Cara Menghitung Skor KPI | HRD Forum
Home | Article | Cara Menghitung Skor KPI

Cara Menghitung Skor KPI

Kelas training KPI yang diselenggarakan oleh HRD Forum penuh sesak. Sekitar 50 kursi terisi. Ruangan yang besar dengan langit-langit yang tinggi membuat jumlah 50 peserta terlihat sangat sedikit.

KPI atau Key Performance Indicators adalah topik training yang kali ini tengah berjalan. Dengan fasilitatornya adalah pak Bahari Antono, ST, MBA selaku Founder HRD Forum.

Cara mudah membuat KPI adalah salah satu topik training HRD Forum yang selalu dipenuhi praktisi HR dan Non HR yang ingin belajar bagaimana cara membuat, mendesain dan menyusun KPI yang powerful, KPI yang efektif dan KPI yang menggerakkan.

Memang menurut sebagian besar “alumni” (begitu kami menyebutkannya, buat orang-orang yang telah mengikuti training HRD Forum) bahwa training cara cepat membuat KPI yang diselenggarakan oleh HRD Forum sangat mudah, sederhana dan simpel.

Setelah seluruh peserta mengikutinya dengan penuh perhatian, fokus dan melakukan latihan-latihan yang diberikan oleh fasilitator maka dipastikan seluruh peserta akan mampu membuat KPI, menghitung skor KPI dan mampu menganalisa mana KPI yang efektif dan mana KPI yang tidak menggerakkan.

Dimulai dengan filosofi KPI, arti dan makna KPI, dilanjutkan dengan tata cara penulisan KPI yang tepat, dilanjutkan dengan bagaimana menghitung skor KPI. Cara menghitung skor KPI sangat sederhana dan sangat mudah. Bagi siapapun yang telah hadir dalam kelas training KPI HRD Forum sangat beruntung karena akan dijabarkan tata cara menghitung KPI yang sangat sederhana dan mencerahkan. Setelah berlatih maka seluruh peserta akan mampu menghitung skor KPI, ya sangat mudah dan sangat sederhana.

Bagaimana Cara Menghitung Skor KPI

Bagi Anda yang ingin menghitung skor KPi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target KPI dan menuliskan pencapaian aktual KPI atau sebagian orang menyebutnya dengan realisasi pencapaian KPI.

Rumus menghitung Skor KPI

Untuk menghitung skor KPI caranya sangat mudah, yaitu dengan rumus sederhana Pencapaian Aktual KPI dibagi Target KPI dikalikan seratus, atau menggunakan rumus kebalikannya Target KPI dibagi Pencapaian Aktual KPI dikalikan seratus.

Dapat kami tuliskan seperti ini :

  1. Skor KPI = (A/T) x 100
  2. Skor KPI = (T/A) x 100

Kapan kita menggunakan rumus 1 dan kapan kita menggunakan rumus 2, itu tergantung dari jenis KPI-nya. Jika KPI yang akan kita hitung termasuk KPI Maximize maka gunakan rumus 1 dan jika KPI yang kita hitung termasuk KPI Minimize maka gunakan rumus 2.

KPI Maximize sering disebut pula sebagai KPI dengan polarisasi positif dan KPI Minimize sering disebut dengan KPI dengan polarisasi negatif.

Cara menghitung Total Nilai KPI

Untuk menghitung Total Nilai KPI adalah dengan mengalikan Skor KPI dengan bobot KPI tersebut. sangat mudah bukan? Ya membuat KPI itu sangat mudah, menghitung skor KPI juga sangat mudah, juga menghiutng total nilai KPI juga sangat mudah. Tetapi apa yang menyebabkan banyak perusahaan salah dalam menyusun KPI? Salah dalam mendasain KPI? Salah dalam menentukan KPI? Apa penyebabnya?

Demikian tulisan tentang bagaimana cara menghitung skor KPI mudah-mudahan membantu.

Salam HRD Forum.

::Silakan share tulisan ini kemanapun, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan sumber aslinya yaitu www.HRD-Forum.com

P.S. Bagi Anda yang ingin IKUT dalam training KPI dapat melihat detilnya di sini KLIK Training KPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*