Analisa kebutuhan Training - Training Needs Analysis | HRD Forum
Home | Article | Analisa Kebutuhan Training – Training Needs Analysis

Analisa Kebutuhan Training – Training Needs Analysis

Bagi Perusahaan yang ingin berkembang, bagi perusahaan yang ingin maju, hanya ada satu langkah yang harus dilakukan yaitu mengembangkan people atau karyawannya. Mengapa ? Sesungguhnya, Performance sebuah perusahaan adalah kumpulan dari performance-performance karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Karyawan akan memiliki performance apabila karyawan memiliki Skill, Knowledge dan Attitude yang baik, dan karyawan yang memiliki Skill, Knowledge dan Attitude yang baik karena karyawan tersebut memiliki Pendidikan, pengalaman dan training-training yang baik dan tepat.

Dari uraian di atas dapat kita ambil benang merahnya, bahwa ada hubungan langsung antara performance sebuah perusahaan dengan pendidikan, pengalaman dan training-training yang dimiliki oleh karyawan di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan di zaman modern ini, sangat menyadari bahwa training atau pelatihan buat karyawanya sangat penting. Karenanya sebagian besar perusahaan menganggarkan tidak sedikit uang untuk keperluan pelatihan karyawannya.

Training memerlukan uang yang tidak sedikit, oleh karena itu harus benar-benar dianalisa, bahwa hanya orang-orang atau karyawan-karyawan yang MEMBUTUHKAN saja yang diberikan training atau pelatihan.

Cara Melakukan Analisa Kebutuhan Training

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk melakukan analisa kebutuhan training, salah satunya adalah dengan melakukan 3 level analisis, yaitu pertama : melakukan analisis di level Corporate atau perusahaan, kedua : melakukan analisis di level Task atau Job nya, dimana dari analisis di level organisasi dan di level Job akan didapatkan sekumpulan kompetensi yang diharapkan. Sedangkan analisis di level ketiga : adalah analisis terhadap pemegang jabatannya / Job Holder nya, dimana dalam analisa level ketiga ini akan kita dapatkan sekumpulan kompetensi aktual yang dimiliki oleh pemegang jabatan.

Langkah selanjutnya adalah membandingkan antara sekumpulan kompetensi yang diharapkan dengan sekumpulan kompetensi aktual, dari hasil perbandingan tersebut apakah ditemukan GAP antara kondisi aktual dengan kondisi yang diharapkan, jika ditemukan GAP maka orang tersebut membutuhkan training atau pelatihan di bidang yang sesuai dengan GAP nya.

Penyebab dibutuhkannya Training

Ada beberapa penyebab seorang karyawan membutuhkan training, yaitu :

  1. Adanya persyaratan sertifikasi / regulasi dari badan, asosiasi, lembaga dan  pemerintah
  2. Adanya critical incident
  3. Hasil Performance Appraisal
  4. Hasil Training Needs Analysis

Demikian sekilas tentang apa dan bagaimana Training Needs analysis atau yang kita kenal dengan sebutan Analisa kebutuhan Training. Bagi rekan-rekan yang ingin ikut pelatihannya silakan mendaftar melalui HRD Forum dan pastikan karyawan atau staff Anda mendapatkan manfaat yang pasti berguna untuk kepentingan perusahaan Anda. Untuk mendaftar silakan kirim email ke : [email protected] sedangkan untuk jadwal trainingnya silakan Anda lihat di HALAMAN INI, Silakan diKLIK

Terima kasih dan salam HRD !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*