Coaching, Langkah menjadi Manager yang Efektif | HRD Forum
Home | Coaching | Coaching, Langkah Jitu menjadi Manager yang Efektif

Coaching, Langkah Jitu menjadi Manager yang Efektif

LANGKAH-LANGKAH MENJADI MANAJER EFEKTIF: COACHING

Coach dalam Webmaster Comprehensive Dictionary adalah kata kerja yang didefinisikan sebagai mengajar atau melatih dan belajar dengan seorang pelatih atau coach. Sementara menurut Internasional Coach Federation atau ICF, Coaching adalah “Partnering with clients in a thought provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential”. Dalam terjemahan bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Berpartner dengan klien dalam rangka menginspirasi untuk memaksimalkan potensi baik personal maupun profesional”.

Tentu saja hal ini perlu dijabarkan kembali, karena tidak sedikit bawahan atau karyawan yang melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Perlu diketahui bahwa salah satu tantangan dalam kegiatan coaching adalah bagaimana membuat karyawan ingin terus meningkatkan kemampuannya meskipun dalam keadaan penuh tekanan dan tuntutan. Coaching yang baik tidak sekadar menyampaikan materi, tapi juga bagaimana membuat karyawan ingin terus belajar untuk berkembang dan meningkatkan performa dan kinerjanya.

HR Brotherhood – Super BootCamp

Langkah – langkah efektif Coaching

Berikut adalah langkah-langkah yang telah diuji-cobakan untuk meningkatkan keberhasilan coaching:

1. Memastikan bawahan memahami hasil yang diharapkan (tahap goal setting dalam management circle)
2. Mengetahui kinerja bawahan

Beberapa cara mengukur kinerja bawahan diantaranya melalui :

  • Observasi formal : observasi yang terjadwal waktu dan tempatnya pada saat bawahan sedang bekerja. bisa dilakukan dengan cara mengawasi secara langsung pada saat dia melakukan pekerjaanya.
  • Observasi informal : mengamati perilaku dan interaksi bawahan secara santai dan tidak terprogram.
  • Laporan formal : laporan mengenai status target yang telah berhasil dicapai oleh karyawan
  • Catatan personal : catatan mengenai hal-hal mendetail per karyawan, seperti absensi, peringatan yang pernah diterima, dan sebagainya

3. Coaching session, yaitu bertemu langsung dengan bawahan untuk mereview kinerja mereka secara berkala. Saat review dilakukan, perhatikan hal-hal berikut :

  • Pertemuan dimulai dengan suasana dan kata-kata positif : misalnya “tujuan dari pertemuan ini adalah komitmen saya untuk memastikan anda berhasil”.
  • Meminta bawahan untuk menilai diri sendiri
  • Memberikan feedback dari penilaian dirinya dan dari pengamatan anda terhadap kinerjanya.

4. Bila terdapat masalah, tentukan penyebabnya dan buatlah bawahan anda mengerti bahwa dia sedang dalam masalah karena karyawan tidak akan berubah bila dia tidak mengerti hal ini.
5. Menentukan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja bawahan
Dalam tahap ini cobalah untuk melibatkan bawahan untuk menemukan dan menentukan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerjanya. Tawarkan bantuan, tunjukan caranya dan biarkan karyawan anda melakukannya. Observasi kembali hasilnya dan bila ada kesalahan, koreksi.
6. Follow up
Setelah selesai, tentukan waktu untuk mengevaluasi kembali kinerjanya. Dengan melakukan hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar serius ingin membantunya meningkatkan kinerjanya dan membuatnya berhasil.

Rekan & Sahabat, Coaching saat ini menjadi metoda pengembangan karyawan yang banyak dicari. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pimpinan perusahaan, Direktur, GM, Manager, Supervisor, Team Leaders dan lain-lain saat menguasai dan menerapkan Coaching dalam pengembangan anak buahnya. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Ada berita Bagus buat Anda, Coachindo.com menyelenggarakan Sertifikasi Coach, yaitu Certified Coach Practitioner (CCP), Certified Coach Master Practitioner (CCMP), Certified Coach Facilitator (CCF). Jika Anda berminat untuk mendalami coaching, silakan kunjungi coachindo.com.

Bagi Anda atau perusahaan Anda yang ingin mengundang HRD Forum dalam pelatihan Coaching untuk para leader di perusahaan Anda, silakan hubungi kami di email : [email protected]

HR Brotherhood – Super BootCamp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*