Awas ! Lowongan Kerja Palsu mengintai Anda ! | HRD Forum
Home | Article | Awas ! Lowongan Kerja Palsu mengintai Anda !

Awas ! Lowongan Kerja Palsu mengintai Anda !

HATI-HATI DENGAN LOWONGAN KERJA PALSU

Dalam dunia kerja banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu contohnya adalah banyaknya oknum-oknum yang membuka lowongan kerja palsu. Di zaman serba mudah ini, internet menjadi sarana penyalahgunaan. Internet sering disalahgunakan sebagai bahan aksi kejahatan ataupun kriminalitas.

Tujuan utama mereka memasang lowongan kerja palsu adalah untuk meraup uang dari para korban. Salah satu contoh penyalahgunaan internet adalah membuat lowongan kerja palsu, yakni dengan membuat perusaan fiktif dengan memberi tawaran upah kerja yang sangat besar.

Dengan media internet, orang-orang dapat dengan mudah menemukan berbagai macam lowongan kerja dari penjuru negeri bahkan dunia. Maka dari itu jangan terlalu mudah tergiur dengan informasi yang didapat dari internet. Anda pun juga harus berhati-hati dengan informasi lowongan kerja yang disebarkan melalui koran ataupun SMS. Segala informasi harus dikonfirmasi kebenarannya.

Mengapa menjadikan para pencari kerja sebagai sasaran? Karena  di Indonesia pencari kerja sangat melimpah. Sehingga harap waspada terhadap tawaran-tawaran kerja, terlebih dengan perusahaan yang mencoba menjanjikan hal-hal di luar batas kewajaran. Perusahaan terpercaya akan memberikan detail rincian syarat dari calon karyawan yang mereka butuhkan.

Berikut ini ada beberapa gambaran mengenai lowongan kerja palsu yang sering beredar di masyarakat;

  1. Respon lamaran berbentuk pesan singkat SMS atau email. Biasanya penyedia lowongan kerja mengatasnamakan perusahaan besar atau BUMN tetapi memiliki alamat email gratis, seperti yahoo dan hotmail (ymail.com, yahoo.com, gmail.com, dll).
  2. Mereka cenderung  menghubungi  calon pekerja pada hari Jum’at dan  melakukan tes atau wawancara pada hari Senin. Pada saat menghubungi, penipu akan menyertakan alamat tes atau wawancara. Sebaiknya Anda cek kebenarannya dengan mengakses situs resmi dari perusahaan tersebut, sesuai atau tidak.
  3. Ada panggilan yang cenderung bersifat desakan untuk segera melakukan wawancara secara berulang-ulang.
  4. Dalam proses pendaftaran akan dimintai sejumlah uang. Biasanya dikatakan bahwa uang tersebut untuk mengganti biaya administrasi atau training sebagai syarat untuk bisa lolos dan diterima sebagai karyawan.

Untuk mewaspadai agar tidak tertipu oleh lowongan kerja palsu, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari;

  1. Cek perusahaan yang membuka lowongan kerja baik dari nomer telepon, alamat kantor serta web resminya. Beberapa perusahaan hanya membuka lowongan pekerjaan melalui web resmi. Anda harus check and recheck.
  2. Iklan lowongan kerja yang baik akan memberikan informasi lengkap yang terdiri dari alamat lengkap, uraian pekerjaan yang jelas dan menggunakan alamat email perusahaan. Contohya [email protected]
  3. Jangan pernah melayani ketika Anda dimintai biaya dengan alasan apapun. Terlebih ketika dimintai biaya hingga jutaan rupiah. Bahkan untuk pembelian tiket sekalipun, harap anda tolak.
  4. Ketika dalam proses wawancara Anda ditanyai mengenai nomor kartu kredit atau nomor rekening, jangan pernah berikan. Biasanya oknum tersebut akan melibatkan orang yang faham mengenai teknologi kartu kredit dan transfer bank.

Baca Artikel HRD Forum lainnya, pasti menambah wawasan kita sebagai HRD dan Non HRD. Sebagai Komunitas HRD terbesar di Indonesia, HRD Forum akan terus menampilkan artikel-artikel menarik dan membangun. Demi Indonesia tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*