Cara mudah menguasai Bahasa Inggris | HRD Forum
Home | Article | Cara mudah menguasai Bahasa Inggris

Cara mudah menguasai Bahasa Inggris

keep-calm-and-enjoy-learning-englishCara mudah menguasai Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, itu berarti sifat dari bahasa inggris bisa diterima secara universal.

Hal ini yang mendasari pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi setiap orang, termasuk anda.

Dengan menguasai bahasa Inggris berarti kita sudah melangkah lebih maju dalam berkomunikasi, karena tidak hanya bisa berkomunikasi dengan orang dari negara yang sama saja namun juga bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain.

Selain fungsinya untuk komunikasi, bahasa Inggris juga penting dikuasai. Hal ini disebabkan karena dalam dunia pekerjaan bahasa Inggris adalah salah satu syarat wajib yang harus dikuasai oleh para pelamar kerja.

Kebanyakan orang mengatakan belajar bahasa Inggris adalah hal yang sulit untuk dilakukan, selain menghafal, melafalkan kata-katanya pun dirasa sangat sulit. Belum lagi harus menghafal yang namanya grammar atau tata tulisan dalam bahasa Inggris.

Namun jangan khawatir, banyak kok cara mudah untuk mempelajari bahasa Inggris dan menguasainya.

Simak cara mudah menguasai bahasa Inggris berikut ini:

Catat semua yang tidak anda ketahui

Setiap harinya banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang pasti anda temui.

Tugas anda agar mampu menguasai bahasa Inggris bisa dengan cara mencatat kosakata yang baru anda kenal ke dalam notes anda.

Nah, di penutup hari anda bisa membuka notes tersebut dan mencari arti kata yang anda belum ketahui melalui kamus.

Di era modern sekarang ini, kamus bahasa Inggris bisa diunduh secara digital, sehinggal lebih memudahkan anda dalam membawa dan menggunakannya.

Perbanyak membaca

Tidak harus membaca atikel yang berbahasa inggris, baca apa saja di sekeliling anda. Biasanya banyak tulisan-tulisan yang terselip kata dalam kamus bahasa inggris.

Nah ketika anda membaca sebuah majalah atau buku lalu menemukannya, tugas anda adalah mencatat kata tersebut dan mencarinya di kamus bahasa Inggris.

Belajar sambil bersenang-senang

Tidak ada media belajar yang lebih manjur dengan melakukan hal yang kita sukai.

Jika anda menyukai bermain video game anda bisa perbanyak waktu bermain anda. Pilihlah permainan dengan genre RPG atau yang memiliki jalan cerita panjang.

Dengan bermain video game yang memiliki jalan cerita panjang anda harus memahami jalan ceritanya, tentu mau tidak mau harus mengetahui percakapan dalam game tersebut.

Jangan ragu untuk menggunakan kamus dan mencatat kosakata yang dirasa asing dan sulit untuk dihafal.

Selain melalui game, dengan mendengarkan musik yang menggunakan bahasa Inggris sebagai vokalnya anda juga bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan senang.

Grammar itu penting, namun jangan dijadikan beban

Dalam belajar bahasa Inggris, kita tidak bisa terlepas begitu saja dengan yang namanya Grammar.

Di dalam bahasa Indonesia grammar itu menyerupai EYD, yang berarti jika ingin menguasai bahasa Inggris anda harus menguasainya juga.

Saat anda sedang belajar bahasa Inggris, fokuskanlah waktu anda untuk menghafal berbagai vocabulary terlebih dahulu.

Faktanya banyak orang-orang bahkan yang tinggal di Amerika Serikat sendiri masih sering salah dalam grammar.

Jadi jangan tergesa-gesa untuk mempelajarinya, ketika kita berbicara menggunakan bahasa Inggris, orang-orang pasti tahu kok apa yang kita maksud asal vocabulary kita tepat untuk mendeskripsikan sesuatu yang kita bicarakan.

Praktekkan

Belajar akan menjadi percuma ketika tidak diimbangi dengan praktek.

Anda bisa meminta teman anda atau saudara anda untuk menjadi lawan bicara menggunakan bahasa Inggris.

Mulailah dengan percakapan sehari-hari, atau jika memungkinkan pilih satu hari yang di hari tersebut anda dan partner anda harus menggunakan bahasa Inggris selama sehari penuh saat berbicara.

HRD Forum adalah Konsultan HRD & Komunitas HRD terbesar di Indonesia. Selalu hadir dengan artikel HRD dan Training HRD berkualitas. Pastikan Team HRD Perusahaan Anda ikut dalam acara-acara yang HRD Forum selenggarakan.

One comment

  1. Ya benar sekali pada point ke 4 grammar memang penting tapi jangan terlalu di jadikan beban, bule saja ngomong terkadang masih ada yang enggak pakai grammar kok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*