5 Cara Mudah Merayu Atasan Di Kantor | HRD Forum
Home | Article | 5 Cara Mudah Merayu Atasan Di Kantor

5 Cara Mudah Merayu Atasan Di Kantor

karyawan-teladan5 Cara Mudah Merayu Atasan Di Kantor

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk menarik perhatian atasan, baik itu atasan laki-laki maupun atasan perempuan, dengan menunjukkan kepada atasan bahwa seseorang tersebut  adalah pekerja keras. Jika atasan telah simpatik kepada bawahannya, maka akan menjadi mudah ketika orang tersebut ingin merayu atasannya. Aktivitas merayu di sini bukan berkonotasi negatif, melainkan cara mempengaruhi bos dalam keputusan atau kebijakan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dijalankan. Selain itu, komunikasi langsung dengan atasan juga menjadi hal yang penting, karena berhubungan dengan cara meyakinkan atasan terhadap suatu hal yang dibicarakan atau didiskusikan. Dengan intensitas yang pas tanpa berlebihan, maka akan menjadi cara mudah merayu atasan di kantor.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengambil hati atasan sehingga menjadi cara mudah merayu atasan di kantor, di antaranya adalah:

1. Fokus Pada Pekerjaan

Apapun yang dikerjakan, hendaknya melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan harapan dan goal perusahaan. Jika diperlukan, bisa memulai untuk berdiskusi dengan atasan, sehingga bisa menggali  apa saja yang diinginkannya, lalu memenuhi apa yang diminta oleh atasan. Yang diharapkan atasan adalah orang yang mampu mencapai target harian, mingguan, atau bulanan secara konsisten. Cara untuk mewujudkannya: Berpikir jernih dan fokus pada prioritas yang dikerjakan. Jangan sampai membuang waktu untuk hal-hal yang tidak penting.

2. Jangan Pernah Mengeluh

Sebagai karyawan hendaknya menerima  semua tugas dengan lapang dada. Jika memang merasa bahwa tidak mampu mengerjakannya, jangan ungkapkan itu, dan carilah bantuan yang bisa membantu dalam mengerjakan tugas tersebut.

3. Ada kontak mata

Ketika berkomunikasi langsung dengan atasan, hendaknya menunjukkan adanya ketertarikan dengan semua hal yang dikatakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menatap mata bos saat bertatap muka. Memusatkan perhatian terhadap lawan bicara akan menjadi penting, sehingga jangan memandang ke atas kepala bos dan melirik kesana kemari. Hal ini juga merupakan salah satu cara hormat terhadap lawan bica terutama kepada atasan.

4. Bertanggung jawab

Salah satu cara mudah merayu atasan di kantor, adalah dengan menunjukkan tanggung jawab, yaitu dengan melakukan apa yang sudah dijanjikan sesuai dengan prosedur dan jadwal penyelesaian yang ada. Dengan bertanggung jawab kepada pekerjaan yang dialkukan maka berarti seseorang mempunyai komitmen yang tinggi kepada perusahaan

5. Bekerja ekstra

Penting pula melakukan lebih dari apa yang ada pada uraian pekerjaan dan jabatan. Namun, masih tetap pada koridor tanpa berlebihan. Bekerja ekstra merupakan langkah yang dapat memberikan kesan istimewa di mata atasan dan memiliki reputasi yang baik. Cara mewujudkannya dengan memberikan nilai lebih dengan membantu rekan kerja menyelesaikan tugasnya, sebagai solusi jika mengalami kesulitan atau mengharapkan bantuan.

Dengan melakukan beberapa hal di atas maka akan menjadi lebih mudah ketika berkomunikasi dengan atasan untuk merayunya ketika seseorang tersebut butuh kebijakan terhadap apa yang akan dilakukan dirinya dan pekerjaannya. Dengan demikian, hubungan atasan dan karyawan akan menjadi simbiosis yang baik ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Nantikan artikel HRD Forum berikutnya. Pastikan bacaan artikel HRD ini dapat menambah warna dalam sudut pandang sebagai praktisi di bidang apapun. Salam HRD Forum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*