Apa Manfaat Pemberian Bonus Kepada Karyawan ? | HRD Forum
Home | Article | Apa Manfaat Pemberian Bonus Kepada Karyawan ?

Apa Manfaat Pemberian Bonus Kepada Karyawan ?

HR-uang-gaji-karyawan-portalPENTINGNYA BONUS UNTUK KARYAWAN

Salah satu kewajiban perusahaan terhadap karyawan adalah memenuhi hak-haknya, yakni  dengan memberi kompensasi atau balas jasa atas pekerjaan yang telah dikerjakannya. Mengingat, karyawan memiliki peran penting di perusahaan dalam proses terlaksananya suatu pekerjaan.

Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan, yakni kemampuan dan daya dorong. Kemampuan akan ditentukan oleh kualifikasi yang telah dimilikinya seperti pendidikan dan pengalaman. Sedangkan daya dorong dapat dimunculkan dari dalam diri maupun dari lingkungan di sekitarnya. Daya dorong seorang karyawan yang berasal dari lingkungan salah satunya ditimbulkan oleh pemimpin ataupun faktor-faktor lainnya.

Pemimpin memiliki peran yang cukup besar untuk menumbuhkan daya dorong pada karyawan untuk memperoleh prestasi kerja. Oleh karena itu, pemimpin harus cermat dalam memilih sarana ataupun alat untuk meningkatkan semangat kerja karyawan tanpa membawa ke arah yang negatif bagi perusahaan. Salah satunya adalah dengan memberikan kompensasi yang tepat kepada para karyawan. Jika kompensasi dilakukan secara benar, maka karyawan akan merasa puas dan termotivasi untuk mencapai target kerjanya.

Dalam memberikan kompensasi, pemberian bonus merupakan salah satu alternatif pilihan yang mampu meningkatkan prestasi kerja karyawan. Bonus merupakan upah tambahan yang diberikan kepada karyawan di samping gaji tetap sebagai bentuk penghargaan. Hal tersebut dikarenakan bonus dapat diberikan kepada karyawan ketika ia dapat melebihi target kerja. Pemberian bonus sifatnya sewaktu-waktu, sehingga tidak tetap dan diberikan secara sekali terima tanpa suatu ikatan di masa yang akan datang.

Bonus diberikan berdasarkan hasil kerja yang dicapai tanpa harus memperhitungkan upah aktual dan cenderung memiliki jumlah yang bervariasi. Sehingga besarnya bonus yang diterima antar karyawan cenderung berbeda. Bisa saja ada karyawan yang mendapatkan bonus  besar, tetapi ada pula karyawan yang tidak mendapatkan bonus.

Dengan adanya bonus, diharapkan karyawan akan memotivasi dirinya untuk selalu meningkatkan kinerja. Bonus tidak hanya membantu memperbaiki kepuasan karyawan ataupun memotivasi karyawan dalam bekerja, akan tetapi juga membantu perusahaan dalam mengendalikan biaya-biaya. Selain itu, program bonus lebih mudah dipertahankan karena tidak memerlukan banyak dokumentasi dan sangat fleksibel.

Selain untuk meningkatkan semangat kerja karyawan, pemberian bonus juga diberikan guna kesejahteraan karyawan. Kesejahteraan karyawan tersebut dapat mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan. Hal itu tentunya akan menciptakan rasa aman dan tentram, semangat kerja, dedikasi, disiplin dan sikap loyal terhadap perusahaan. Sehingga diharapkan labour turnover relatif rendah dan karyawan dapat fokus terhadap pekerjaannya.

Dengan disiplin yang tinggi diharapkan karyawan bersedia untuk bekerja dengan baik, bersungguh-sungguh dan dengan sepenuh hati melaksanakan serta menyelesaikan tugas-tugasnya. Peningkatan disipin akan mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Nantikan artikel HRD lainnya hanya di www.HRD-Forum.com Komunitas HRD terbesar di Indonesia.

Salam HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*