastikan semuanya sesuai dengan strategi, kebijakan, sistem dan rencana kerja yang telah disusun.
  • Menyusun rencana kerja dan anggaran departemen HR sesuai dengan strategi, kebijakan dan sistem HR yang telah ditetapkan untuk memastikan tercapainya sasaran Departemen HR.

Indikator Kinerja

Untuk indikator kinerja kita dapat memasukkan beberapa indikator yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan kerja HR Manager seperti ; Rencana kerja, strategi kebijakan HR, Compliance, Budget, Compensation & Benefit, Program pelatihan dan pengembangan, Jumlah jam pelatihan per karyawan, proses recruitment & Selection, HR Planning, Performance Management System, dan lain-lain.

Dimensi

Sementara dari dimensi, kita dapat menuliskan Dimensi keuangan seperti biaya tenaga kerja dan biaya operational, dan dari dimensi non keuangan dapat dituliskan jumlah karyawan dan jumlah bawahan langsung dan tidak langsung.

Selanjutnya diuraikan Job Specificationnya, dimulai dari jenjang pendidikan, pengalaman, kompetensi, past employmentnnya, yang intinya menuliskan pengalaman, kompetensi dan pencapaiannya.

Dari contoh Job Description HR Manager tersebut, setelah anda bandingkan dengan job description HR Manager di perusahaan anda, apakah sama dengan job description HR Manager di perusahaan anda? jika sama 100% itu sebuah kebetulan yang baik, jika berbeda, dimana bedanya dan apa yang menyebabkannya berbeda?

Rekan dan sahabat HR dimanapun berada, berawal dari visi misi perusahaan, yang akan melahirkan traget apa yang harus dicapai, dan kemudian untuk mewujudkan target tersebut harus dibuat sebuah strategi pencapaiannya, berikutnya untuk mengeksekusi strategi tersebut dibuatlah job description-job description, nah itulah job description yang anda pegang saat ini. Artinya Job description anda itu diturunkan dari visi misi perusahaan anda, bukan dari hasil copy paste dari perusahaan lain.

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HR, Penyelenggara Seminar HR dan Konsultan HR yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HR kepada ribuan praktisi HR se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HR silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected] Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*