Apa yang harus diketahui oleh HRD | HRD Forum
Home | Konsultasi | Apa yang harus diketahui oleh HRD ?

Apa yang harus diketahui oleh HRD ?

HRD Forum telah berdiri lebih dari sepuluh tahun, tepatnya berdiri tgl 21 Maret 2004. Sejak tahun 2004 sampai 2014, HRD Forum telah bertemu dengan profil HRD yang berbeda-beda, mulai dari HRD pemula sampai HRD senior bahkan super senior. Dari tingkat kompetensinya juga beraneka ragam, mulai dari yang sangat kompeten sampai yang belum kompeten. Banyak hal yang HRD Forum temui saat memberikan pelatihan, konsultasi atau bahkan sekedar ngobrol-ngobrol ringan dengan banyak praktisi HRD.

Aneh rasanya kalau pekerjaannya sebagai orang HRD, tetapi tidak pernah membaca UU 13 tahun 2003. Sepertinya juga aneh kalau praktisi HRD tetapi tidak tahu berapa jumlah karyawan di perusahaannya dan ini juga aneh waktu ditanya berapa jumlah Job Position di perusahaannya, malah balik bertanya, “Job Position” itu apaan sih?

Rekan dan sahabat HRD di Jakarta, Bandung, jabodetabek, Surabaya dan kota-kota lainnya di Indonesia, kalimat di atas bukan karangan belaka, ini riil, ternyata sungguh ironis, saat seorang HRD di sebuah perusahaan yang sudah memiliki masa kerja di atas satu tahun tidak tahu berapa jumlah karyawan di perusahaannya, berapa jumlah job position di perusahaannya, berapa jumlah hari cuti yang diperoleh karyawannya dalam satu tahun, ironis bukan? apakah ada HRD yang seperti itu? nyatanya ada !

Yuuk kita sama-sama lihat, hal-hal apa sih yang seharusnya diketahui oleh praktisi HRD? tentu banyak sekali ya, tetapi dalam tulisan ini hanya akan dituliskan beberapa saja yang sering tidak diketahui oleh beberapa praktisi HRD. OK, apa sih yang seharusnya diketahui oleh HRD? agar sang HRD benar-benar cocok disebut HRD yang care dengan pekerjaannya, bukan HRD yang tidak peduli sama sekali dengan pekerjaannya.

Inilah yang harus diketahui oleh HRD :

1. UU 13 tahun 2003

Ini adalah UU ketenaga kerjaan, gawat kalau praktisi HRD tetapi tidak pernah membaca UU 13 tahun 2003. Anda belum pernah membacanya? ayooo minta sama om google, download, lalu baca ya, baca, baca dan baca.

2. Hak Cuti 12 hari

Nah ini juga harus diketahui oleh HRD ya, bahwa hak cuti itu 12 hari dan yang berhak mendapatkan hak cuti adalah karyawan yang telah bekerja 12 bulan terus menerus. Berdasarkan Undang-undang no. 13 tahun 2003 Pasal 79 ayat (2), hanya karyawan yang sudah bekerja minimal 12 bulan yang berhak mendapat cuti tahunan 12 hari.

3. Angka 1/173

Ini juga yang banyak tidak diketahui oleh HRD, ketika ditanya dalam perhitungan lembur, ada angka 1/173, angka apakah itu? jika upah per bulan x 1/173 maka akan didapat jumlah upah per jam, sementara angka 173 itu sendiri adalah jumlah jam kerja dalam satu bulan. Mau tau darimana hitung-hitungannya? begini cara menghitungnya….

Dalam satu tahun ada 52 minggu, dan dalam satu tahun ada 12 bulan

Jadi dalam 1 bulan = 52/12 = 4,333333 minggu.

Total jam kerja/minggu = 40 jam

Jadi Total jam kerja dalam 1 bulan = 40 X 4,33 = 173,33 dibulatkan menjadi 173 jam

maka untuk menghitung upah per jam adalah Upah perbulan x 1 / 173

4. Masa Percobaan 3 bulan

Ini juga sering jadi pertanyaan, banyak HRD yang belum tahu bahwa masa percobaan paling lama 3 bulan, tidak boleh lebih.

5. Masa Percobaan hanya boleh untuk karyawan tetap PKWTT

Ini juga masih sering jadi pertanyaan, bahwa yang namanya masa percobaan hanya boleh untuk PKWTT alias karyawan tetap, kalau karyawan kontrak (PKWT) tidak boleh ada masa percobaan.

6. Jumlah Karyawan

Ada gak ya, HRD yang tidak tahu jumlah karyawan di perusahaannya? anehnya ada lhooo HRD yang tidak tahu berapa jumlah karyawannya. Kok bisa ya, HRD tidak tahu jumlah karyawannya? kalau Anda sendiri bagaimana? ya pasti, pasti Anda tahu berapa jumlah karyawan di perusahaan anda sekarang ! kalau belum tahu, hayoo cari tahu sekarang juga !

7. Jumlah Job Position

Anda HRD? anda tahu berapa jumlah job position di perusahaan anda? belum tahu? hayoo cari tahu sekarang juga ! apakah penting HRD harus tahu berapa jumlah job position di perusahaan? wah sangat penting sekali !

8. Visi Misi Value Perusahaan

Tidak sedikit HRD yang saat ditanya “apa visi, misi dan value perusahaan anda?” hanya nyengir dan menggelengkan kepala. Ada juga yang menjawab, “saya tahu, tapi wah panjang sekali, saya tidak hafal, tapi tahu intinya”. Anda sendiri bagaimana, apakah tahu apa visi misi dan value perusahaan anda? kalau belum tahu, hayoo cari tahu dari sekarang juga ! kalau HRD-nya tidak tahu apa visi misi dan value perusahaan, bagaimana dengan karyawan lainnya?

Rekan dan sahabat HRD Indonesia, delapan point dulu yaaa, maksud hati ingin menuliskan 10, 20, 30, 100 hal yang harus diketahui oleh HRD, tetapi rasa-rasanya cukup dulu 8 point saja dulu yaaaa…. sebenarnya masih sangat banyak, misalkan apa itu KPI, apa itu no work no pay, apa itu istirahat berupah, apa itu HR planning, bagaimana melakukan job analysis, bagaimana melakukan job evaluasi, apa itu model kompetensi, THR, BPJS, Pesangon, tata cara PHK, siapa yang berhak dapat lembur, apa itu career path,  nah karena takut juga kalau-kalau anda bosan membacanya, makanya kita sudahi dulu artikel ini. Silakan membaca artikel HRD Forum yang lain, Terima Kasih.

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected] Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*