Bisakah Membuat KPI Tanpa Job Description? | HRD Forum
Home | Konsultasi | Bisakah Membuat KPI Tanpa Job Description?

Bisakah Membuat KPI Tanpa Job Description?

Saat Pak Bahari Antono, Owner & Founder HRD Forum membuka Kick Off Meeting Inhouse Training dan Program pendampingan Pembuatan Key Performance Indicator’s (KPI) di sebuah perusahaan manufaktur, suasana sangat welcome, hangat dan terlihat cair. Perusahaan manufaktur dengan jumlah karyawan sekitar 700 karyawan itu meminta HRD Forum untuk membantu proses pembuatan Key Performance Indicator’s (KPI).

Sebagai langkah awal sebelum Kick Off, HRD Forum telah melakukan quick assessment, dan didapatkan bahwa di perusahaan manufaktur tersebut belum tersedia Job description yang baik, benar dan ditulis dengan bahasa baku job description.

“Apakah Anda semua sudah memiliki Job Description”? begitu tanya pak Bahari Antono di awal-awal kick off meeting tersebut dan mendapatkan jawaban yang beragam tetapi menuju satu kesimpulan bahwa Job Description di perusahaan manufaktur ini belum tersedia, hanya sebagian kecil departemen yang memiliki job description.

“Bagi rekan-rekan yang tadi angkat tangan menyatakan sudah memiliki job description, tolong berdiri dan mohon berikan contoh job descriptionnya kepada saya”. Pak Bahari Antono mengumpukan sekitar 4-5 job decription dari sekitar 35 peserta yang hadir. Setelah membolak-balik contoh job description tersebut, kemudian pak Bahari Antono kembali berbicara.

“Terima kasih buat rekan-rekan yang sudah menyerahkan contoh Job Descriptionnya, disini saya sampaikan bahwa job description yang ada di tangan saya ini, belum dapat saya katakan sebagai job description yang baik, benar dan saya sampaikan bahwa job description ini belum ditulis dengan format baku job description dan juga belum menggunakan bahasa job description yang benar.

“Nanti setelah sesi kick off ini saya ingin berbicara sebentar dengan Ibu HRD Manager, mengenai format job description dan tentu saya akan berikan gambaran bagaimana format job description yang benar, mengapa hal ini harus saya lakukan? karena program kita ini adalah membuat Key Performance Indicator’s (KPI) dimana dasar dari pembuatan KPI ini adalah Job Description dari masing-masing Job Position di perusahaan ini. Jika Job Descriptionnnya belum ada, atau jika job descriptionnya ada tetapi belum benar apalagi tidak update, sudah kadaluarsa, maka sangat bahaya jika kita terus melanjutkan proses pembuatan KPI di perusahaan ini. Mengapa? karena jika job description yang Anda miliki saat ini tidak update, tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, maka dikhawatirkan KPI yang dihasilkan akan bias, salah, tidak tepat.”

“Rekan-rekan para manager, supervisor dan team HRD, membuat KPI tanpa job description yang update dapat menghasilkan KPI yang salah atau kurang tepat, karena itu karena kondisi aktualnya di perusahaan ini Job Description sebagian besar tidak ada, maka dalam proses pembuatan KPI, langkah pertama adalah menuliskan terlebih dahulu Job Description semua karyawan di perusahaan ini, bagaimana langkah dan caranya? Saya mempunyai cara cepat untuk itu, nanti akan saya informasikan kepada Anda semua, mudah-mudahan program Inhouse training pembuatan Key Performance Indicator’s (KPI) dan Program Pendampingan Pembuatan KPI ini dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana awal kita.”

Begitulah kira-kira pengantar Kick Off Meeting program inhouse training pembuatan Key Performance Indicator’s (KPI) dan Program Pendampingan Pembuatan KPI yang dibuka oleh pak Bahari Antono sebagai Owner & Founder HRD Forum di salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia.

Apa Syarat Pembuatan KPI?

Sahabat HRD Indonesia, HRD Jakarta, HRD Surabaya, HRD Bali, HRD Batam, HRD Balikpapan dan HRD Indonesia dimanapun berada, apa sebenarnya syarat dalam pembuatan KPI? bagaimana kita sebagai HRD atau sebagai supervisor, manager dapat membuat KPI dengan baik, apa yang harus kita persiapkan dan kuasai?

Ok Sahabat HRD semua, untuk dapat membuat KPI dengan baik dan benar ada tiga hal penting yang harus Anda ketahui, yaitu :

  • Job Description ; Anda harus tahu apa job description dari job position yang akan dibuatkan KPI-nya, pastikan Job Descriptionnya update dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
  • Objective ; Anda harus tahu apa objective dari setiap pekerjaan yang dilakukan oleh para job holder-nya, secara detil, rinci dan akurat. tentukan Objective dengan benar, jangan sampai salah. Jika salah, maka KPI yang kita buat akan salah juga.
  • Business Process ; Anda harus tahu apa dan bagaimana bisnis proses setiap job position tersebut, sehingga anda dapat menentukan KEY dari setiap indicator yang ingin diukur. kemampuan Helicopter View wajib anda miliki jika ingin dapat membuat KPI dengan baik, benar dan tepat.

Itu adalah 3 faktor penting yang harus anda perhatikan saat anda ingin membuat KPI di perusahaan anda.

Menjawab judul dari artikel ini, Bisakah Membuat KPI Tanpa Job Description? tentu jawabannya BISA, dengan sedikit tips, trik dan metoda jitu, KPI tetap dapat kita buat tanpa adanya job description. Tentu akan lebih baik jika kita siapkan terlebih dahulu Job Description semua job position, lalu baru kita buatkan KPI nya.

Ingin membuat KPI? JOB Description belum siap? pastikan menghubungi HRD Forum ! Silakan pilih programnya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Program Pembuatan KPI

HRD Forum menawarkan 3 program terkait dengan pembuatan KPI, yaitu ;

  1. Project Pembuatan KPI ; ini adalah full project, dimana semua KPI dibuatkan oleh Team HRD Forum
  2. Pendampingan Pembuatan KPI ; ini adalah program pendampingan, dimana KPI dibuat oleh Team Perusahaan Anda, HRD Forum hanya mendampingin proses pembuatannya sampai selesai. Pada program pendampingan ini, akan diawali terlebih dahulu dengan inhouse training selama 3 hari, lalu dilanjutkan dengan pendampingan selama beberapa bulan sampai KPI selesai.
  3. Inhouse Training ; HRD Forum hanya memberikan pelatihan selama 3 hari, sementara pembuatan diserahkan 100% kepada Team dari perusahaan Anda.

Ada kebutuhan dalam pembuatan KPI? ingin ikut dalam pelatihan KPI, hubungi HRD Forum detik ini juga di email : [email protected] atau Hotline HRD Forum di 08788-1000-100

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected]

** Catatan : Kick Off Meeting

Kick off meeting adalah rapat awal proyek dengan tujuan untuk menyamakan presepsi diantara semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek, menyangkut prosedur dan teknis pelaksanaan proyek. Kick off Meeting bisa dianggap sebagai kesempatan untuk menyelaraskan nada (set the tone) dalam suatu proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*