Awas Waspadai Pekerjaan dengan Ciri Seperti ini | HRD Forum
Home | Article | Awas! Waspadai jenis Pekerjaan dengan Ciri-Ciri Seperti ini

Awas! Waspadai jenis Pekerjaan dengan Ciri-Ciri Seperti ini

Kamu Harus Mewaspadai Jenis Pekerjaan Yang Memiliki Ciri-ciri Sebagai Berikut

Salah satu kegiatan yang sangat penting dan tidak bisa kamu hindari adalah bekerja. Kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu yang kamu miliki hanya untuk bekerja setelah menginjak usia dewasa. Oleh karena itu dalam memilih pekerjaan haruslah kamu pertimbangkan secara matang-matang, sebab pekerjaan termasuk hal yang dapat menjamin kehidupan kamu.

Ketika memilih pekerjaan, kamu sangat disarankan untuk mewaspadai jenis pekerjaan yang hanya akan menghabiskan waktu muda kamu dengan bekerja di tempat yang tidak tepat. Kenalilah terlebih dahulu ciri-ciri pekerjaan yang akan kamu tekuni, jika kamu mendapatkan beberapa ciri-ciri yang akan saya sebutkan dibawah ini maka sebaiknya kamu harus berfikir seribu kali untuk mencobanya kecuali memang kamu membutuhkan pekerjaan tersebut karena memang membutuhkan uang.

1.      Terdapat persyaratan untuk “Bersedia bekerja di bawah tekanan”

Sebenarnya hal ini relatif ya bahkan sangat relatif, pasalnya ada beberapa orang yang bisa berkembang dengan cara tekanan. Namun ada juga orang yang tidak bisa bekerja secara baik di bawah tekanan seperti misalnya seorang yang bekerja dengan membutuhkan konsentrasi, kreatifitas dan imajinasi. Semua jenis pekerjaan memang memiliki kriteria tersendiri dalam mengkondisikan cara bekerjanya. Ada yang dengan cara fun dan relax ada yang dibawah tekanan. Oleh sebab itu kamu harus mempertimbangkan secara matang ya.

Kamu termasuk tipe yang bisa bekerja di bawah tekanan atau tidak? Jika kamu tidak bisa bekerja di bawah tekanan, pertimbangkan baik-baik untuk memilihnya, alih-alih sukses yang terjadi waktu terbuang percuma dan stres sepanjang waktu.

Tetapi kamu juga harus tahu bahwa tidak ada pelaut hebat yang selalu melayari lautan yang tenang. Hidup ini pilihan, pilihan mana yang ingin kamui jalani.

2.      Pekerjaan yang malah menuntut Kamu harus membayar

Kita bekerja tujuannya adalah supaya mendapatkan bayaran. Namun jika diawal pelamaran kamu sudah diminta uang dalam jumlah tertentu dengan berbagai macam alasan maka sebaiknya segara hindari pekerjaan tersebut. Hal ini terdengar lucu tapi memang benar banyak terjadi. Jika pekerjaan tersebut bukan penipuan maka tidak lain adalah bisnis MLM, skema piramin dan sejenisnya. Dimana kesemua bisnis tersebut lebih baik untuk kamu hindari.

3.      Iming-iming yang tidak masuk akal

Jika kamu menemukan perusahan yang memberikan banyak sekali janji-janji yang tidak bisa masuk diakal maka jangan pernah mencoba-coba kamu terjun kedalam pekerjaan tersebut. Biasanya mereka akan memberkan janji manis seperti penghasilan tanpa batas bagi siapa saja yang mau ikut bergabung keperusahaanya tanpa memikirkan siapa yang bekerja. Baik orang berpendidikan maupun tidak bisa masuk untuk pekerja. Wah jangan sampai deh kamu kepincut dengan janji tersebut ya, kalau gak pengen menyesal di akhirnya nanti.

4. Ijazah-mu ditahan atau disimpan perusahaan

Masih ada perusahaan yang mensyaratkan penahanan ijazah sebagai syarat diterimanya kamu bekerja di perusahaan tersebut. Waspadai, pikir seribu kali untuk menitipkan ijazahmu di sana. Sebisa mungkin kamu bekerja di perusahaan yang tidak menahan ijazahmu.

Apa sih tujuan perusahaan menahan ijazah karyawannya? Nah agar kamu tahu, itu dilakukan dengan banyak alasan, bisa karena perusahaan tidak ingin karyawannya keluar (resign / mengundurkan diri) dengan mudah dari sana, atau sebagai jaminan atas uang atau aset perusahaan selama kamu bekerja di sana, atau bisa juga jaminan biaya pelatihan yang sudah dikeluarkan perusahaan, dan sebagainya. Pikir seribu kali ya.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi ciri-ciri pekerjaan yang harus kamu hindari, tapi pada kesempatan kali ini saya hanya bisa berbagi 4 diantaranya saja. Pertimbangan yang matang perlu kamu lakukan jika ingin memiliki pekerjaan yang nyaman.

P.S. Bagi Anda yang belum tahu, bahwa workshop 2 hari HRODP – HR Officer Development Program diadakan kembali dan tetap dilaksanakan di Puncak -Jawa Barat. Klik disini http://www.training.hrd-forum.com/hrodp/ untuk info detail!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*