Apa itu Standard Operating Procedure (SOP) ? | HRD Forum
Home | Kolom | Apa itu Standard Operating Procedure (SOP) ?

Apa itu Standard Operating Procedure (SOP) ?

Apa itu SOP ? apa itu Standard Operating Procedures ?

Bagi sebagian perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan yang sudah memahami arti penting keberadaan SOP bagi bisnis mereka, sangat menyakini bahwa SOP akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi pertumbuhan bisnis mereka. Sementara bagi perusahaan-perusahaan yang belum memahami arti penting dari SOP, akan memperlakukan SOP dengan sebelah mata, SOP dianggap sebagai aturan kaku yang akan mengganggu fleksibilitas kerja mereka, akan mengganggu irama permainan mereka dalam berbisnis.

SOP atau Standard Operating Procedures sesungguhnya sebuah alat manajemen untuk membuat keseragaman pola bisnis, keseragaman pola kerja dan keseragaman kualitas dari sebuah proses atau produk yang akan dibuat atau laksanakan. Adanya SOP menjamin keseragaman itu. Bagaimana jika tidak ada SOP? tentu keseragaman tidak dapat dipastikan.

Berikut ini definisi dari Standard Operating Procedure (SOP) :

  • SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci dan tertulis yang harus diikuti demi mencapai keseragaman dalam menjalankan suatu pekerjaan tertentu (detailed, written instructions to achieve uniformity of the performance of a specific function) dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai.
  • SOP (Standard Operating Prosedure) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.SOP adalah serangkaian instruksi yang menggambarkan pendokumentasian dari kegiatan yang dilakukan secara berulang pada sebuah organisasi (EPA, 2001)
  • SOP adalah suatu panduan yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu proses harus dilaksanakan (FEMA, 1999).
  • SOP adalah serangkaian instruksi yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah (Lingappan, 2000).
  • SOP adalah sebuah panduan yang dikemukakan secara jelas tentang apa yang diharapkan dan disyaratkan dari semua majikan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari (“Developing standard operating procedures in Wildland Fire Management”, 2003).
  • SOP adalah Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
  • SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.

Dari banyak definisi tentang arti SOP tersebut di atas, dapat kita simpulkan bahwa SOP adalah sebuah aturan, tatacara, panduan tertulis dan terdokumentasi secara baik guna melakukan sebuah atau beberapa proses kerja untuk mencapai atau mewujudkan tujuan utama dari proses kerja tersebut.

Manfaat SOP

  • Sebagai standard acuan yang digunakan oleh seluruh karyawan, baik atasan maupun bawahan dalam melakukan tugas-tugasnya sehingga lebih terarah dan tepat guna.
  • Sebagai alat untuk mengurangi faktor kesalahan dan ketidak disiplinan karyawan dalam melakukan proses kerja.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas karyawan baik secara individu maupun kelompok.
  • Meningkatkan kemandirian karyawan sehingga tidak selalu tergantung pada manajemen/pimpinan dalam menjalankan tugasnya.
  • Menciptakan ukuran standar kerja yang dapat dipakai oleh karyawan dalam mengevaluasi dan memperbaiki kemampuannya.
  • Memberikan informasi mengenai peningkatan kompetensi karyawan.
  • Menciptakan keseragaman proses kerja dan kualitas produk.

Mengapa SOP sangat dibutuhkan banyak perusahaan ?

Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan kompleksitas bisnis serta dinamika yang ada, peran SOP semakin dibutuhkan dalam perusahaan sebagai pedoman dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Bisa dibayangkan, tanpa pedoman yang baku (SOP) tentunya akan menimbulkan kebingungan di antara karyawan.

Seringnya permasalahan timbul dan problem yang selalu berulang-ulang membuat banyak karyawan frustasi sementara pimpinan sibuk dengan pekerjaannya dan tidak ada waktu untuk mengurusi problem yang terjadi di dalam unit bisnisnya. JIka ada problem yang selalu terjadi berulang-ulang, sudah dapat dipastikan sumber penyebabnya adanya kesalahan dalam prosedur kerja dan hal itu hanya dapat diperbaiki dengan cara mendesain ulang SOP yang sudah ada. Dalam SOP yang baik diatur bagaimana proses pekerjaan dilakukan, siapa yang harus mengerjakan, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang memberi persetujuan, kapan dilakukan, dokumen apa yang harus disiapkan dan lain-lain.

Karena sangat pentingnya SOP, maka seluruh karyawan baik di level pelaksana maupun pengawas, harus mampu merencanakan, membuat dan mendesain ulang SOP-SOP yang sudah ada. Untuk itu HRD Forum menawarkan sebuah pelatihan terfokus guna memberikan pemahaman baru bagaimana cara membuat dan mendesain ulang SOP sehingga SOP nya mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Training Pembuatan SOP yang mampu menjelaskan secara gamblang bagaimana menyusun SOP yang benar.

HRD Forum menyelenggarakan sebuah workshop “Merencanakan, Membuat & Mendesain Ulang STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)” ; Kami yakin banyak sekali benefit yang akan didapatkan oleh peserta/perusahaan.

Apa materi yang akan disampaikan dalam workshop itu?

  • SOP : Definisi, Tujuan dan Manfaatnya bagi bisnis perusahaan
  • Problem-problem dalam SOP
  • Ciri-ciri SOP yang efektif
  • Perencanaan & Persiapan penyusunan SOP
  • Proses penyusunan SOP
  • Membuat & Mendesain ulang SOP
  • Sistimatika penyajian SOP
  • Implementasi SOP

Workshop ini sangat bermanfaat bagi para staf dan eksekutif yang terlibat dalam penyusunan SOP pada tingkat departemen maupun korporasi. Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta memiliki keahlian dalam menyusun, memperbaiki dan mendesain ulang SOP di perusahaannya masing-masing.

Informasi detil tentang training Standard Operating Procedure (SOP) dapat dilihat disini : Standard Operating Procedure (SOP)

Berapa investasinya? kapan akan dilaksanakan dan dimana lokasi pelaksanaannya, silakan hubungi Kami segera ! atau lihat di link Standard Operating Procedure (SOP) ini. Bagi yang ingin IKUT dalam workshop itu silakan mendaftar dengan mengirimkan data-data peserta ke email [email protected] atau menghubungi Hotline kami. Terima Kasih dan Kami tunggu pendaftarannya.

Salam HR !

HRD Forum adalah Penyelenggara Training HRD, Penyelenggara Seminar HRD dan Konsultan HRD yang berdiri pada tahun 2004 dan telah memberikan pelatihan HRD kepada ribuan praktisi HRD se Indonesia. Jika perusahaan Anda membutuhkan training HRD silakan menghubungi HRD Forum melalui Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email HRD Forum di ; [email protected] Untuk melihat agenda training HRD Forum silakan KLIK disini. Terima Kasih

Fields marked with a * are required

Formulir Pendaftaran


2 comments

  1. Saya mau bertanya apakah, jika prosedur yang berisi hanya tulisan(tanpa gambar, flowchart), bisa disebut prosedur?
    Terima kasih

  2. Saya mau bertanya apakah, jika prosedur yang berisi hanya tulisan(tanpa gambar, flowchart), bisa disebut prosedur?
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*