Anda seorang Trainer? Maka wajib punya 7 hal ini | HRD Forum
Home | Article | Anda seorang Trainer? Maka wajib punya 7 hal ini

Anda seorang Trainer? Maka wajib punya 7 hal ini

Anda seorang Trainer? Maka wajib punya 7 hal ini.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang trainer, tidaklah cukup hanya dengan bisa bicara didepan publik. Karena bicara bukan hanya asal bicara. Berikut tujuh keterampilan yang wajib Anda miliki menjadi seorang trainer.

1. Menganalisis Kebutuhan

Seorang trainer andalan mampu memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Semakin cermat menganalisis kebutuhan publik, maka pelatihan yang efektif dan menarik publik akan terbuka luas.

Karena banyaknya persoalan dalam masyarakat maka Anda sebagai seorang trainer andalan harus dituntut lebih peka, lebih banyak mendengar dan lebih tajam dalam menganalisis.

2. Ahli dalam bidang yang dilatihkan

Ketika Anda menjadi seorang trainer andalan, maka dapat dikatakan Anda adalah seorang master atau ahli dalam bidang yang diajarkan. Maka, Anda tidak bisa hanya sebatas tahu tanpa mendalami keahlian secara dalam. Karena jika hanya dengan pemahaman yang datar, tidak bisa memberikan kualitas pelatihan yang baik bagi audience Anda. Tetapi harus dengan pengusaan dan pemahaman yang betul-betul Anda kuasai secara dalam dan baik.

Jadi jika Anda sudah menemukan satu bidang keahlian Anda, tapi belum secara maksimal maka Anda wajib untuk terus belajar sampai Anda menguasai bidang tersebut sehingga Anda bisa dikatakan seorang Master.

3. Ahli dalam membangun personal branding

Ketika berbicara mengenai branding, apa yang Anda pikirkan? Mungkin banyak yang berpikir bahwa branding adalah merk atau logo. Tapi makna branding sendiri adalah kepercayaan yang tertanam. Sama hal nya bagi seorang trainer, maka hal yang utama adalah personal branding yang kuat. Seorang trainer butuh kepercayaan sebelum ia menawarkan jasa pelatihannya kepada publik. Tanpa branding publik tidak akan mengakui atau percaya pada pelatihan yang kita berikan.

Jika Anda seorang trainer atau baru memulai menjadi seorang trainer maka bangunlah personal branding yang kuat. Ciptakan kepercayaan publik terhadap Anda, misalnya dengan membuat blog atau membuat buku serta bergabung dengan komunitas yang berisikan orang-orang dengan personal branding yang kuat.

4. Ahli dalam public speaking

Peracayakah Anda bahwa hanya dengan kata-kata banyak perubahan terjadi? Seperti contoh ketika Presiden RI pertama IR.Soekarno berpidato, maka para pejuang-pejuang Indonesia seperti terisi dengan amunisi semangat. Maka, hal ini lah yang harus dimiliki oleh seorang trainer andalan seperti Anda.

Trainer merupakan maestro di atas panggung, yang artinya ia begitu piawai dalam melakukan presentasi dihadapan publik. Anda harus bisa menyusun materi presentasi, membuat visual presentasi dan yang terpenting adalah cara penyampaian presentasi sehingga audience Anda akan takjub dan paham dengan materi yang anda bawakan.

 Jika dirasa Anda belum maksimal dalam public speaking, maka gali terus pontensi Anda dengan banyak membaca buku presentasi kelas dunia atau mengikuti training presentasi atau melihat bagaimana presenter kelas dunia melakukan presentasi sehingga level Anda akan semakin tinggi.

5. Ahli dalam mengkonsep materi training yang efektif dan manarik

Seorang trainer harus pandai menyusun materi pelatihan. Penyusunan materi ini berfungsi agar materi yang kita berikan baik mulai dari tujuannya, manfaat yang diperoleh serta metode yang akan kita gunakan.

Kita pun harus bisa mengevaluasi materi yang sudah kita buat sehingga benar-benar memiliki materi yang menarik untuk peserta trainning.

6. Ahli menjual training

Jika Anda seorang trainer maka Anda harus mulai mempromosikan apa yang Anda miliki. Bisa melalui blog, website, iklan fecebook atau yang lain. Hal ini bertujuan agar publik tahu bahwa Anda memiliki sebuah materi yang baik untuk dijakikan acuan dalam penyelesaian masalah di masyarakat.

Anda harus belajar cara marketing yang baik. Anda bisa belajar melalu internet marketing dari para pakar marketing, ini akan sangat membantu Anda jika Anda ingin menjual training Anda melalui internet. Atau referensi buku-buku marketing lainnya.

7. Ahli dalam berpikir kreatif dan inovatif

Orang yang kreatif dan inovatif adalah ciri seorang trainer andalan. Cara berikir seorang trainer sangatlah berbeda, mereka pandai mengasah otak kanan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda.

Anda pun harus paham bahwa karier seorang trainer ini sangatlah diidam-idamkan banyak orang. Akan banyak trainer baru yang bermunculan menjadi pesaing Anda. Maka kunci untuk bertahan adalah berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pelatihan.

**

Demikianlah keterampilan-keterampilan yang wajib Anda miliki bila Anda ingin menjadi seorang trainer profesioanl. Namun, bukan berarti tidak ada keterampilan lain. Masih banyak hal lain yang harus Anda ketahui. Karena seorang trainer bukan hanya seorang yang mentransfer informasi, melainkan seseorang yang dapat menyentuh hati, memotivasi dan menginspirasi.

Profile HRD Forum ; berdiri pada tahun 2004 di Jakarta. Didirikan oleh Bpk. Bahari Antono, ST, MBA dengan tujuan untuk menjadi katalisator bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia. Memiliki forum komunitas HRD dengan nama Diskusi HRD Forum yang memanfaatkan mailing-list yahoogroups, beralamat di [email protected] ; saat ini memiliki anggota lebih dari 21.500 member dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*