Apa itu Marketplace? | HRD Forum
Home | Article | Apa itu Marketplace?

Apa itu Marketplace?

APA ITU MARKETPLACE?

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari marketplace, apa saja keuntungan bagi penjual dan pembeli ketika menggunakan marketplace, dan contoh marketplace terpopuler di Indonesia saat ini.

Marketplace adalah sebuah lokasi jual beli produk dimana penjual dan juga konsumen bertemu di suatu tempat. Penjual akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce. Barang yang dijual di marketplace tersebut kemudian akan di iklankan oleh pihak e-commerce untuk mendapatkan konsumen yang potensial. Kesuksesan e-commerce dengan konsep marketplace ini ditentukan oleh banyaknya jumlah penjual dan juga konsumen yang bergabung di website e-commerce tersebut.

Pada dasarnya e-commerce dengan menggunakan konsep marketplace hanyalah persoalan pengiklanan. Konsep jual belinya mirip dengan konsep di pasar tradisional pada umumnya. Pasar akan semakin terkenal jika ia memiliki banyak penjual dan banyak pembeli. Semakin banyak penjual maka akan semakin lengkap produk yang dijual sehingga akan semakin banyak pembeli yang datang atau dengan kata lain website nya akan banyak pengunjung yang berdatangan untuk membeli ataupun sekedar melihat-lihat produk yang ditawarkan di marketplace tersebut.

Untuk mendapatkan lapak berjualan, seorang penjual tidak dibebankan biaya sewa sama sekali. Hal ini menyebabkan banyak orang yang ingin mendaftar untuk melakukan jual beli di e-commerce dengan konsep marketplace. Keuntungan yang di dapat oleh pihak e-commerce sendiri yaitu pihak e-commerce akan mendapatkan keuntungan dari pihak penjual dengan memanfaatkan iklan premium. Oleh karena itu pelaku e-commerce marketplace harus pandai pandai mengiklankan marketplacenya agar bisa menjadi marketplace yang populer di kalangan pembeli.

Sebenarnya fitur ini telah memberikan banyak kemudahan bagi para konsumen di dunia online shop. Banyaknya marketplace yang muncul di dunia internet benar-benar memanjakan para konsumen. Memilih produk produk yang ditawarkan di marketplace secara bebas akan memberikan rasa nyaman bagi calon pembeli. Di samping itu calon pembeli bebas membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya sebelum mereka menentukan barang yang mana yang akan dibeli. Hal ini sangatlah penting bagi pembeli dikarenakan pemilihan barang yang tepat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Semakin banyak pilihan akan semakin menarik minat untuk membeli. Hal yang paling dibanding bandingkan dalam produk yang akan dibeli adalah kualitas barang dan harga barang. Maka dari itu jika anda merupakan pelaku bisnis yang memanfaatkkan marketplace sebaiknya mempunyai banyak ide untuk menarik para pembeli, seperti memberikan diskon, menjaga kualitas barang, menampilkan gambar yang bagus dan menarik sehingga calon pembeli akan tertarik untuk melihatnya, dan lain sebagainya. Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh pembeli juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya pembeli mendapatkan jaminan jika uang sudah di transfer tapi barang belum juga datang maka uang pembeli akan dikembalikan. Jika ada keluhan yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya penjual akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.

Sedangkan dari segi penjual, marketplace disini merupakan satu fasilitas yang menawarkan sebuah fasilitas yang berupa tempat (place). Tempat tersebut memang difungsikan untuk tempat berkumpulnya para penjual yang sama-sama menawarkan produk baik berupa barang ataupun jasa. Hal ini tentu akan sangat membantu mereka untuk memasarkan barang melaui internet tanpa harus kerepotan membuat website ataupun blog.

Adapun contoh marketplace yang sangat diminati pengunjung saat ini adalah :

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Qoo10
  • Elevenia
  • Lamindo
  • Rakuten belanja online

Pertanyaan yang sering muncul terkait Marketplace adalah :

  • Perbedaan online marketplace dan ecommerce
  • Apa itu Marketplace?
  • Mencermati Perbedaan Toko Online dan Marketplace
  • Perbedaan Online Shop, Marketplace, E-Commerce
  • Apa itu market place?
  • Tahukah kamu, apa itu Marketspace dan Marketplace?
  • Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri?
  • Pengertian Market Maker ?
  • Apa Itu E-marketplace?
  • Marketplace, Solusi Bisnis Online Indonesia

Note:
Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

Service HRD Forum : Training HRD, Training HR, Training Soft Skill, Training Technical Skill, Pelatihan HRD, Pelatihan HR, Head Hunter & Coaching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*