Bisnis Training Tanpa Modal Besar Hasilnya Besar | HRD Forum
Home | Article | Bisnis Training : Bisnis Tanpa Modal Besar Tetapi Hasilnya Besar

Bisnis Training : Bisnis Tanpa Modal Besar Tetapi Hasilnya Besar

Bisnis Tanpa Modal Besar Tetapi Hasilnya Besar

Bisnis apa lagi kalau bukan bisnis training, bisnis seminar, bisnis workshop, bisnis simposium dan bisnis pelatihan. Anda pasti sering membaca iklan dari banyak pelatihan, mulai dari pelatihan manajemen, pelatihan perpajakan, pelatihan technical skill, pelatihan soft skill, pelatihan rohani, pelatihan spiritual, pelatihan entrepreneur, pelatihan bisnis, pelatihan property, pelatihan hobby, pelatihan merangkai bunga, pelatihan matematika, pelatihan fisika, pelatihan ilmu science, pelatihan ujian masuk PNS, pelatihan ujian masuk perguruan tinggi negeri, pelatihan hrd, pelatihan finance, pelatihan operation, pelatihan marketing, pelatihan sales, pelatihan purchasing, pelatihan agama, pelatihan mengaji, pelatihanmemancing, pelatihan olah raga, pelatihan sepak bola, pelatihan catur, pelatihan bahasa, pelatihan menjadi trainer, dan banyak jenis dan judul training yang saat ini ditawarkan.

Apa yang menyebabkan bisnis pelatihan atau bisnis training begitu mewabah? Bukan hanya di Indonesia, di luar negeri pun demikian. Malah training-training mahal sering ditawarkan oleh lembaga-lembaga training di luar neger, dan anehnya banyak sekali yang berminat.

Dari sudut pandang peserta training, ilmu yang ditawarkan sangat bermanfaat atau minimal ada manfaatnya baik untuk pribadi maupun perusahaan atau organisasinya. Dari sudut pandang penyelenggara training? Tentu ini adalah lahan bisnis yang sangat menggiurkan.

Hampir setahun ini, terpajang di rak buku toko buku besar Gramedia di seluruh Indonesia, sebuah buku inspiratif yang berjudul – 1 Miliar Rupiah Pertama dari Bisnis Training – di terbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Buku setebal 191 halaman itu ditulis oleh Bahari Antono, ST, MBA seorang praktisi di bidang pelatihan dan penyelenggara pelatihan. Beliau adalah Founder dan Owner dari HRD-Forum.com yang sejak tahun 2004 aktif memberikan pelatihan kepada praktisi HR dari berbagai perusahaan di Indonesia dari Aceh sampai Papua.

Apa saja yang ditulis di buku tersebut adalah uraian tentang apa dan bagaimana bisnis training atau bisnis pelatihan itu. Bagaimana cara menyelenggarakan pelatihan dan strateginya agar bisa terus bertahan dan berkembang. Buku 1 Miliar Rupiah Pertama dari Bisnis Training ditulis dari pengalamannya lebih dari 13 tahun mengelola HRD-Forum.com.

Berbicara tentang bisnis training, tentu banyak orang yang bercita-cita mempunyai income tambahan atau mungkin income utama dari bisnis yang dimilikinya sendiri. Sesuai dengan fokus tulisan ini, Bisnis Training adalah salah satu bisnis yang mudah dilakukan dan tidak terlalu membutuhkan biaya besar. Dari sudut pandang risiko pun demikian, sangat menggiurkan, low risk high return.

Biaya Sebagai Penyelenggara Pelatihan

Jika ada orang yang mengatakan bahwa untuk menyelenggarakan sebuah pelatihan dibutuhkan biaya yang besar, tentu statemen itu tidak 100% benar. Banyak sekali pelaku bisnis training memulainya dengan modal dengkul atau modal seadanya.

Modal digunakan untuk apa saja? Biaya hotel? Iklan? Pembuatan flyer? Biaya hotel akan dibayar dari biaya pendaftaran peserta. Biaya iklan bisa diminimalkan dengan sebanyak mungkin menggunakan iklan gratis, bisa melalui social media, facebook, twitter, instagram, path, linkedin, youtube dan sebagainya. Cost untuk pembuatan flyer? Di zaman NOW, hal itu bukan perkara sulit. Sangat mudah membuat flyer digital. GRATIS!

Risiko Sebagai Penyelenggara Pelatihan

Risiko dari kebangkrutan mungkin saja Anda hadapi jika Anda tidak mampu mengembangkan atau mengelola bisnis training Anda. Tetapi, dengan modal dengkul atau modal seadanya tentu kerugian juga menjadi minimal. Low Risk but High Gain. Risiko lainnya adalah risiko gagalnya pelaksanaan training sesuai jadwal, Risiko kekurangan peserta, risiko trainer yang mendadak sakit dan sebagainya. Hal itu bisa diminimalkan dengan persiapan yang matang dan terencana rapi.

Rekan dan sahabat, Banyak hal yang memang harus diketahui jika ingin memiliki bisnis di bidang pelatihan atau bisnis training ini. Ada berita bagus untuk Anda. Creaba.com sebagai mitra HRD-Forum.com akan mengadakan workshop Jadi pemilik bisnis training, why not? silakan cek info detilnya, pelajari dan jika Anda punya niat kuat untuk memiliki uang banyak, bisa jalan-jalan gratis ke seluruh Indonesia, tidur di hotel, makan di hotel, silakan cek info detilnya : Bisnis Training ini Milik Anda.

Terima Kasih & Salam HR!

Team HRD Forum

NB. Jangan lupa ya cek jadwal Training HRD Forum di sini : Jadwal Training ada topik menarik juga lhoo “Salary Adjusment – Teknik Penyesuaian Upah sesuai UMP 2018” ada juga Training BEST SELLER “Basic HR Management” Cek yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*