Apa itu OKR Objective and Key Result? | HRD Forum
Home | Article | Apa itu OKR Objective and Key Result?

Apa itu OKR Objective and Key Result?

Sejak tahun 2019 HRD Forum sering sekali mendapatkan pertanyaan tentang OKR. Pertanyaannya beragam, ada yang menanyakan apa itu OKR? Apakah OKR sama dengan KPI? Bagus mana OKR dibandingkan KPI? Kata orang-orang lebih bagus OKR dibandingkan KPI apakah hal itu benar? Bagaimana cara membuat OKR? Bagaimana menghitung pencapaian OKR? Perusahaan mana saja yang telah berhasil menggunakan OKR? Dan masih banyak pertanyaan yang HRD Forum terima.

Apasih OKR itu?

OKR adalah singkatan dari Objective and Key Results. OKR adalah salah satu metode pengukuran manajemen kerja yang dipopulerkan oleh Andy Grove di Intel, perusahaan produsen prosesor komputer terkenal di dunia. Pada tahun 1999 OKR kemudian diadaptasi oleh John Doerr, dimana OKR digunakan oleh tim Google. Ajaibnya sistem OKR ini membantu Google menjadi perusahaan yang berkembang pesat, hal itu dapat dilihat dari perubahan besar Google yang pada saat itu hanya memiliki 40 karyawan berubah menjadi semakin besar dengan memiliki karyawan lebih dari 60.000 saat ini.

OKR atau Objective and Key Results nyatanya tidak hanya digunakan oleh Intel dan Google. Deretan perusahaan besar lainnya juga menggunakan seperti Spotify, Twitter, LinkedIn dan Airbnb, perusahaan papan atas itu menggunakan OKR sebagai sistem manajemen kerja.

Lhooo kok semuanya perusahaan digital? Apakah OKR hanya khusus untuk perusahaan digital? Tentu tidak, OKR tidak hanya digunakan oleh perusahaan digital. Perusahaan non digital besar banyak juga yang menggunakan OKR seperti misalnya perusahaan retail terkenal seperti Walmart dan Target, harian The Guardian, dan perusahaan perbankan seperti bank ING juga menggunakan OKR.

Belum terjawab ya apakah OKR itu?

Baiklah mari kita lihat dari kata-katanya, OKR adalah kependekan dari kata Objective & Key Result.

OKR terdiri dari dua bagian utama yaitu Objectives dan Key Results. Objectives adalah deskripsi kualitatif dari apa yang ingin dicapai atau dituju. Deskripsi Objective ini harus singkat, Objective harus mudah diingat, Objective harus mampu menjadi sumber motivasi dan menantang tim untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai sebuah tujuan.

Sementara Key Results adalah sebuah set alat ukur yang mengukur kemajuan usaha untuk mencapai Objectives yang telah ditentukan. Sebuah objective sebaiknya terdiri dari 3-5 key results. Setiap key results harus berupa angka.

OKR sama dengan KPI? Atau berbeda?

Untuk melihat apakah OKR itu sama atau berbeda dengan KPI, dapat kita lihat dari tujuan masing-masing mengapa OKR dibuat dan mengapa KPI dibuat? Dari jangka waktu penilaian OKR dan jangka waktu penilaian KPI apakah sama atau berbeda? Dari cara skoringnya apakah sama atau berbeda? dan masih banyak hal lain yang dapat dicermati.

Bagaimana Cara Membuat OKR?

Ada berita bagus khusus untuk Anda. HRD Forum akan mengadakan workshop Step by step membuat OKR dan KPI yang akan dilaksanakan di salah satu hotel di Jakarta. Bagi perusahaan yang ingin IKUT dalam workshop tersebut silakan menghubungi HRD Forum di email : event@hrd-forum.com atau WA 08788-1000-100

Terima kasih dan salam HR!

HRD Forum
HR Practice Network
www.HRD-Forum.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*