5 Langkah Mudah Membuat KPI | HRD Forum
Home | Article | 5 Langkah Mudah Membuat KPI

5 Langkah Mudah Membuat KPI

Team HRD Forum hari ini bergerak menuju sebuah perusahaan manufaktur yang memiliki lebih dari 10.000 karyawan. Team HRD Forum diundang untuk membicarakan project pembuatan KPI yang sudah direncanakan dari bulan lalu.

Begitu Kami selesai memarkir kendaraan, team langsung menuju lobby. Diterima dengan ramah oleh seorang receptionist lalu diarahkan menuju ruang meeting. Tak lama kemudian sajian teh hangat sudah terhidang di meja tepat di depan kami.

“Selamat pagi pak Bahari Antono dan team, apakabar?” Sapa bu Susi (bukan nama yang sebenarnya) dengan penuh senyum. Setelah saling bersalaman, kemudian kami terlibat dalam pembicaraan yang cukup serius terkait project pembuatan KPI – Key Performance Indicators di perusahaan dimana ibu Susi bekerja.

Pada prinsipnya team HRD Forum mempresentasikan Cara Membuat KPI khususnya Lima Langkah Mudah Membuat KPI dimana langkah-langkah itu harus dilakukan bersama antara team HRD Forum dengan team internal perusahaan itu. Kami memang sengaja melibatkan team internal perusahaan dengan tujuan agar setelah project selesai, perusahaan sudah mampu membuat sendiri KPI jika dikemudian hari harus merivisi atau pun membuat KPI baru.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan KPI?

Ada Lima Langkah Membuat KPI yaitu :

1. Review Job Description & Special Job Assignment

Ditahap awal team HRD Forum dan team internal perusahaan melakukan review Job Description dan tugas-tugas tambahan di luar job description yang biasanya didapatkan oleh job holder. Harus dipastikan bahwa setiap job position harus mempunyai Job Description yang update dan valid. Jika telah dilakukan review semua job decsription dari semua job position dan mencatat semua tugas tambahan di luar job description, maka team akan masuk ke tahap kedua.

2. Rancang Strategic Objective dari setiap Job Position

Dari semua job decsription yang ada lalu dilakukan perancangan apa tujuan strategis dari setiap uraian tugas dalam setiap job description. Dalam bahasa yang lebih sederhana dalam tahap ini team harus menentukan sasaran kinerja dari setiap uraian tugas disemua job description. Setelah Strategic objective ditentukan atau ditetapkan, maka kita sudah bisa masuk ketahap ketiga.

3. Tetapkan KPI – Key Performance Indicators

Di tahap ketiga ini, KPI ditetapkan. KPI adalah tolak ukur keberhasilan dari strategic objective yang telah ditetapkan dilangkah kedua. Team HRD Forum bersama team intrnal perusahaan secara bersama-sama menetapkan KPI setiap job description. Agar jon holder fokus pada KPI nya maka jumlah KPI dibatasi 5-8 KPI untuk setiap job holder. Ada perusahaan yang hanya memberikan 3 KPI per job holder, ada juga perusahaan yang menetapkan 10 KPI per job holdernya.

Yang harus diingat disini adalah bahwa job holder harus FOKUS pada KPI nya, sehingga tidak disarankan memberikan KPI yang terlalu banyak.

4. Memberikan BOBOT KPI

Setelah langkah tiga selesai dilakukan untuk semua job description, langkah berikutnya adalah menentukan masing-masing bobot KPInya. Dimana total bobot adalah 100%. Besar kecilnya bobot ditentukan dari skala prioritas perusahaan terhadap pencapaian KPI yang telah ditetapkan. Umumnya skala prioritas dikaitkan dengan fokus perusahaan saat ini bisa berdasarkan impact atau urgencynya. Penentuan Bobot melibatkan para atasan setiap job holder.

5. Memberikan Target capaian KPI

Setelah team memberikan bobot untuk setiap KPI, maka langkah selanjutnya adalah memberikan target untuk setiap KPI. Pastikan dalam pemberian target harus diperhatikan prinsip SMART. Bahwa target harus memenuhi prinsip SMART. S = Specific, M = Measurable, A = Achieveable, R = Relevan, T = Timebound.

Pemberian bobot KPI melibatkan para atasan setiap job holder.

Selesai sudah 5 Langkah Mudah Membuat KPI, untuk selanjutnya team HR internal dan para atasan mengawal proses pelaksanaan pengukuran kinerja karyawan.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Rekan dan sahabat HRD Forum dimana saja berada, Jika anda ingin mengutip tulisan ini tentu saja kami persilakan dengan senang hati karena itu artinya tulisan ini membawa manfaat, tetapi kami harapkan untuk tetap mencantumkan sumber asli dimana tulisan diambil, yaitu dari website HRD Forum di www.HRD-Forum.com.

Ingin mengundang HRD Forum untuk memberikan pelatihan inhouse training, konsultasi, pendampingan atau pembuatan KPI, silakan kirimkan email ke: Event@HRD-Forum.com

Terima kasih dan salam HRD Forum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*