5 Tips Menghindari Pencurian Data Perusahaan | HRD Forum
Home | Article | 5 Tips Menghindari Pencurian Data Perusahaan oleh Karyawan

5 Tips Menghindari Pencurian Data Perusahaan oleh Karyawan

pencurian-data-perusahaanHati-Hati Karyawan Mencuri Data Perusahaan

Amankan Data Rahasia Perusahaan dari Karyawan Nakal di Perusahaan Anda.

Sebuah perusahaan pasti memiliki data dan segudang berkas yang merupakan arsip milik perusahaan. Keamanan arsip menjadi salah satu hal yang penting bagi perusahaan karena arisp ini memegang rahasia perusahaan. Maka tak heran bila beberapa perusahaan memiliki gudang dan penyimpanan khusus yang ditujukan sebagai tempat penyimpanan arsip perusahaan supaya tidak sampai bocor dan diketahui lawan bisnis perusahaan. Mirisnya, kejadian karyawan mengambil (lebih tepatnya mencuri) data atau arsip perusahaan seolah merupakan kasus yang umum terjadi, bukan lagi sebuah hal baru.

Sebagai manajemen perusahaan, tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi. Dilema yang terjadi di sini adalah rahasia perusahaan yang berpotensi jatuh ke tangan lawan bisnis dan dipergunakan untuk kepentingan bersaing namun di sisi lain karyawan Anda yang terlibat dalam kasus ini mungkin seseorang yang cukup memiliki kemampuan dan keterampilan bekerja yang mumpuni sehingga tindakan pemecatan menjadi keputusan yang memberatkan perusahaan (bila itu terjadi).

Lantas, bagaimana mencegah hal ini terjadi?

Memiliki rasa hati-hati terhadap kemungkinan karyawan mencuri data perusahaan memang perlu, namun tak lantas Anda menaruh rasa curiga yang terlalu besar sehingga aksesibilitas karyawan terhadap data perusahaan menjadi sangat terbatas. Hal ini justru bisa memicu perasaan tidak percaya karyawan terhadap tempat kerjanya sendiri. Maka untuk mengatasi hal tersebut, kami menyediakan beberapa tips yang bisa diimplementasikan oleh manajemen perusahaan untuk menghindarkan perusahaan dari kasus pencurian data oleh karyawan.

1. Mendidik dan menanamkan nilai-nilai organisasi atau perusahaan pada karyawan dianggap sebagai langkah preventif untuk menjaga karyawan tetap loyal kepada perusahaan. Tekankan kesadaran karyawan bahwa perusahaan memiliki aturan kerja dan back up hukum yang kuat untuk mempertahankan eksistensi mereka.

2. Pentingnya memiliki lembaga penegak hukum yang bekerja sama dengan perusahaan Anda akan memperkecil kemungkinan terjadinya kasus pencurian data oleh karyawan Anda sendiri, sehingga memperkecil oportunitas karyawan melakukan penyimpangan terhadap kantornya sendiri.

3. Terapkan tuntutan yang membuat jera pelaku pencurian data perusahaan dan jadikan ini sebagai pelajaran bagi karyawan lain untuk tidak meniru dan mengulangi kesalahan yang sudah diperbuat rekan mereka.

4. Dari segi tindakan preventif perusahaan terhadap data rahasia itu sendiri, buatlah jaringan yang seutuhnya aman dan berikan akses data tersebut hanya pada orang-orang yang bisa dipercaya dan berhak menggunakannya untuk kepentingan perusahaan sendiri.

5. Tren kerja Bring-Your-Own-Device (BYOD) harus diimbangi dengan infrastruktur teknologi informasi yang siap dan bisa dipertanggung jawabkan oleh pemilik perangkat.

Hati-Hati Karyawan Mencuri Data Perusahaan

Itulah beberapa ulasan dari tips yang kami sediakan untuk mengamankan perusahaan Anda dari kasus pencurian data oleh karyawan. Semoga tips yang kami sajikan bisa berguna bagi perusahaan Anda sehingga data dan arsip tetap terjaga dan perusahaan Anda bisa bertahan dalam persaingan bisnis di pasar yang semakin ketat.

Artikel HRD selalu hadir dengan tema yang beragam, semoga dapat menambah pengetahuan rekan-rekan semua. HRD Forum sebagai konsultan HRD yang memfasilitasi bergulirnya sebuah komunitas HRD terbesar di Indonesia, hadir guna membantu mempercepat proses peningkatan kualitas praktisi HRD Indonesia. Training HRD dan Pelatihan HRD baik Publik Training Maupun Inhouse Training menjadi pilihan rekan-rekan semua jika ingin melakukan peningkatan kualitas SDM di dalam perusahaan. Silakan hubungi HRD Forum jika membutuhkan jasa dan keahlian HRD Forum. Permintaan Training dapat ditujukan ke : [email protected] atau hotline ; 08788-1000-100 atau PIN BB 5A24F771. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*