Penyelenggara Training di Indonesia | HRD Forum
Home | Kolom | Penyelenggara Training di Indonesia

Penyelenggara Training di Indonesia

Training adalah sebuah kebutuhan semua perusahaan, training bukan saja untuk menghilangkan GAP kompetensi, tetapi training juga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan yang sudah ada, training juga bertujuan untuk meningkatkan keunggulan yang sudah ada, agar lebih kuat dan lebih unggul. Membuat yang sudah baik menjadi lebih baik.

Ada perusahaan yang masih meributkan bahwa training itu COST, masih ada perusahaan yang mendebatkan manfaat training dan masih ada saja perusahaan yang menganggap training sebagai cara mudah menghabiskan uang perusahaan. Jika masih ada perusahaan seperti itu, say good bye saja, perusahaan itu akan ditinggalkan oleh pesaing-pesaingnya, ditinggalkan jauh di baris belakang arena yang namanya kompetisi bisnis.

Ya, bisnis itu keras, bisnis itu perlu kompetensi, bisnis itu perlu keahlian, keahlian taktis, keahlian teknis, keahlian management, keahlian soft skill dan keahlian-keahlian lainnya.

Ketika ada perusahaan yang masih mengatakan training adalah cost, siap-siap saja tertinggal di deret terakhir dari apa yang namanya kompetisi. Perusahaan-perusahaan yang sangat memperhatikan peningkatan kompetensi karyawannya, perusahaan yang sangat memperhatikan peningkatan keahlian teamnya, akan maju ke baris depan dalam kompetisi bisnis.

Untuk promosi bisnis, perlu yang namanya keahlian di bidang promotion, di bidang marketing & sales, untuk kehandalan produk, perlu keahlian dibidang teknis, untuk kehandalam orang-orang atau teamnya dibutuhkan keahlian dibidang soft skill. Semuanya itu sangat diperlukan, sehingga jika karyawan anda ingin tinggi kualitasnya, kompetensinya, latihlah karyawan anda, berikan training kepada semua karyawan anda.

Anda tentu mengetahui apa itu Training Needs Analysis (TNA), analisa kebutuhan training? itu adalah sebuah proses untuk menganalisis kebutuhan training, bahwa training hanya diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya. Dan hal yang sangat penting untuk diketahui adalah, bahwa setiap orang membutuhkan training, baik training untuk menghilangkan GAP, ataupun training untuk mendevelop seseorang ketingkat yang lebih baik, lebih kuat, lebih mapan, dan sebagainya. Katakan seseorang tidak memiliki GAP, artinya sudah FIT antara kondisi aktual dengan kondisi yang diharapkan, tetapi orang tersebut masih memerlukan training dalam rangka untuk terus memperkuat kompetensi yang saat ini sudah baik tersebut, baik hanya untuk memperkuat ataupun untuk mempersiapkan yang bersangkutan naik ke level yang lebih tinggi.

HRD Forum sebagai penyelenggara training baik training di Jakarta, surabaya, balikpapan, bali, batam, dan seluruh Indonesia, selalu menjadi tempat bertanya banyak HRD di Indonesia, pertanyaan seputar training dan outline training, pelaksanaan training, tempat lokasi training dan sebagainya. Banayak pertanyaan yang selalu berulang, diantaranya ;

  • Apakah training adalah solusi yang harus diambil, jika ada karyawan yang turun produktifitasnya?
  • Apakah Training adalah pil manjur yang akan selalu menyembuhkan?
  • Apakah training di dalam kelas lebih efektif jika dibandingkan di luar kelas, atau sebaliknya?
  • Apakah biaya training bisa dikonversi kedalam aktifitas untuk menghitung BEP cost training tsb?
  • Apakah set up ruangan training itu mempengaruhi suasana belajar? dan hasil belajar?
  • Apakah dalam training perlu ice breaking?
  • Apakah ice breaking harus selalu berupa games, lompat-lompat, olah raga dsb?
  • dan sebagainya

Rekan dan sahabat HRD Indonesia,

Training adalah salah satu cara mengembangkan diri, salah satu cara membangun negeri. Mari kita teruskan membangun bangsa Indonesia, agar menjadi sebuah bangsa yag besar, yang dihargai oleh semua bangsa-bangsa di dunia. Ayo kita mulai dari diri kita sendiri, untuk selalu membangun Negeri tercinta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*