Home | Coaching | Apa Manfaat Coaching Bagi Generasi Milenial

Apa Manfaat Coaching Bagi Generasi Milenial

Manfaat Coaching Bagi Generasi Milenial

Banyak sekali penelitian ilmiah yang mengungkapkan perilaku tipikal dan pola pikir pada setiap era generasi. Generasi milenial adalah bagi mereka yang dilahirkan dalam rentang era ’80 hingga tahun 2000. Dalam kaitannya dengan peran kepemimpinan, generasi milenial sekarang ini sudah mulai membludak menduduki segala bidang. Pola fikir dan sikap khas pada diri mereka memiliki peran penting dalam mempengaruhi etos kerja.

Pada saat yang sama, sebenarnya mereka saat ini sedang berhadapan dengan atasan yang masih tergolong dalam generasi X ataupun generasi Y yang baik secara sadar maupun tidak mereka masih banyak yang mengapikasikan cara lama dalam kepemimpinan. Tentu saja itu tidak akan berhasil diterapkan pada generasi selanjutnya yang kita sebut sebagai manusia generasi Z itu. Ingat bahwa zaman sudah bergulir.

Disadari atupun tidak banyak sekali potensi yang dimiliki oleh generasi milenial yang bisa berpengaruh sangat dahsyat bagi kemajuan korporasi ataupun sebuah tim. Dengan tidak adanya pendekatan yang tepat, mereka akan berpaling dan cenderung mengalir menemukan habitat yang paling sesuai dengan jiwa mereka. Dalam sebuah korporasi kita biasa mengenal hal tersebut dengan sindrom generation gap, dimana banyak terjadi konflik antara atasan dan anggota tim yang berujung pada melonjaknya angka turnover, yaitu banyak anggota tim yang melakukan resign atau berhenti bekerja.

Certified Coach Practitioner (CCP)

Dalam banyak riset empiris yang dilakukan oleh pakar, coach maupun konsultan, mereka banyak yang menawarkan solusi coaching untuk mengatasi permasalahan tersebut. Coaching merupakan alternatif yang cukup inovatif dan menarik untuk memberdayakan generasi milenial agar mereka mampu mempertahankan talentanya. Meskipun cara dan aplikasinya cenderung bersifat kontekstual, namun yang jelas coaching setidaknya akan memberikan manfaat sebagai berikut sebagaimana yang disinggung oleh seorang coach dan juga author, Jazak Yus Afriansyah dalam sebuah kolom Inspirasi yang diterbitkan di kompas.com pada hari Senin 31 Oktober 2016. Beliau menyatakan ada beberapa manfaat dari coaching, diantaranya adalah:

Membangun Rasa Hormat
Karena sifatnya yang mirip training langsung, salah satu ciri dari pendekatan coaching adalah menumbuhkan rasa saling menghormati. Generasi milinelial cenderung memiliki karakter yang tidak mau diremehkan. Oleh karena itu dengan mengakui kehebatan mereka, maka secara otomatis mereka juga akan memberikan hal yang sama kepada atasan, yaitu respek.

Meningkatkan Loyalitas
Setelah poin pertama dilampaui, selanjutnya yang akan terjadi adalah tumbunya rasa loyalitas yang tinggi karena mereka sudah merasa sebagai bagian penuh dari sebuah tim.

Menciptakan Tim dengan Performa Tinggi
Pendekatan coaching ternyata mampu dalam membentuk individu yang berkualitas secara masal sehingga tercipta sebuah tim yang memiliki performa tinggi. Ini tidak mustahil karena dalam coaching beberapa metode bisa dijalankan secara paralel. Terlebih lagi jika semua itu sudah dicapai maka yang terjadi adalah kekompakan dalam sebuah tim.

Demikian artikel coaching terkait dengan generasi milenial. Setelah membaca artikel di atas diharapkan Anda menjadi lebih mengetahui bahwa coaching mempunyai banyak sekali manfaat.

HRD Forum memberikan layanan pelatihan inhouse training Coaching Skills untuk karyawan di perusahaan Anda. Jika Anda tertarik bisa menghubungi HRD Forum di email : [email protected] atau WA 08788-1000-100

Ingin mengundang Inhouse Training Coaching Skills? KLIK Saja ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*