5 Langkah Mudah Membuat KPI | HRD Forum
Home | Article | 5 Langkah Mudah Membuat KPI

5 Langkah Mudah Membuat KPI

5 Langkah Mudah Membuat KPI

Bagaimana cara membuat KPI masih menjadi pe-er bagi banyak perusahaan. Training cara membuat KPI masih diburu para praktisi HR dan juga pimpinan departemen dari berbagai perusahaan. HRD Forum sejak tahun 2004 hingga kini masih tetap aktif mengedukasi banyak perusahaan tentang pentingnya KPI ada di perusahaan.

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini maka ada baiknya pahami dulu apa itu KPI, apa manfaat kpi, siapa yang harus membuat KPI apa saja problem dalam pembuatan KPI dan yang berikutnya adalah apa kendala saat KPI digunakan di perusahaan. Itu daftar pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda terlebih dahulu.

Mengapa Anda harus bertanya sederetan pertanyaan itu kepada diri Anda sendiri? Tujuannya adalah agar Anda bisa melihatnya dengan lebih luas dan tepat.

Coba kita lihat dan cermati dari pertanyaan pertama.

Apa itu KPI, apa definisi KPI apa yang dimaksud KPI

Bisa menjawabnya? YES bagus jika Anda sudah bisa menjawabnya, artinya Anda bisa melanjutkan membaca tulisan “5 Langkah Mudah Membuat KPI” ; tetapi jika Anda belum bisa menjawabnya, sebaiknya Anda cari tahu apa itu KPI, apa definisi KPI, apa yang dimaksud dengan KPI.

Dimana mencarinya? Anda bisa membacanya di sini : Definisi KPI

Sudah Anda baca? Yes bagus. Selanjutnya kita masuk ke pertanyaan kedua.

Apa manfaat KPI

Setelah Anda membaca dan memahami makna dari KPI, selanjutnya akan Saya ajak untuk melihat apa manfaat KPI baik untuk perusahaan, divisi, departemen maupun individu khusus buat Anda yang belum tahu apa manfaatnya, tetapi bagi yang sudah tahu manfaat KPI silakan langsung lanjutkan membaca ke kalimat-kalimat berikutnya di bawah ini. Tetapi bagi yang belum memahami apa manfaat KPI silakan membacanya di sini : Manfaat KPI

Siapa yang membuat KPI

Nah kita maju satu langkah dengan memahami sebenarnya siapa yang membuat KPI. Siapa yang bertanggung jawab atas keberadaan KPI. Sudah tahu? Baik. Coba Saya uraikan di sini bahwa yang membuat KPI yang pertama adalah para atasan, para manager, para supervisor. Lhooo yang membuat KPI bukannya HR?

Banyak kekeliruan di luar sana, di perusahaan maksudnya. Banyak yang mengatakan yang harus membuat KPI adalah para HR atau HRD. Tetapi sebenarnya yang membuat KPI adalah para pimpinan yang memiliki anak buah. Para Supervisor, para manager dan jabatan-jabatan lainnya yang memiliki tanggung jawab mengelola anak buah.

Mengapa? Karena merekalah yang mengerti apa tugas dan tanggung jawabnya serta apa yang menjadi target dari semua pekerjaannya itu. jadi jelas ya, yang membuat KPI adalah para atasan. Tugas HR atau HRD adalah mensosialisasikan bagaimana cara membuat KPI dan sebagainya.

Problem Pembuatan KPI

Problem yang sering Saya temui dalam proses pembuatan KPI yang pertama adalah Meraka tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya karena sudah disibukkan oleh rutinitas pekerjaan harian yang menumpuk. Kedua tidak dibentuk tim pembuat KPI, ini sangat penting dalam pembuatan KPI pembentukan tim harus diprioritaskan. Ketiga para atasan (yang membuat) tidak dibekali dengan ilmu dan pemahaman yang cukup, sehingga bingung dan banyak melakukan kesalahan. dan masih banyak problem lainnya.

Kendala saat Implementasi

Sudah membuat KPI, dan saat KPI sudah tersedia masih saja ada kendala yang menghambat implementasinya, apa itu? salah satunya adalah tidak adanya komitmen manajemen dalam menjalankan program tersebut. Dan masih banyak kendala-kendala lainnya.

baik sekarang coba kita uraikan 5 lanagkah mudah membuat KPI, sesuai judul tulisan artikel ini.

5 Langkah Mudah Membuat KPI

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan Dokumen Job Description secara lengkap, pastikan job description sudah update, untuk memastikan apakah job description sudah update atau belum sebaiknya dilakukan review job description.
  2. Tentukan strategic objective dari setiap uraian tugas. Diskusikan secara cermat terkait penentuan objectivenya ini kesalahan dalam penentuan objective membuat KPI tidak powerful sesuai dengan skala prioritas perusahaan.
  3. Tentukan Key Success factor (KSF) untuk memudahkan menetapkan KPI-nya.
  4. Tentukan KPI sesuai KSF dan objectivenya. Pastikan tidak terjadi kesalahan dalam menentukan KPI.
  5. Tentukan Bobot dan target. pastikan besar kecilnya Bobot diberikan berdasarkan tingkat kepentingan dan impact terhadap bisnis. Penentuan target harus memenuhi kaidah SMART.

Demikian sekilas tentang artikel 5 langkah mudah membuat KPI, semoga membantu.

Bagi perusahaan yang ingin mengundang HRD Forum mendampingi perusahaan Anda membuat KPI, silakan hubungi email: [email protected] dengan Subject email : “Pendampingan Pembuatan KPI” ; team kami akan menghubungi Anda segera.

Salam HR!

Bahari Antono
Owner & Founder HRD Forum

Catatan:
Jika Anda ingin copy paste tulisan ini dipersilakan tentunya dengan mencantumkan sumber aslinya. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*