Cara Membuat Job Description | HRD Forum
Home | Article | Cara Membuat Job Description

Cara Membuat Job Description

Cara membuat job description adalah keyword yang sering dituliskan oleh pengunjung google saat ingin mencari bagaimana cara membuat job deskripsi atau uraian kerja, itu artinya bahwa masih banyak orang-orang, karyawan ataupun praktisi HRD yang ingin mengetahui bagaimana sih sebenarnya cara membuat job description yang baik dan benar?

Baiklah, dalam tulisan kali ini HRD Forum kembali mengangkat judul ‘cara membuat job description’ semoga dengan tulisan ini akan membuat para pembaca menemukan sebuah tulisan yang mampu memberikan penjelasan yang lebih detil, mudah dan terperinci.

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini yang berjudul cara membuat job description, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari job description.

Apa itu Job Description?
Job description adalah uraian tertulis yang berisi tugas dan tanggung jawab pemegang jabatan serta informasi-informasi lainnya terkait dengan posisi jabatan tersebut, dimana uraian-uraian tersebut disusun dalam sebuah format standard Job Description.

Apa informasi-informasi lain yang ada dalam sebuah job description selain tugas dan tanggung jawab? tentu banyak sekali, diantaranya ; wewenang posisi jabatan tersebut, job relation, dimensi, kompetensi minimal, training yang dibutuhkan, key performance indicators, posisi dalam struktur organisasi, kepada siapa memberikan reporting, berapa anak buahnya (jika ada), dan lain-lain. Informasi-informasi lain, selain tugas dan tanggung jawab sangat tergantung dari tingkat kepentingan menurut perusahaan masing-masing, disetiap perusahaan memiliki format job description yang berbeda-beda, dan juga memiliki kelengkapan informasi-informasi tambahan yang berbeda-beda pula, semua sangat tergantung dari tingkat kepentingannya menurut perusahaan masing-masing.

Cara Membuat Job Description
Setelah membaca definisi job description, selanjutnya mari kita lanjutkan dengan cara membuat job description, apa saja langkah-langkah membuat job description. Langkah pertama adalah :

1. Lakukan Job Analysis
Job Analysis adalah suatu proses atau kegiatan untuk mengumpulkan semua informasi dan fakta tentang suatu / sebuah pekerjaan (job position) tertentu. Informasi yang dikumpulkan meliputi ; apa saja yang dilakukan oleh pekerjaan tersebut, bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut, apa metoda atau tekniknya, apa saja alat bantu yang digunakan, apa kualifikasi pemegang jabatan, dan sebagainya. Semakin banyak informasi dan fakta yang dikumpulkan semakin baik.

2. Susun semua informasi dan fakta secara teratur, sehingga memudahkan job analyst (orang yang melakukan analisa) dapat melihat semua informasi dan fakta secara lengkap, benar dan terperinci.

3. lakukan analisa ; dari data dan infromasi yang sudah disusun pada point kedua, lakukan analisa secara cermat, kelompokkan sesuai dengan tujuannya masing-masing.

4. Pilih format Job Description ; dalam langkah ini, pilihlah format job description yang diinginkan (contoh job description dapat anda cari dari google atau rekan HRD perusahaan lain). Atau jika anda ingin mendesain sendiri sesuai dengan kebutuhan dan ciri perusahaan anda sendiri, silakan mendesainnya terlebih dahulu.

5. Tuangkan langkah kedua dan ketiga dalam format job description yang anda pilih. Gunakan bahasa standard job description, standard bahasa yang digunakan adalah bahasa formal yang singkat, padat tidak bertele-tele.

6. Evaluasi hasil Job Description yang sudah dibuat dipoint ke-5, lakukan konfirmasi ulang kepada pemegang jabatan dan atasannya, apakah job description yang telah dibuat tersebut, sudah benar, sesuai, tepat atau belum.

7. Setelah point ke-6, lalu dilanjutkan dengan penandatangan dokumen job description, ditandatangani oleh : Pemegang Jabatan, Atasan Pemegang Jabatan dan HRD Manager.

8. Copy Job description diberikan kepada pemegang jabatan, sementara dokumen asli disimpan di HRD Departemen.

Demikian cara membuat job description, mudah-mudahan dapat memberikan gambaran kepada pembaca semuanya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan arahan dan bimbingan bagaimana membuat job description yang baik dan benar disarankan mengikuti trainingnya di HRD Forum. Jika anda tertarik ikut dalam pelatihan ‘Cara Mudah membuat Job Description’ yang diadakan oleh HRD Forum silakan lihat jadwalnya disini : Jadwal pelatihan Job Description. dengan durasi hanya 1 hari.

Atau jika anda ingin ikut pelatihan yang lebih lengkap, dengan durasi 2 hari, yaitu Job Analysis dan Job Description with KPI & Competency silakan lihat jadwalnya disini.

Ingin tahu ada tawaran super HEBOH !! Hemat 44 juta rupiah ! cek disini !!

Rekan HRD Indonesia, HRD Forum juga memberikan jasa pembuatan job description, jika perusahaan Anda membutuhkan jasa pembuatan job deskripsi, silakan hubungi HRD Forum di email : [email protected]

Terima kasih dan salam HRD Forum !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*