Cara mudah melakukan Evaluasi Training & ROTI | HRD Forum
Home | Article | Cara Mudah Melakukan Evaluasi Training & ROTI

Cara Mudah Melakukan Evaluasi Training & ROTI

Kelas pelatihan yang diselenggarakan oleh HRD Forum tampak seru. Peserta terlihat ceria dan antusias mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh trainer HRD Forum. Training kali ini memiliki judul “Training Evaluation & ROTI” yaitu sebuah training yang mempelajari bagaimana cara melakukan evaluasi training mulai dari level satu reaction sampai level empat yaitu result, dan dilanjutkan dengan evaluasi level lima yaitu menghitung ROTI atau Return on Training Investment.

Tugas pertama dikerjakan di kertas flip chart, lalu hasilnya ditempel di dinding ruang pelatihan. Peserta dapat terus melihat hasil pekerjaan masing-masing kelompok. Tugas pertama ini adalah tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok tentang bagaimana membuat sasaran dari sebuah pelatihan. Jadi peserta diminta menuliskan lima judul pelatihan, lamanya pelatihan, target peserta dan sasaran dari pelatihan tersebut.

Tujuan dari tugas kelompok tersebut adalah agar semua peserta menyadari bahwa evaluasi training dilakukan untuk melihat sejauh mana training telah berhasil mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Seberapa efektifnya pelatihan tersebut mencapai sasaran training yang telah ditetapkan sebelumnya.

Trainer HRD Forum kembali menjelaskan step-step selanjutnya yaitu evaluasi training yang dimulai dari level satu yaitu mengukur tingkat kepuasan peserta training dari jalannya pelatihan. dari data pengukuran interval akan didapat skoring yang menggambarkan bahwa apakah peserta puas atau tida terhadap jalannya pelatihan.

Dilanjutkan dengan evaluasi training level dua yaitu sebuah evaluasi training yang akan mengukur apakah terjadi peningkatan kompetensi dari peserta setelah mengikuti jalannya pelatihan. Training evaluasi level dua ini secara sederhana dapat dikatakan atasan atau perusahaan ingin mengetahui apakah peserta training belajar atau tidak selama training berlangsung.

Dilanjutkan dengan evaluasi training level tiga yang mengukur apakah hasil pelatihan diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari. Metoda yang digunakan bisa menggunakan cara observasi, wawancara dan assignment atau pemberian project.

berikutnya adalah evaluasi level empat yaitu mengukur impact atau result dari sebuah pelatihan. Apakah pelatihan memberikan dampak positif bagi bisnis lembaga. Berapa besar dampak atau result yang didapatkan setelah mengikuti training.

Terakhir dututp dengan menghitung ROTI Return on Training Investment. Untuk menghitung ROTI dibutuhkan data berupa semua data total cost untuk menyelenggarakan pelatihan, data sebelum dan data sesudah training berlangsung.

Ingin ikut belajar bagaimana melakukan Training Evaluation bergabung saja dalam kelas training yang diselenggarakan oleh HRD Forum. Cek tanggal mainnya di sini : Training Evaluation & ROTI.

Terima Kasih,

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*