Apa itu Key Performance Indicator (KPI) ? | HRD Forum
Home | Article | Apa itu Key Performance Indicator (KPI) ?

Apa itu Key Performance Indicator (KPI) ?

Apa itu KPI?

Seorang Manager HRD bertanya kepada salah seorang kandidat calon karyawan untuk bagian sales pada saat wawancara kerja untuk mengisi lowongan sales di perusahaannya, dengan pertanyaan “Apakah KPI Anda, saat anda bekerja di perusahaan anda yang lama?”, “Apakah anda bisa mencapai KPI yang diberikan kepada anda?”, “Bagaimana anda mencapai KPI anda tersebut?”

Di lain lokasi dan lain perusahaan, seorang Departement Head memanggil semua staffnya dan menjelaskan satu persatu tentang KPI masing-masing stafnya. Besaran KPI, target KPI dan bobot untuk masing-masing KPI dipaparkan kepada seluruh stafnya dan diakhir meeting tersebut sang Departement Head mewajibkan kepada seluruh stafnya untuk memenuhi KPI yang diberikannya.

KPI atau Key Performance Indicator adalah istilah yang beberapa tahun belakangan ini selalu kita dengar, KPI, KPI dan KPI. Nah sebenarnya KPI itu apa? apa itu KPI? apa itu Key Performance Indicator?

Apakah itu KPI?

Apa itu KPI “A set of quantifiable measures that a company uses to measure or compare performance in terms of meeting their strategic and operational goals”. Sebagian orang mengatakan KPI itu adalah target yang diberikan atasan, organisasi, perusahaan, departemen, unit kerja, kepada seseorang atau kepada sebuah jabatan. Misalkan seorang sales diberikan target untuk menghasilkan omset penjualan sebesar 100 milyar rupiah per tahun, seorang staff HRD diberikan target dapat memenuhi semua permintaan tenaga kerja baru di bawah 20 hari setelah adanya permintaan tenaga kerja dari user. Kadang di sebuah perusahaan, atasan atau managemen menetapkan tingkat kehadiran atau absensi menjadi sebuah KPI.

Dari uraian di atas apakah yang dapat kita simpulkan? Apa itu KPI? KPI atau Key Performance Indicator kadang disebut juga sebagai Key Success Indicator (KSI) adalah satu ukuran kuantitatif untuk mengukur sebuah atau beberapa kinerja dalam rangka memenuhi tujuan unit, departemen, perusahaan atau organisasinya. Sehingga KPI setiap perusahaan, KPI setiap Job Position, KPI setiap jabatan akan berbeda-beda, tergantung dari tujuan utama dan tujuan strategisnya masing-masing. Sehingga dengan sifatnya yang kuantitatif, KPI dapat membantu perusahaan, organisasi, departemen, unit kerja untuk memastikan sudah sejauh mana target, goal, sasarannya sudah dicapai.

Selain untuk memastikan sudah sejauh mana pencapaiannya, KPI dengan sifat kuantitatif-nya juga mampu menunjukkan posisi berapa besar kekurangannya dan berapa besar kelebihannya dibandingkan dengan target akhirnya. Sehingga atasan dapat dengan mudah menilai tingkat kinerja para stafnya. Misalkan seorang sales diberikan KPI penjualan sebesar 100 milyar rupiah, sementara kondisi aktual yang dicapainya 99 milyar rupiah, maka jelas bahwa staf sales tersebut masih kurang 1 milyar rupiah untuk dapat mencapai KPI nya yang 100 milyar. Ukuran KPI yang kuantitatif memudahkan para atasan mengukur kinerja semua stafnya.

Apakah boleh KPI bersifat kualitatif? sesuatu yang bersifat kualitatif, sulit diukur, sesuatu yang sulit diukur sulit untuk dikelola, karena itu jika ada KPI yang bersifat kualitatif, harus dikuantitatifkan terlebih dahulu.

Arti KPI

Dari uraian diatas, kita semakin jelas apa arti KPI, selain sebagai target kinerja, KPI juga sering disebut sebagai alat ukur keberhasilan kerja seseorang. KPI membantu perusahaan mendefinisikan dan mengukur kemajuan (progress) secara SMART, Specific, Measureable, Achievable, Reliable / Rational, dan Time bound.

Bagaimana cara membuat KPI?

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat KPI, silakan nantikan artikel HRD Forum berikutnya.

Terima kasih telah memilih HRD Forum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*